Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online

Authors

  • Ikhsan Faturohman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eris Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumanang Muhtar Gozali Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.689

Keywords:

Self-Confidence, deskriptif kualitatif, pembelajaran online, descriptive qualitative, online learning

Abstract

Salah satu kemampuan afektif yang harus dimiliki siswa adalah self-confidence. Awal tahun 2020 sistem pendidikan Indonesia menerapkan pembelajaran secara online karena Covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis self-confidence siswa dalam pembelajaran matematika pada saat penerapan pembelajaran secara daring. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Garut. Sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu, dengan pertimbangan subjek mau bekerjasama selama penelitian dan dipilih satu kelas sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket secara online melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan interpretasi Self-Confidence siswa dalam pembelajaran matematika secara umum kelas XI di SMA Negeri 11 garut berada pada kategori sedang atau cukup yang berada pada rentang 2624 ≤ S < 3423. Interpretasi Self-Confidence siswa pada aspek percaya dengan kemampuan diri yang dimiliki dengan kategori cukup, aspek menunjukkan kemandirian dalam mengambil keputusan dengan kategori baik, aspek menunjukkan rasa optimis, bersikap tenang, dan pantang menyerah dengan kategori cukup, dan aspek Menunjukkan kemampuan beradaptasi dan bersoasialisasi dengan baik dengan kategori cukup.

One of the affective abilities that students must have is self-confidence. Early in 2020, the Indonesian education system implemented online learning due to Covid-19. This study aims to analyze students' self-confidence in mathematics learning during the application of online learning. This study uses a qualitative descriptive method with a population of all grade's XI students of SMA Negeri 11 Garut. The sample was chosen based on purposive sampling, with consideration of the subject willing to cooperate during the study and selected one class of 32 students as a research sample. The research instrument used is a questionnaire. Data collection techniques are done by providing online questionnaires through a google form. The results showed students' self-confidence in mathematics learning grade XI at SMA Negeri 11 Garut was in the moderate or moderate category which was in the range of 2624 ≤ S < 3423. Interpretation of students' Self-Confidence on the aspect of believing in their abilities in the medium category, the aspect showing independence in making decisions in the high category, the aspect showing a sense of optimism, being calm, and unyielding in the medium category, and the aspect showing the ability to adapt and socialize with good in the medium category.

References

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Bandura, A. (2006). Article of guide for Contructing Self Efficacy Scales. by Information Age Publishing.

Dewi, S.N, & Minarti, E. D. (2018). Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). 189-198.

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107-118.

Hannula, M. S. (2002). Understanding of Number Concept and Self-Efficacy Beliefs in Mathematics. Proceedings of the MAVI-XI European Workshop University of Pisa, Italy., 45–52.

Hannula, M. S. (2003). Locating fraction on a number line. Proceedings of the 27th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 3, 17–24.

Hannula, M. S., Maijala, H., & Pehkonen, E. (2004). Development of Understanding and Self-Confidence in Mathematics; GRADES 5 – 8. 3, 17–24.

Huynh, T. L. D. (2020). Does culture matter social distancing under the COVID-19 pandemic?. Safety Science, 130, 104872.

Iswara, E., Darhim, D., & Juandi, D. (2021). Students' Critical Thinking Skills in Solving on The Topic of Sequences and Series. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 385-394.

Kvedere, L. (2014). Mathematics self-efficacy, self-concept and anxiety among 9th grade students in Latvia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 2687-2690.

Morony, S., Kleitman, S., Lee, Y. P., & Stankov, L. (2013). Predicting achievement: Confidence vs self-efficacy, anxiety, and self-concept in Confucian and European countries. International Journal of Educational Research, 58, 79–96.

Motlagh, S. E., Amrai, K., Yazdani, M. J., altaib Abderahim, H., & Souri, H. (2011). The relationship between self-efficacy and academic achievement in high school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 765-768.

Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa antara Model TPS dan PBL. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 249-262.

Lestari, A. B., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Di Kampung Cibogo Pada Materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 92-102.

Mulenga, E. M., & Marbán, J. M. (2020). Is COVID-19 the gateway for digital learning in mathematics education?. Contemporary Educational Technology, 12(2), ep269.

Nadeak, B., Juwita, C. P., Sormin, E., & Naibaho, L. (2020). Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dan Penggunaan Media Sosial terhadap Capaian Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(2), 98. https://doi.org/10.29210/146600

Nuraeni, K., & Afriansyah, E. A. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Antara TPS dan STAD. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 33-40.

Pajares, F. & Graham, L. (1999). Self-efficacy, motivation constructs and mathematics performance of entering middle school students. Contemporary Educational Psychology, 24, 124–139.

Parsons, S., Croft, T., Harrison, M., Parsons, S., Croft, T., & Harrison, M. (2017). Engineering students’ self-confidence in mathematics mapped onto Bandura’ s self-efficacy Engineering students’ self-confidence in mathematics mapped onto Bandura’ s self-efficacy. 0052(November).

Phan, H., & Walker, R. (2000). The predicting and mediational role of mathematics self-efficacy: A path analysis. In The Australian Association for Research in Education conference.

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290.

Ş. Koza Çiftçi. (2019). The Effect of Self-Confidence on Mathematics Achievement: The Meta- Analysis of Trends in International Mathematics and Science Study. 12(2), 683–694.

Schoenfeld, A. H. (2016). Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metacognition, and Sense Making in Mathematics (Reprint). Journal of Education, 196(2), 1–38. https://doi.org/10.1177/002205741619600202

Siregar, I., & Sari, V. T. A. (2020). Strategi Motivasi Green’s, Gaya Baru Pembelajaran Matematika pada Siswa Kemampuan Rendah di Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 383-394.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan (Cetakan Keempat). Bandung: Alfabeta.

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3). 419-429.

Verschaffel, L., Schukajlow, S., Star, J., & Van Dooren, W. (2020). Word problems in mathematics education: A survey. ZDM, 52(1), 1-16.

Wajdi, M. B. N., Kuswandi, I., Al Faruq, U., Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Education Policy Overcome Coronavirus, A Study of Indonesians. EDUTEC: Journal of Education and Technology, 3(2), 96-106.

Wicaksono, B. D., & Prihatnani, E. (2019). Profil Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71-82.

Yulinawati, A., & Nuraeni, R. (2021). Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 519-530.

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.689

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.