Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.690Keywords:
CUPs, Gaya Kognitif, Handout, Pemahaman Konsep Matematis, Cognitive Style, Understanding Mathematical ConceptsAbstract
Gaya kognitif perlu diketahui untuk membantu pemilihan metode pengajaran yang sesuai kebutuhan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan media handout terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP di kota Metro. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah 41 siswa (22 di kelas eksperimen dan 19 di kelas kontrol). Pengujian hipotesis menggunakan uji anava dua jalan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa model pembelajaran CUPs berbantuan media handout mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, gaya kognitif field independent dan field dependent mempunyai pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan tipe gaya kognitif terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Cognitive styles need to be known to help select teaching methods that are suitable for students' needs in learning. This study aims to determine the effect of the Conceptual Understanding Procedures (CUPs) learning model assisted by handout media on the ability to understand mathematical concepts in terms of cognitive style. This quasi-experimental research used a posttest-only control design. The population in this study includes all students of class VIII SMP in the city of Metro. Determination of the sample using cluster random sampling technique. The research sample was 41 students (22 in the experimental class and 19 in the control class). Hypothesis testing using two-way ANOVA test. Based on the results of the study, it was concluded that the CUPs learning model assisted by handout media had an influence on students' mathematical concept understanding abilities, field-independent and field-dependent cognitive styles had an influence on students' mathematical concept understanding abilities and there was no interaction between learning models and types of cognitive styles on understanding abilities. students' mathematical concepts.
References
Agustin, D., Syahbana, A., & Paradesa, R. (2018). Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(1), 9–18.
Brinus, K. S. W., Makur, A. P. & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261–72.
Fitriani, S., Syarifuddin, H., & Nasution, M. L. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(2), 19–24.
Hikmah, N., Baidowi, & Kurniati, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA NEGERI 7 MATARAM. Jurnal Pijar MIPA, 9(2), 84–88.
Istiqomah, N., & Rahaju, E. B. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 144–49.
Jannah, M. M., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Klasifikasi Self-Efficacy Sedang dan Rendah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 215–224.
Karyanti, & Komarudin. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kumon terhadap Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, no. 1: 89–94.
Khaerati, & Syam, S. (2020). Pengembangan Media Handout Berbasis Gambar pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Celebes Biodiversita, 3(2), 30–39.
Lisnani, & Pranoto, Y. H. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 215–226.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.
Ngilawajan, D. A. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia, 2(1): 71–83.
Oktarina, S., Ismail, F., & Nery, R. S. (2017). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas X SMA Ethika Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 39–56.
Prastiwi, I., Soedjoko, E., & Mulyono. (2014). Efektivitas Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa pada Aspek Koneksi Matematika. Jurnal Kreano: Jurusan Matematika FMIPA UNNES, 5 (1), 41-47.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(8), 191–202.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122.
Rendrayana, K., Suarsana, I. M., & Parwati, N. N. (2020). Strategi Pembelajaran Analogi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 15–27.
Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.
Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.
Salsabila, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan Media Handout terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep ditinjau dari Gaya Belajar di SMK N 3 PEKALONGAN. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 37-48.
Suryanti, N. (2014). Pengaruh Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 1. JINAH: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 4(1), 1393–1406.
Waisnawa, I. G. A., Megariati, & Zulkardi. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep dengan Discovery Learning Materi Integral Tentu Kelas XI IPA SMAN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 86–97.
Wijaya, A. P. (2020). Gaya Kognitif Field Dependent dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis antara Pembelajaran Langsung dan STAD. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.