Boosting Students’ Mathematical Self-Confidence with Guided Discovery Learning and Geogebra Assistance
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.1495Keywords:
Discovery Learning, GeoGebra, Self Confidence, Kepercayaan diriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Guided Discovery Learning berbantuan GeoGebra dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dengan fokus khusus pada rasa percaya diri. Penelitian ini menggunakan metodologi Sistematic Literature Review (SLR) yang meliputi tahap perencanaan, peninjauan, dan dokumentasi, dengan pengelompokan, analisis, dan penarikan kesimpulan dari data. Hasil penelitian menunjukkan guru dapat memanfaatkan pendekatan Guided Discovery Learning dengan bantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tetap memperhatikan tingkat kepercayaan diri. Siswa yang menggunakan model Guided Discovery Learning berbantuan GeoGebra mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik.
This research aims to determine the effectiveness of the Guided Discovery Learning model assisted by GeoGebra in improving students' mathematical problem-solving abilities, with a special focus on self-confidence. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) methodology which includes planning, reviewing, and documentation stages, grouping, analysis, and concluding the data. The research results show that teachers can utilize the Guided Discovery Learning approach with the help of GeoGebra to improve students' mathematical problem-solving abilities while still paying attention to their level of self-confidence. Students who use the Guided Discovery Learning model assisted by GeoGebra have better mathematical problem-solving abilities.
References
Achmad, W. K. S., & Latri, M. D. (2022). Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Kartika XX-1 Kota Makassar. Journal of Education, 2(1), 1–14.
Afriansyah, E. A. (2014). What Students Think about Contextual Problems is. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education 1st ISIM-MED 2014, 279–288.
Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 31–44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003
Agustina, V. Y., T, A. Y., & Ijuddin, R. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Lingkaran Di Sma Panca Setya Sintang. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 191. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.49584
Alie, N. H. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 SMA Negeri 3 Gorontalo Pada Materi Jarak Pada Bangun Ruang. Jurnal Entropi, VII, Vol. 7, No. 1, 583-592.
Antonios J. & Neno. (2023). Strategi Pembelajaran Dicovery Learning. Journal of Education, 6(2), 369–380.
Anwar, C. (2023). Merancang Pembelajaran Dengan Model Discovery Learning Perbantuan Eddpuzzle Dalam Optimalisasi Berpikir Kritis Siswa Sd. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 384–393. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.386
Ardiansyah, & Wahyuningrum, E. (2022). Pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan penalaran matematik dan korelasinya dengan kemampuan awal siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 483-492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.739
Asari, T. R., Balkist, P. S., & Imswatama, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Prisma, 11(2), 447. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2440
Awalia, N. (2023). Model Problem Based Learning dan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 277-288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1343
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Efwan, N. S., Afriansyah, E. A., Luritawaty, I. P., Arwadi, F., & Yadav, D. K. (2024). The Level of students' mathematical creative thinking skills as measured by their self-confidence. International Journal of Didactic Mathematics in Distance Education, 1(2), 125-136.
Eliminasi, M., Smp, D. I., & Pangalengan, N. (2022). Persamaan Linear Dua Variabel Dengan. 5(4), 1071–1078.
Ernita, Isnarto, & Suyitno, A. (2024). Improving Mathematical Creativity Through Self-Regulated Learning in a Problem-Based Learning Model Supported by GeoGebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 139-150. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1982
Fatimah, A. E., Wahyuni, F., & Fitriani, F. (2022). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui model project-based learning. Journal of Didactic Mathematics, 3(3), 130–136. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i3.1600
Faturohman, I., Iswara, E., & Gozali, S. M. (2022). Self-Confidence Matematika Siswa dalam Penerapan Pembelajaran Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 85-94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.689
Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 335. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.9678
Fitriana, M., Saleh, M., & Zaki, A. (2023). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 468–480. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.185
Fitriasari, P. (2017). Software Geogebra. Jpmrafa, 57–69.
