Jenis Kekeliruan Akibat Menghafal Prosedur Rutin dalam Melakukan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan

Authors

  • Sri Imelda Edo Politeknik Pertanian Negeri Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.410

Keywords:

Operasi Pecahan, Miskonsepsi pecahan, penjumlahan pecahan, pengurangan pecahan, akibat menghafal rumus

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis sebelumnya ketika mengajar matakuliah matematika dasar pada jurusan TPH Politani Kupang, mahasiswa selalu mengalami kesulitan dalam operasi bilangan pecahan. Karena itu pada saat proses pembelajaran, pengajar terpaksa harus kembali memberikan penanaman konsep bilangan pecahan. Kondisi ini menarik perhatian penulis untuk mengidentifikasi jenis-jenis kekeliruan mahasiswa baru jurusan TPH Politani Kupang tahun 2015 dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dan faktor penyebabnya.  Proses investigasi ini dilakukan melalui metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasilnya adalah; 5% mahasiswa langsung menjumlahkan bagian Pembilang dengan pembilang dan Penyebut dengan penyebut dari dua bilangan pecahan yang berbeda penyebut. 3% mahasiswa langsung menjumlahkan penyebut yang berbeda dari dua bilangan pecahan yang pembilangnya sama. 83% mahasiswa menyamakan penyebut dari bilangan pecahan dengan menggunakan KPK tetapi mereka lupa cara merubah pembilang apabila penyebutnya berubah. 5% mahasiswa menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus, namun mereka menggunakan rumus operasi perkalian pada operasi pengurangan. Sisahnya 4% mahasiswa menjawab benar dengan cara menyamakan penyebut dengan menggunakan KPK. Sementara hasil wawancara menunjukan bahwa dominan mahasiswa merupakan tamatan SMK dan berasal dari kabupaten yang tersebar diseluruh wilayah propinsi NTT. Mereka hanya mengenal dua cara melakukan operasi pecahan yaitu menyamakan penyebut dengan KPK dan mengunakan rumus. Kedua cara ini memiliki algoritma baku yang harus mereka hafal. Mereka tidak memahami apapun dibalik langkah demi langkah dalam algoritma tersebut. Dengan demikian semua jenis kekeliruan di atas merupakan akibat dari  menghafal prosedur rutin yang mereka pelajari pada jenjang pendidikan sebelumnya.

References

L. Susan, Rational Numbers and Proportional Reasoning, In second Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning, pp. 68-629, Reston, VA: National Council Of Teachers of Mathematics, 2007.

Clarke, M. Doug, Anne Roche, Annie Mitchell, and Michal Sukenik. Assessing Students Understanding of Fractions Using Task Based Interviews”, In Proceeding of the 30th Conference of International Group of Psychology of Mathematics Education, pp. 44-337, 2006.

B. De Castro, Pre-Service Teachers’ Mathematical Reasoning As An Imperative For Codified Conceptual Pedagogy In Algebra: A case study in teacher education. Asia Pacific Education Review, 5(2). 57-166, 2004.

Nenden, Design Research on Developing a Beginning Understanding of Multiplication Fraction by Whole Number in Grade Five Primary School Students in Indonesia, Master Tesis, Universitas Sriwijaya, 2010.

Surya, 2010.

H. Freudenthal, 1983.

Kennedy, 1994.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Imelda Edo, S. (2016). Jenis Kekeliruan Akibat Menghafal Prosedur Rutin dalam Melakukan Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 223–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.410

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.