Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Authors

  • Irena Puji Luritawaty Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499

Keywords:

Pembelajaran Take and Give, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Take and Give Learning, Understand Mathematical Concept Skills

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu permasalahan masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada mahasiswa. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat III pada salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitu mahasiswa tingkat IIIA dan IIIB masing-masing sebanyak 22 orang. Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data yang dilakukan terhadap hasil pretest dan posttest yaitu diawali dengan uji normalitas, kemudian uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian ini secara garis besar menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara mahasiswa yang memperoleh pembelajaran take and give dan yang memperoleh pembelajaran ceramah biasa, dimana mahasiswa yang memperoleh pembelajaran take and give memperoleh hasil akhir kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran ceramah biasa. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran take and give dapat secara efektif mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis.

The background of this research is based on the low level of student’s ability to understand mathematical concepts. The purpose of this study is to determine the effectiveness of learning and to develop the ability to understand mathematical concepts in students. The population in this study are third-grade students at one private college in Garut district, with a sample of students IIIA and IIIB. Instruments in this research test the ability to comprehend mathematical concepts in the form of pretest and posttest. Analysis of data conducted on the pretest and post-test results is started with the normality test, then the homogeneity test and t-test. The results of this study broadly indicate that there is a difference in the ability to understand mathematical concepts between students who receive learning take and give and who get the ordinary lecture learning, where students who get learning take and give gain the end of the ability to understand the concept of mathematical better than those who obtained ordinary lecture lessons. This suggests that take-and-give learning can effectively develop the ability to understand mathematical concepts.

References

Afrilianto, M. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa. Tesis Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak ditebitkan.

Depdiknas. (2006). Kurikulum 2006: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Gunawan, R.P (2013). Kemampuan Pemahaman Matematik (online). Tersedia: http://proposalmatematika23.blogspot.com/2013/05/kemampuan-pemahman-matematik.html?m=1

Kurniawan,R. (2009). Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Serta Pembelajaran Kontekstual. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Yasika Majalengka (online). Tersedia: http://rudyks3-majalengka.blogspot.in/2009/01/kemampuan-pemahaman-dan-pemecahan.html [26 April 2016]

Muchlis.A. (2013). Sekali lagi gawat darurat pendidikan. Tersedia: http://www.bincangedukasi.com/sekali-lagi-gawat-darurat-pendidikan/.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside-Circle Dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3):442.

Russefendi, H. E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Russefendi, H. E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Yulietmi, I. (2013). Model Pembelajaran Take And Give (online). Tersedia: http://dhamma-link.blogspot.co.id/2013/05/model-pembelajaran-take-and-give.html [24 April 2016]

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179–188. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.