Hanipah, N., & Kania, N. (2023). Unveiling the Power of Discovery Learning: Boosting Students' Mathematical Understanding and Confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 281-288. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1524
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning is to improve students’ mathematical problem-solving ability and self-confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Budaya Toba Di Smp Negeri 1Tukka. Journal of Mathematics Education and Science), ISSN(2), 70.
Ituga, A. S., & Alman. (2023). Self-Effıcacy, Self-Regulatıon Dan Self-Confıdence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1499–1509. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6350
Ilmawan, D. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820–828. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10546
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157
Lampung, U. (2022). Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2), 196–207.
Langi, E. L., Ba, Y., Paluta, E. T., Pendidikan, I., Kristen, U., Toraja, I., Pendidikan, I., Kristen, U., & Toraja, I. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Bua Ponrang Devika Jatorani. 3, 51–57.
Latifi, M., Eseghir, A., Elmaroufi, A., Hattaf, K., & Achtaich, N. (2022). Modelling with Differential Equations and Geogebra in High School Mathematics Education. Journal of Educational and Social Research, 12(3), 47–91. https://doi.org/10.36941/jesr-2022-0065
Lestari, L., Maryati, I., Sundayana, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Kajian literatur: Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) pada kemampuan representasi matematis. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 58-70.
Mahasiswa, S., Studi, P., Sains, P., Surabaya, U. N., & Kunci, K. (2013). Keefektifan LKS Guided Discovery Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Rahma Ayunda Baskoro Laily Rosdiana Abstrak Abstract, The purpose of this research is to describe the effectiveness of LKS Guided Discovery based on ethnoscience.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Mayer, R. E. (2004). Should There Be a Three-Strikes Rule Against Pure Discovery Learning? The Case for Guided Methods of Instruction. American Psychologist, 59(1), 14–19. https://doi.org/10.1037/0003-066X.59.1.14
Mone, F., & Abi, A. M. (2018). Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Paedagogia, 20(2), 120. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.13228
Murwanto, A., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.730
Mutmainnah, I. W. (2020). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar / Sukmawati /2020 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–15.
Noverli, M. F., Asih, E. C. M., & Juandi, D. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas viii penghafal al-qur’an pada materi peluang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 285-294. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1783
Nur, I. M. (2017). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236
Nurfausiah, & Suhardiman. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multimedia. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(8), 1529–1535.
Nurmajumitasari, N. (2023). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi FPB dan KPK di Sekolah Dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 299-306. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1345
Nurul, A., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project (Mmp) Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377–2393.
Nurvela, E., Malalina, & Firma Yenni, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII Mts. Mujahidin Palembang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(2), 209–216.
Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34
Putri, D. R., & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.1898
Rahmayanti, R. (2015). Penggunaan Media IT Dalam Pembelajaran. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 602–615. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.313
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Sauer, P. C., & Seuring, S. (2023). How to conduct systematic literature reviews in management research: a guide in 6 steps and 14 decisions. In Review of Managerial Science (Vol. 17, Nomor 5). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/s11846-023-00668-3
Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51-60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1222
Septrianto, M. I., Jumadi, J., & Suhendar, U. (2019). Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 78–90. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i2.797
Studi, P., Matematika, P., Sunan, U. I. N., Yogyakarta, K., Al-quran, A., & Kunci, K. (1972). Jurnal pendidikan matematika. 2(2), 39–49.
Suwanto, F. R., Hasratuddin, Fauzi, K. M. A., & Napitupulu, E. E. (2023). Problem Based Learning Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Analitik. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 441-452. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1507
Tarsiyah, T. (2021). Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Mempertahankan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Pandaan selama Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Likhitaprajna Jurnal ilmiah, 23(1), 26–39. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v23i1.188
Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117-128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.646
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wardi, Z., Satriawan, R., Ahyan, S., & Halqi, M. (2023). Interelasi model Problem Based learning dan Interaksi Teman Sebaya melalui Sikap Matematis terhadap Prestasi Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 521-538. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1514
Widari, R. P., Harun, L., Istianah, N., & Semarang, K. (2023). Kata Kunci: Kemampuan representasi matematis; Discovery Learning; GeoGebra; Siswa SMK 110. Integral: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 110–121.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.