Model Problem Based Learning dan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Nur Awalia Universitas Media Nusantara Citra

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1343

Keywords:

Model PBL, Self Confidence, kemampuan pemecahan masalah, pretest dan postest, PBL Models, problem solving skill, pretest and posttest

Abstract

Hasil observasi menyatakan bahwa siswa masih kurang dalam memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dan self-confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah pretest and posttest group experiment. Pada penelitian ini, peneliti memilih sampel satu kelas untuk dijadikan sebagai kelas ekperimen. Hasil penelitian menyatakan bahwa model PBL dan self-confidence  berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dalam menggunakan model PBL dan self-confidence dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan keterampilan berfikir dalam mengerjakan atau menyelesaikan masalah.

The observation results stated that students were still lacking in having mathematical problem-solving abilities. This study aims to determine the effect of the PBL model and self confidence on students' mathematical problem-solving abilities. This research is quantitative research. The design used in this study was the pretest and posttest group experiment. In this study, the researcher chose a sample of one class to serve as the experimental class. The results of the study stated that the PBL model and self-confidence had an effect on students' mathematical problem-solving abilities. Using the PBL model and self confidence can develop problem solving skills and thinking skills in working on or solving problems.

References

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141-150.

Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI, 1(5), 881-886.

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), 196–207. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i2.pp196-207

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139-148.

Hasanudin, H., & Maryati, I. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas v pada materi akar pangkat tiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 193-204.

Juliawan, G. A., Mahadewi L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).

Khoerunnisa, R., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa smp terhadap materi segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 165-176.

Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi disposisi matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349-358.

Mardarani, F. D., & Apriyono, F. (2023). Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah ditinjau dari self-concept matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 243-252.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.

Pratami, S. R., Sundayana, R., & Sofyan, D. (2023). Kesalahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 165-174.

Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60–70. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331-340.

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Ripai, I., & Nana Sutarna. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Learning. Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal Pada Era Revolusi Industri 4.0, 4, 1146–1155.

Ristiani, A., & Maryati, I. (2022). Kemampuan representasi matematis dan self-esteem siswa pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 37-46.

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185-192.

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627

Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 79-92.

Sukmaningthias, N., Hasyanah, Y., Sari, N., & Nuraeni, Z. (2023). The Influence of RME-Based Teaching Media Assisted by Pixton Application on Students' Mathematics Problem Solving Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 363-374.

Wigati, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas X-7 Semester 2 Sma 15 Semarang Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jkpm, 3(September), 1–8.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51-62.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Awalia, N. (2023). Model Problem Based Learning dan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 277–288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1343

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.