Efektivitas Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa

Authors

  • Pitriyani Pitriyani Institut Pendidikan Indonesia
  • Rostina Sundayana Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Iyam Maryati Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2203

Keywords:

Geometri, Problem-Based Learning, Kemampuan Spasial Matematis, Geometry, Mathematical Spatial Ability

Abstract

Kemampuan spasial merupakan salah satu kemampuan matematis yang sangat penting dimiliki siswa khususnya dalam menyelesaikan masalah geometri. Untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis perlu diterapkan model pembelajaran yang sesuai, yaitu model Problem-Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas model PBL dalam meningkatkan kemampuan spasial matematis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metod quasi experimental dan desain penelitian adalah pre-experimental. Dengan teknik purposive sampling, peneliti mengambil sampel siswa kelas VIII-I dari salah satu sekolah yang ada di kabupaten Garut. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil uji-t, uji-z dan uji gain dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem-based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa.

Spatial ability is one of the mathematical skills that is very important for students, especially in solving geometry problems. To improve mathematical spatial ability, it is necessary to apply an appropriate learning model, namely the Problem-Based Learning (PBL) model. The purpose of this study is to determine the effectiveness of the PBL model in improving mathematical spatial ability. This study is quantitative research with a quasi-experimental method and the research design is pre-experimental. With the purposive sampling technique, the researcher took a sample of students in grades VIII-I from one of the schools in Garut district. Data collection uses tests and observations. The results of the t-test, z-test and gain test can be concluded that the application of the problem-based learning model is effectively used to improve students' mathematical spatial ability.

References

Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359-368.

Aini, N., & Suryowati, E. (2022). Mengeksplor Penalaran Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61-72.

Ali, N. N., Lestari, P., & Rahayu, D. V. (2023). Kesulitan Siswa SMP Pada Pembelajaran Geometri Materi Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-146.

Andriliani, L., Amaliyah, A., Putry Prikustini, V., & Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138

Arwadi, F., Sidjara, S., & Suarlin. (2023). The Pedagogical Content Knowledge of Mathematics Pre-Service Teachers on Geometry Topic in Universitas Negeri Makassar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 759-770.

Azra, F., & Haeriah. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar pada Materi Geometri Bangun Ruang Ditinjau dari Persepsi Guru. DIKMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 17–23.

Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118.

Darojat, L. (2024). Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen team game tournament. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 263-270.

Fathia, N., & Yerizon, Y. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PBL pada Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematika Kelas VIII. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 10(1), 56-69.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Fitria, F., Nofriyandi, N., Suripah, S., & Sthephani, A. (2023). Perangkat pembelajaran matematika berbasis problem-based learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 93-102.

Hajizah, M. N., & Salsabila, E. (2024). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometi Analitik Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 191-198.

Hawes, Z., & Ansari, D. (2020). What explains the relationship between spatial and mathematical skills? A review of evidence from brain and behavior. In Psychonomic Bulletin and Review (Vol. 27, Issue 3, pp. 465–482). Springer. https://doi.org/10.3758/s13423-019-01694-7

Kemendikbudristek. (2022). Perbandingan kurikulum. Retrieved from Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Khofifah, Risalah, D., & Sandie. (2022). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi Geometri Kelas VII (Vol. 1, Issue 1).

Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita tentang bangun ruang sisi lengkung menggunakan prosedur newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 125-138.

Linda, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Self-efficacy pada Materi Segiempat dan Segitiga di Desa Sirnajaya. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(1), 20-43.

Listiani, T. (2020). Penggunaan Model PACE dalam Pembelajaran Geometri Topik Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 407-418.

Maier, P. H. (2001). Spatial Geometry and Spatial Ability - How to Make Solid Geometry Solid. 69–81.

Muhtadi, D., Wulandari, W., & Sukirwan. (2023). Kesulitan peserta didik pada materi luas permukaan dan volume limas. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 361-372.

National Council of Teachers of Mathematics (2000). Principles and standards for school mathematics. NCTM.

Ningsih, Y. L., Destiniar, Fitriasari, P., Octaria, D., & Kesumawati, N. (2023). Assessing Students’ Higher Order Thinking Skills in Geometry: A Rasch Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 411-424.

Nurhanifah, N. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp pada materi geometri. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 161-172.

Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723–731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.678

Pangastuti, E. I., Nurdin, E. A., & Kurnianto, F. A. (2022). Application of Project-Based Learning in Developing Environmental-Based Spatial Thinking Skills. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 4, pp. 19-25).

Putra, H. R., Budiyono, & Slamet, I. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps), Group Investigation (Gi), Dan Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Pokok Bangun Ruang Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(6), 576–586.

Saidati, S., Risalah, D., Sandie, S., Bahri, S., & Lestari, E. T. (2022). Study Etnomatematika Betangker pada Acara Pernikahan di Desa Nanga Mahap. Jurnal Basicedu, 6(5), 7865-7871.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Sari, Y. P., Sunaryo, Serevina, V., & Astra, I. M. (2019). Developing E-Module for fluids based on problem-based learning (PBL) for senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012052

Silviarza, W., Sumarmı, S., & Handoyo, B. (2020). Using of Spatial Problem Based Learning (SPBL) model in geography education for developing critical thinking skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1045-1060.

Suandana, Aodri (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa Menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

Sudirman, S., & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60–72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370

Sudirman, Luritawaty, I. P., & Bonyah, E. (2024). Conceptual Knowledge through Instruction Interactive Teaching Materials Integrated Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 273-290.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). DEEPUBLISH.

Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berpikir Spasial dalam Pembelajaran Abad Ke-21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50.

Yudianto, E., Septi Nindya, Y., & Setiawan, B. (2021). Kecemasan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Van Hiele. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1102–1115.

Zippert, E. L., & Rittle-Johnson, B. (2020). The home math environment: More than numeracy. Early Childhood Research Quarterly, 50, 4–15. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.07.009

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Pitriyani, P., Sundayana, R., & Maryati, I. (2024). Efektivitas Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 347–356. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2203

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.