Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika

Authors

  • Erik Suharyono Universitas Negeri Yogyakarta
  • R. Rosnawati Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.628

Keywords:

buku teks, literasi matematika, PISA

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika sehingga perlu termuat dalam buku teks matematika sebagai sumber utama belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis soal-soal pada buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 ditinjau dari literasi matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik pengkodean, dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 408 soal yang dianalisis, terdapat 49,26% soal serupa dengan soal-soal pada PISA. Proporsi konteks didominasi oleh konteks umum dengan persentase 42,29%. Aspek proses didominasi oleh proses menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran dengan persentase 66,17%. Selanjutnya, Level kompetensi matematika PISA didominasi oleh level 2 dengan persentase 52,74% dan level 1 dengan persentase 39,80%. Kurang dari 10% untuk level 3 sampai 6. Hal tersebut berarti bahwa soal-soal pada buku teks hanya mampu melatih peserta didik di level 2 kompetensi matematika PISA. Diperlukan sumber belajar lainnya yang dapat melengkapi kekurangan tersebut.

References

Afriansyah, E. A., & Dahlan, J. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. The 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). Advances in Social Science, Education, 100. 91-97.

Čeretková, S., Šedivý, O., Molnár, J., & Petr, D. (2008). The role and assessment of textbooks in mathematics education. Paper presented at the Problems of Education in 21st Century

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 22 Tahun 2006.

De Porter, B. & Hernacki, M. (1992). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3). 389-398

IEA. (2012). TIMSS 2011 encyclopedia: Education policy and curriculum in mathematics and science. Chestnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College

Kajander, A., & Lovric, M. (2009). Mathematics textbooks and their potential role in supporting misconceptions. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 40(2), 173-181

Krippendorf, K. (2013). Content analysis: An introduction to its methodology (Second ed.) Thousand Oaks, CA: Sage Peblications, Inc.

Li, Y., Zhang, J., & Ma, T. (2009). Approaches and practices in developing school mathematics texbooks in China. ZDM – The International Journal on Mathematics Education, 41. 733-748.

Lyche, T., & Morken, K.. (2004). Spline Methods, Draft, Retrieved from http://www.ub.uio.n./umn/english/index.html, on 23th Feb 2005.

Masduki, Subandriah, M. R., Irawan, D. Y., Prihantoro, A. (2013). Level Kognitif soal-soal Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Matic, L. J., & Gracin, D., G. (2016). The use of the textbook as an artefact in the classroom A case study in the light of a socio-didactical tetrahedron. J Math Didakt, 37. 349–374.

Muslich, M. (2010). Textbook Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Muzaki, A., & Masjudi. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3). 493-502.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: are we able to put the mathematics we learm into everyday use. Journal of Mathematics Education, 4(1). 89-100.

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). 273-284.

Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2005). Instructional design (Third ed.) Huboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.

TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College.

Wijaya, A. (2013). Pentingnya analisis buku peserta didik dalam implementasi kurikulum 2013. PPPPTK Matematika. 1-4.

Wijaya, A., Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Doorman, M. (2015). Opportunity-to-Learn context-based tasks provided by mathematics textbooks. Educational Studies in Mathematics, 89(1). 41-65.

World Bank. (2010). Inside Indonesia’s mathematics classrooms: A TIMSS video study of teaching practices and student achievment. Jakarta: The World Bank Office.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451–462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.628

Issue

Section

Articles