Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik

Authors

  • Bagus Wahyu Purnomo STKIP Al Hikmah Surabaya
  • Anisa Fatwa Sari STKIP Al Hikmah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.668

Keywords:

konteks saintifik, literasi matematika, PISA, scientific context, mathematical literacy

Abstract

Hasil penelitian literasi matematika di Indonesia tidak secara spesifik mengungkap literasi matematika siswa dengan mempertimbangkan latar belakang keilmuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa IPS dalam menyelesaikan soal PISA. Literasi matematika yang diungkap berfokus pada pemahaman siswa IPS terhadap konteks saintifik. Penelitian deskriptif ini melibatkan 3 siswa IPS di salah satu SMA di Jawa Timur. Setiap subjek penelitian yang memiliki tingkat kemampuan matematika berbeda diberikan soal tes kemampuan literasi matematika kemudian diwawancarai. Hasil tes dan wawancara dianalisis menggunakan kerangka kerja PISA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa IPS memiliki tingkat pemahaman yang baik tentang konteks saintifik pada soal PISA. Dari 3 soal yang diberikan, siswa IPS hanya terkendala di satu soal sehingga tidak semua indikator pemahaman terhadap konteks PISA dapat dipenuhi oleh dua siswa.

The results of research on mathematical literacy in Indonesia do not specifically reveal students' mathematical literacy by considering students' scientific backgrounds. This study aims to describe the mathematical literacy skills of social studies students in solving PISA questions. The mathematical literacy revealed focuses on the social studies students' understanding of the scientific context. This descriptive study involved 3 social studies students in one high school in East Java. Each research subject who has a different level of mathematical ability is given a mathematical literacy ability test question and then interviewed. The results of the tests and interviews were analyzed using the PISA framework. The results showed that social studies students had a good level of understanding of the scientific context on PISA questions. Of the 3 questions given, social studies students were only constrained in one question so that not all indicators of understanding the PISA context could be met by two students.

References

Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PPRISMA, Prosidng Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.

Johar, R. (2012). Domain Soal Pisa untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30–41.

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499-510.

Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. Aksioma, 8(2), 33–42.

Maharani, D. A., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan Literasi Matematis dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Serta Kaitannya dengan Soal Matematika PISA. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 850–857.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Merpaung, Y. (2006). Karakteristik PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Journal on Mathematics Education, 1(1), 1–10.

Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa, 8(3), 493–502.

Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195–211.

OECD. (2001). Literacy Skills for the World of Tomorrow. In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2004). Learning for Tomorrow’s World: First Results from PISA 2003. In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2007). The Programme for International Student Assessment (PISA). In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2010). PISA 2009 Results: What Students Know and Can Do. In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2013a). PISA 2012 Relased Mathematics Items. In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2013b). PISA 2012 Results in Focus. In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2019a). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD (1st ed.). OECD.

OECD. (2019b). PISA 2018 Result. In OECD: Vol. 1,2,3 (1st ed.). OECD.

OECD. (2019c). What is PISA? In PISA 2018 Assessment and Analytical Framework (1st ed., pp. 11–19). OECD.

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa, 7(1), 113–120.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71.

Puspitasari, A. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika [Universitas Jember]. In Universitas Jember.

Wicaksana, Y., Wardono, & Ridlo, S. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 167–174.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.668

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 36 37 38 39 40 41 

You may also start an advanced similarity search for this article.