Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.590Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah matematis, Think Pair Share, kuasi eksperimen, Mathematical problem-solving ability, quasi-experimentalAbstract
Diperlukan upaya untuk meningkatkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis yang masih rendah, misalnya menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian yaitu mengetahui peningkatan dan seberapa jauh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat dengan model pembelajaran Think Pair Share. Metode penelitian yaitu kuasi eksperimen, dengan populasi siswa kelas VIII di satu SMP di Kabupaten Garut. Sampel yaitu kelas VIII-A sejumlah 33 siswa, dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen berupa soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah diujikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil analisis data pada kelas Think Pair Share menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis berkategori sedang. Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terbukti cukup efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Efforts are needed to improve the achievement of mathematical problem-solving abilities that are still low, for example using the Think Pair Share type of learning model. The purpose of this research is to find out how much improvement and how much the students' mathematical problem-solving ability increases through the Think Pair Share learning model. The research method is quasi-experimental, with a population of eighth grade students in one junior high school in Garut Regency. The sample is class VIII-A with 33 students, selected based on purposive sampling technique. Instruments in the form of test questions describing problem-solving abilities were tested before and after learning. The results of data analysis in the Think Pair Share class showed an increase in the ability to solve mathematical problems in the medium category. Cooperative learning Think Pair Share type proved effective enough to improve students' mathematical problem-solving abilities.
References
Afriansyah, E. A. (2016). The Use of Realistic Approach to Enhance Students' Mathematical Problem Solving Skills. International Conference on Elementary and Teacher Education ICETE.
Artilita. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa SMP Negeri di Lembang. Jurnal Riset pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Fatmawati, D., & Ekawati, R. (2016). Pengembangan Soal Matematika Pisa Like Pada Konten Change and Relationship untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5), 29-38.
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Division. D, Measurement and Research Methodology.
Harahap, U. S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Garis dan Sudut di MTS Al-Jam”iyatul Washliyah. Universitas Islam Negri Sumatera Utara: Diterbitkan.
Huda. (2012). Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktural dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iswara, E. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Antara Siswa yang Belajar dengan Model Problem Posing dan Direct Intruction. STKIP Garut: Tidak diterbitkan.
Kurniawati, V., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 369-380. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.38
Latifah, D., & Madio, S. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 159-168.
Lestari, M. D. P. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Dan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VII SMP Negri 7 Yogyakarta. Skripsi pada jurusan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta. Diterbitkan.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1-5.
Nasution, Z. M., & Manullang, M. (2017). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Yang Diberi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendidikan Matematika Realistik Di Smp Negeri 3 Tebing Tinggi. Jurnal Paradikma 1(10), 1-68.
Octaviyunas, A., & Ekayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 341-352.
OECD. (2015). Programme For International Student Assessment (PISA). Diakses dari http://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf pada tanggal 17 juni 2019.
Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.
Rifa’i & Lestari. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dan Spontaneous Group Discussion (Sgd) Dengan Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Mia Di MAN 1 Yogyakarta. Universitas Negri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.
Riffyanti, L., & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 115-127.
Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18.
Sari, S. P., & Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatipe Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37-54.
Soekisno, B. A. (2002). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan strategi Heustrik. Bandung: Tesis pada jurusan Pendidikan Mtematika Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.
Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Krija Bhakti Utama Limbangan). Jurnal Elemen, 3(1), 97-107.
Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.
Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 1-6.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahrul. (2011). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type STAD (Student Team Achievement Division) Dengan Type TPS (Think-Pair-Share) Ditinjau Dari Ketercapaian Kompetensi Dasar, Sikap, dan Metode Matematika Siswa SMP. Tesis pada jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.
Tiro, M. A. & Ahmar, A. S. (2014). Penelitian Eksperimen: Merancang, Melaksanakan, dan Melaporkan. Makassar: Andira Publisher.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardani, S. (2012). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 9-16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.