Students’ Mathematical Problem-Solving Ability Based on The Level of Learning Outcomes on Sequence and Series

Authors

  • Risnawati UIN Sultan Syarif Kasim
  • Mayu Syahwela UIN Sultan Syarif Kasim
  • Zubaidah Amir MZ UIN Sultan Syarif Kasim

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.763

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah matematis, Tingkat hasil belajar, Barisan dan deret, Mathematical problem solving, Learning outcome level, Sequence and series

Abstract

Pembelajaran difungsikan sebagai wadah siswa dalam mengembangkan diri sebelum terjun ke masyarakat. Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang penting bagi siswa dalam menyelesaikan tantangan di abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari tingkat hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa berasal dari kelas XI SMA. Data diambil pada semester ganjil Tahun ajaran 2022/2023.  Teknik pengumpulan data adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa tingkatan rendah hanya dapat melakukan tahapan memahami informasi, (2) siswa tingkatan sedang dapat melakukan tahapan memahami informasi, merencana dan melaksanakan penyelesaian walaupun masih terdapat kesalahan operasi hitung (3) siswa dengan tingkatan tinggi juga sama siswa tingkatan sedang, yang mana siswa sudah sampai ke pada tahap menyelesaikan masalah dengan benar tetapi tidak melakukan pengecekan ulang terhadap solusi yang ditemukan.

 

Learning serves as a forum for students’ self-development before becoming part of society. Mathematical problem-solving ability is one of the important skills for students in solving challenges in the 21st century. This study aims to analyze students' problem-solving abilities based on the level of student learning outcomes. This type of research is qualitative with a descriptive approach. The research participant was 6 senior high school students from grade 11.  Data were obtained in the odd semester of the 2022/2023 academic year. Data collection techniques were tests and interviews. The result showed that: First, low-level students are only able to pass understanding the information stage. Second, medium-level students can understand information, plan, and carry out solutions even though there are arithmetical errors. High-level students are also the same as medium-level students, where students have reached the stage of solving the problem correctly but did not re-check the final solutions.

References

Aeni, T. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Jurnal Kongruen, 1(3), 279-286.

Agustami, A., Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 3(1).

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 2(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2). https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162

Disparrilla, Y. N., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa pada materi SPLDV. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 148-161.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Harahap, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Rutin dan Non-Rutin pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2602

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149-160. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2227

Jayanti, M. D., Irawan, E. B., & Irawati, S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.11092

Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 173-182. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2229

Maryati, I., & Fadhilah, D. N. (2021). Sequence and Series: An Analysis of Mathematical Problem Solving Ability. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.30738/indomath.v4i2.3

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.2170

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%p

Polya. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2). https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Ratna, R., & Yahya, A. (2022). Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 471-482. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1908

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, H., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1). https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.36048

Syahruddin, W., Abdullah, I. H., & Angkotasan, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(3).

Taufiq, D. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 303-314. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1814

Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 4(1). https://doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.7102

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57-68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Risnawati, Syahwela, M., & MZ, Z. A. (2023). Students’ Mathematical Problem-Solving Ability Based on The Level of Learning Outcomes on Sequence and Series . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 145–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.763

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.