Eksplorasi Kemampuan Operasi Bilangan Pecahan Pada Anak-Anak Di Rumah Pintar Bumi Cijambe Cerdas Berkarya (Rumpin BCCB)

Authors

  • Dian Mardiani STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.325

Keywords:

Kemampuan, operasi, bilangan pecahan

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan banyaknya kasus siswa yang menunjukkan ketidakmampuannya dalam melakukan operasi yang benar terhadap bilangan pecahan. Sejak 3 Oktober 2012, Rumah Pintar Bumi Cijambe Cerdas Berkarya (BCCB), telah melakukan pemberian bimbingan belajar terhadap siswanya. Sebagai langkah awal kami ingin mengkaji bagaimana penguasaan siswa Rumah Pintar BCCB terhadap operasi bilangan pecahan. Penelitian ini mengkaji pencapaian kemampuan operasi matematik siswa pada himpunan bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian survey Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang menjadi anggota Rumah Pintar BCCB program bimbingan belajar matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan operasi bilangan pecahan. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 52% siswa Rumpin BCCB memiliki kemampuan operasi bilangan pecahan rendah, 13% sedang dan 35% tinggi.

References

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Greenes, C & Schulman, L. (1996). Communication Process in Mathematical Exploration and Investigation. In P. C. Elliot and

M. J. Kenney (Eds.) 1996 Yearbook. Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. USA: NCTM.

Mardiani, Dian. (2001). Karakteristik Gaya Belajar Matematika Siswa Berprestasi pada Sekolah Menengah Umum di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman DIY Tahun Ajaran 2000/2001.Skripsi. UNY: tidak diterbitkan.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principle and Strandars for School

Mathematics. United States: NCTM.

Maryani, N. (2011). Pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan strategi SQ3R (studi eksperimen SMA Negeri kabupaten garut). Tesis. pada Sekolah Pasca Sarjana UPI: tidak diterbitkan.

Schoen, H. L., Bean, D. L., & Ziebarth, S. W. (1996). Embedding Communication throught the Curriculum. In P. C. Elliot and M.

J. Kenney (Eds.) 1996 Yearbook. Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. Reston, VA: NCTM.

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematika serta

Pembelajarannya. Jurusan Pendidikan Matematika : FMIPA UPI.

Trends in International Mathematics and Science Study. (2007). International Mathematics Report: Findings from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study the Fourth and Eight Grades. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Downloads

Published

2015-01-30

How to Cite

Mardiani, D. (2015). Eksplorasi Kemampuan Operasi Bilangan Pecahan Pada Anak-Anak Di Rumah Pintar Bumi Cijambe Cerdas Berkarya (Rumpin BCCB). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 22–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.325

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.