Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel

Authors

  • Irena Puji Luritawaty STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.409

Keywords:

Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Excel, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektifitas metode diskusi berbantuan microsoft office excel dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada mahasiswa. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat II di salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitu mahasiswa kelas IIB dan IIC. Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan komunikasi matematis yang diujikan dalam pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan terhadap hasil pretest yaitu diawali dengan uji normalitas, kemudian uji homogenitas dan uji-t. sedangkan pada hasil posttest, analisis data diawali dengan uji normalitas kemudian uji Mann whitney. Secara garis besar, hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode diskusi berbantuan microsoft office excel lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah biasa.

References

A. J. Baroody, Problem Solving, Reasoning and Communicating. K-8: Helping Children Think Mathematically, New York: MacMillan Publishing Company, 1993.

Trends in International Mathematics and Science Study, International Mathematics Report: Findings from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study the Fourth and Eight Grades, Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center, 2007.

B. I. Ansari, Menumbuh Kembangkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Strategi Think-Talk-Write: Studi Eksperimen pada Siswa Kelas 1 SMUN di Kota Bandung, PPS UPI: Bandung, 2003.

U. Sumarmo, “Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi”, Makalah pada Pelatihan Guru Matematika, Jurusan Matematika ITB Bandung, 2003.

Ruseffendi, 2005.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Puji Luritawaty, I. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Metode Diskusi Berbantuan Microsoft Office Excel. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 213–222. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.409

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.