Uji Kelayakan Modul Trigonometri Berbasis Ajaran Tamansiswa

Authors

  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Denik Agustito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.661

Keywords:

Ajaran Tamansiswa, Modul, Trigonometri, Uji Kelayakan, Tamansiswa Teaching, Module, Trigonometry, Feasibility Test

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Prodi Pendidikan Matematika UST Yogyakarta terdapat beberapa masalah pada proses pembelajaran salah satunya yaitu belum tersedianya modul yang berbasis ajaran Tamansiswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan modul Trigonometri berbasis ajaran Tamansiswa dan mencari tahu tingkat kelayakan modul tersebut. Metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang melalui 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Development. Penelitian dilakukan di Prodi Pendidikan Matematika UST. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Trigonometri pada Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 yaitu 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara yaitu angket validasi untuk validator ahli materi dan ahli modul. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang dicapai adalah telah berhasil dikembangkan modul Trigonometri berbasis ajaran Tamansiswa. Modul yang dikembangkan ini telah memenuhi kelayakan sesuai dengan hasil validasi ahli modul dan materi dengan hasil validator sangat baik.

Based on the results of observations at the UST Yogyakarta Mathematics Education Study Program, there are several problems in the learning process, one of which is the unavailability of modules based on Tamansiswa teachings. The research objective was to develop a Trigonometry module based on Tamansiswa teachings and to find out the feasibility level of the module. The development research method uses the ADDIE model through 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research is limited to the Development stage. The research was conducted at the UST Mathematics Education Study Program. The research subjects were 50 students taking the Trigonometry course in the Odd Semester of the Academic Year 2020/2021. Data collection techniques used questionnaires and interviews, namely validation questionnaires for material expert validators and module experts. The data analysis technique is descriptive qualitative and quantitative. The result that has been achieved is that the Trigonometry module based on Tamansiswa teachings has been successfully developed. This developed module has met the feasibility by the results of validation by module experts and material with very good validator results.

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Itqan, 8(2), 145-167.

Anggraini, N., & Masykur, R. (2018). Modul Matematika Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Materi Pokok Trigonometri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 217-228.

Anwar, M. (2019, October). Development of assessment instruments for chemistry education seminar course at chemical education program of Makassar State University. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1317, No. 1, p. 012142). IOP Publishing.

Arcana, I. N. (2013). Bahan Pelatihan Tindakan Kelas Penyusunan Proposal.

Surabaya: Unika Widya Mandala.

Ellizar, E., Hardeli, H., Beltris, S., & Suharni, R. (2018, April). Development of scientific approach based on discovery learning module. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 335, No. 1, p. 012101). IOP Publishing.

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320-333.

Hernandes, V., Isnaini, M., & Testiana, G. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Komputer pada Materi Kesebangunan di Kelas IX MTs Negeri 1 Palembang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 281-292.

Ismail, A. D., Jamil, A. F., & Putri, O. R. U. (2017). Pengembangan Modul Trigonometri Bercirikan

Open-Ended Problem. Jurnal AdMathEdu, 7(1), 1-8.

Khaidir, C. (2016). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Konstruktivisme di IAIN Batusangkar. .Jurnal Ta’dib, 19(1), 67-82.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Mas’ad, A., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2019). Modul Geometri Prisma pada Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 299-306.

Maulina, U., Hikmah, S., & Pahamzah, J. (2019). Attractive Learning Media to Cope with Students' Speaking Skills in the Industry 4.0 Using Sparkol Videoscribe. Online Submission, 2(5), 132-140.

May, V., & Courtney, S. (2016). Developing meaning in trigonometry. Illinois Mathematics Teacher, 63(1), 25–33.

Nasution, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Rekognisi: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 1(1), 47-63.

Nieveen, N., & Tjeerd, P. (2013). Educational Design Research. Enchede: Netherlands Institute for curriculum development.

Nurhikmayati, I., & Jatisunda, M. G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49-60.

Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Aksioma: Jurnal program studi pendidikan Matematika, 10(1), 15-27.

Purwati, N. K., & Erawati, N. K. (2021). Pengembangan Buku Ajar Metode Numerik Berbasis Pembelajaran Kolaboratif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37-48.

Putra, R. W. Y., & Anggraini. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39 – 47.

Ramadhany, T., Koryati, D., & Deskoni. (2015). Analisis Model dan Media Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Se-Kecamatan Inderalaya. Jurnal Profit, 2(1), 34-45.

Riawan, A., & Rusimamto, P. W. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan Game Scrabble Pada Kelas XI TEDK Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Daya dan Komunikasi di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8(1).

Setiawan, W., Hakim, L. F. N., & Filiestianto, G. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Animasi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 435-444.

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumiati, Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2019). Modul Geometri Kubus dan Balok pada Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Union, 7(3), 329-335.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2012). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singarajan: Universitas Pendidikan Ganesha.

Wati, E. K. T., Kuswanti, N., & Af’idah, N. (2021). RPP Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berdasarkan Prosedur Pengembangan ADDIE. Discovery: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 6(1), 53-58.

Yunianto, I. K. (2014). Niteni, Niroke, Nambahi sebagai proses berpikir kreatif. Kreatif. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(2), 121-133.

Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IbM Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39-49.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Taufiq, I., & Agustito, D. (2021). Uji Kelayakan Modul Trigonometri Berbasis Ajaran Tamansiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 281–290. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.661

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.