Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction

Authors

  • Vika Conie Fatwa Universitas Suryakancana
  • Ari Septian Universitas Suryakancana
  • Sarah Inayah Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.575

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematis, Problem Based Instruction, PBI, Mathematical literacy ability

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan literasi matematis. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) yang juga sebagai alternatif solusi permasalahan dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent group pretest-postest design. Instrumen berbentuk tes literasi matematis berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cianjur tahun ajaran 2018/2019 yang tersebar dalam sembilan kelas, sedangkan sampelnya dipilih dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII D sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBI), dan VIII C sebanyak 25 siswa sebagai kelas control dengan pembelajaran biasa. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).  Peningkatan tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan peningkatan pada siswa dengan pembelajaran biasa.

The background of this research is low mathematical literacy ability. The purpose of this research is to find out the differences in increasing students’ mathematical literacy ability between those who use the Problem Based Instruction (PBI) learning model as an alternative solution to the problem and who use ordinary learning. A method in this research is quasi-experimental with nonequivalent group pretest-posttest design. The instruments are a mathematical literacy instrument consisting of the initial test (pretest) and the final test (posttest). The population in this study were all students at SMP Negeri 5 Cianjur in year 2018/2019 that spread into 9th grade, while the samples chosen with purposive sampling technique were two classes, namely VIII D class as the experimental class which is given Problem Based Learning (PBI) and VIII C as the control class with ordinary learning. Based on the tests of mathematical literacy abilities that have been analyzed it is found that there are differences in mathematical literacy skills students who applied the Problem Based Instruction (PBI) learning model is better than ordinary learning. The increase is better when compared to the increase in students with ordinary learning.

References

Afriansyah, E. A., & Putri, R. I. I. (2014). Design Research: Konsep Nilai Tempat Pada Operasi Penjumlahan Bilangan Desimal Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13-24.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. In PRENADAMEDIA GROUP.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Belajar Dan Pembelajaran, 9.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, s. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). 191-202. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Kemdikbud. (2015). Materi Pelatihan guru Implementasi Kurikulum. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta, PSDMPK-PMP 2015), 2015.

Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik Berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assessment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455–466. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.157

Mulyani, E., Wahyuningsih, S., & Natalliasari, I. (2019). Adversity Quotient Mahasiswa Pendidikan Matematika dan Keterkaitannya dengan Indeks Prestasi Kumulatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 119–130. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.418

Nadz, T. F., & Haq, C. N. (2013). Pembelajaran Melalui Metode Problem Based Instruction (PBI) dengan Metode Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 191–202.

PISA. (2016). PISA 2015 Results in Focus. In OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2016.

Suwarto, S. (2018). Konsep Operasi Bilangan Pecahan melalui Garis Bilangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 327–336. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.73

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (1), 1–26.

Vusparatih, D. S. (2014). Peranan Komunikasi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 387. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3037

Warmi, A. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). 297-306. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.384

Zyngier, D., Zullig, K. J., Collins, R., Ghani, N., Hunter, A. A., Patton, J. M., … 김성식. (2013). PISA 2012 results : ready to learn. Students’ engagement, drive and self-beliefs (volume III). School Effectiveness and School Improvement, 24(2), 520 pages. https://doi.org/10.1080/09243453.2012.680892

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.575

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.