Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online

Authors

  • Erin Universitas Swadaya Gunung Djati
  • Anggita Maharani Universitas Swadaya Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.514

Keywords:

persepsi, perkuliahan Online, Edmodo, perception, Online lecture

Abstract

Artikel ini membahas mengenai hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa pendidikan matematika terhadap pelaksanaan perkuliahan online menggunakan aplikasi Edmodo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif studi kasus ini melibatkan 80 subjek penelitian yang merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika Tingkat 3 pada salah satu Perguruan Tinggi swasta di Cirebon Tahun Akademik 2015/2016. Hasil penelitian ini diperoleh melalui lembar angket, wawancara, dan observasi. Analisis data berfokus pada Seleksi, Interpretasi dan Reaksi mahasiswa. Hasil angket menunjukkan terdapat 85% mahasiswa cenderung pada pernyataan positif sedangkan yang cenderung pada pernyataan negatif hanya 25%. Hasil triangulasi data dari penyebaran angket, wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa rata-rata dari mahasiswa menyukai perkuliahan online dan mahasiswa sudah mengetahui dan bisa menggunakan aplikasi yang mendukung perkuliahan online seperti
Edmodo. Menurut mahasiswa, perkuliahan online sangat nyaman dan efektif ketika mahasiswa mendapatkan jaringan internet yang baik. Akan tetapi, mahasiswa merasa perlu mendapat perkuliahan konvensional (tatap muka) untuk meyakinkan pemahaman mereka.

This article discusses the results of research that aims to determine the perception of mathematics education students to the implementation of online lectures using the Edmodo application. This research uses a qualitative approach. This descriptive case study research involves 80 research subjects who are students of Mathematics Education Level 3 at one private university in Cirebon Academic Year 2015/2016. The results of this study were obtained through questionnaires, interviews, and observations. Data analysis focuses on Student Selection, Interpretation, and Reaction. The questionnaire results show that 85% of students tend to use positive statements, while those tend to negative statements only 25%. Triangulation of data from questionnaires, interviews, and observations can be seen that the average of the students liked the lectures online and students already know and can use applications that support online lectures such as Edmodo. According to students, online lectures are very convenient and effective when students get a good internet network. However, students feel the need to get a conventional lecture (face-to-face) to convince their understanding.

References

Afriansyah, E. A. (2016). Penggunaan Software ATLAS.ti sebagai Alat Bantu Proses Analisis Data Kualitatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 53–63.

Afriansyah, E. A. (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463–474.

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A study on “Student preference towards the use of Edmodo as a learning platform to create responsible learning environment.” Procedia-Social and Behavioral Sciences, 144, 416–422.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. In DLSU Research Congress (pp. 1–6).

Kurniasih, R., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Edmodo Untuk Meningkatkan Level Berpikir Probabilistik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Surakarta. Jurnal Elektrik Pembelajaran Matematika, 4(10), 961–972.

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Kencana.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

Sa’diyah, H., Utami, T. S., & Tianisa, W. T. (2018). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (Vol. 1, pp. 84–87).

Sahidin, L., & Jamil, D. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212–222.

Sukarno. (2014). Peningkatan Kualitas Perkuliahan Melalui Penerapan Model Blended Learning Dengan Aplikasi Learning Management System Pada Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 21, 61–70.

Waluya, S. B., & Mariani, S. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 693, p. 12014). IOP Publishing.

Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2017). PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451–462. Retrieved from http://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa/article/view/mv6n3_14/136

Winkel, W. S. (1996). Psikologi Pengajaran, Edisi yang Disempurnakan, Cetakan ke-4. Jakarta Grasindo.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Erin, & Maharani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 337–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.514

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.