Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Prezi pada Materi Fungsi Eksponen

Authors

  • Tia Rahayu Sarjana Universitas Islam Riau
  • Nofriyandi Universitas Islam Riau
  • Sari Herlina Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1337

Keywords:

Pengembangan Media Pembelajaran, Prezi, Valid, Praktis, Learning Media Development, Practical

Abstract

Media pembelajaran merupakan perantara dalam penyampaian materi pembelajaran kepada peserta didik dengan menggunakan alat-alat tertentu, sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan cepat dari tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran kontekstual berbasis prezi pada materi fungsi eksponen kelas X SMA. Dalam pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.   Instrumen   yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar validasi dan lembar kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki validasi nilai persentase 86,28% dikategorikan sangat valid dan nilai praktikalitas memiliki persentase 92,18% dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran kontekstual berbasis Prezi kelas X SMA pada materi fungsi eksponen dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan atau sudah teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Learning media is an intermediary in delivering learning material to students using certain tools, so that students can understand material quickly from educators. This study aims to develop prezi-based contextual learning media on exponential function material for class X SMA. In developing this learning media using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used for data collection were validation sheets and practicality sheets. The results showed that the developed media had a validation value of 86.28% which was categorized as very valid and the practicality value had a percentage of 92.18% which was categorized as very practical. Based on the results of research on the development of Prezi-based contextual learning media for class X SMA on exponential function material, it can be concluded that learning media is feasible to use or has been tested for its validity and practicality.

References

Daud, S. M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2).

Dwiana, A. A., dkk. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flas dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1).

Huda, K., & Munastiwi, E. (2020). Strategi Orangtua Dalam Mengembangkan Bakat Dan Kreatifitas Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan glasser, 2(4), 80-87.

Jalinus, N, & Ambiyar. (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Khodah, I. S. dkk. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Di SMP. Jurnal on Education, 1(3), 485-497.

Kurniawati, D., dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Prezi Pada Materi Operasi Hitung Pecahan Dikelas V Sekolah Dasar. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antorpologi, 4(3), 131-139.

Lestari, N., & Madio, S. S. (2013). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 169-178.

Maryati, I. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa Sekolah Menengah Pertama melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-9.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 45-54.

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Nuryadin, E., & Tamam, M. Z. B. (2018). Pengaruh Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Media (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMP NEGERI 20 Kota Tasikmalaya, Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Biologi FKIP Universitas Siliwangi, 3(1), 82-89.

Rahayu, D. V. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-82.

Ramdhani, S., Suryadi, D., & Prabawanto, S. (2023). Development of Didactic Design for Learning Mathematics in Pesantren: Integration of Mathematics and Fiqh Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 655-666.

Rayanto, H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic Research Institute Perum Sekar Indah II.

Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-Critical-Creative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 213-224.

Rodhi, Y. & Mohammad. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Rohiman, & Anggoro, B. S. (2019). Penggunaan Prezi Untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 23- 32.

Sari, D. L., Fitriani, D. A., Khaeriyah, D. Z., Hartono, H., & Nursyahidah, F. (2022). Hypothetical learning trajectory pada materi peluang: konteks mainan tradisional ular naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 203-214.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Susanti, N., & Elfizon. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Prezi Di SMK Negeri 1 Tanjung Raya. JTEF (Jurnal Teknik Elektro Danvokasional), 5(2), 28-34.

Yuniastuti, Miftakhuddin, & Khoiron, M. (2021). Media Pembelajaran Generasi Milenial. Surabaya: Scopindo.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Sarjana, T. R., Nofriyandi, Herlina, S., & Sthephani, A. (2023). Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Prezi pada Materi Fungsi Eksponen. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–220. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1337

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.