Application of Live Worksheet to Optimize Spatial Thinking Ability

Authors

  • Fenti Amanda Putri Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Selvia Erita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Febria Ningsih Institut Agama Islam Negeri Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2540

Keywords:

Kemampuan Spasial Matematis, Live Worksheets, Mathematical Spatial Ability, Penerapan, E-LKPD, Spatial Ability, Implementation

Abstract

Kemampuan spasial matematis penting dalam membantu siswa memahami, menginterpretasikan, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk, ruang, dan hubungan antar objek. Namun, masih banyak siswa yang memiliki kemampuan spasial rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa melalui media pembelajaran Live Worksheet. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas XII SMA Negeri 3 Sungai Penuh. Instrumen berupa soal pretest dan posttest dianalisis berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Peningkatan hasil belajar dianalisis menggunakan n-gain. Hasil menunjukkan rata-rata skor pretest sebesar 23,49 meningkat signifikan menjadi 91,61 pada posttest. Dengan demikian, penerapan Live Worksheet efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa.

Mathematical spatial ability is important in helping students understand, interpret, and solve problems related to shapes, space, and relationships between objects. However, many students still have low spatial ability. This study aims to improve students' spatial thinking ability through the Live Worksheet learning media. The method used is quantitative with a one-group pretest-posttest quasi-experimental design. The subjects of the study were 32 students in grade XII at SMA Negeri 3 Sungai Penuh. The instruments consisted of pretest and posttest questions, which were analyzed based on validity, reliability, difficulty level, and discriminative power. Learning outcomes were analyzed using n-gain. The results showed that the average pretest score of 23.49 increased significantly to 91.61 in the posttest. Thus, the implementation of Live Worksheet is effective in improving students' spatial thinking skills.

References

Adhiyati, U. P., Kumala, I., & Heryani, R. D. (2022). Tips Dan Trik Cara Mudah Belajar Matematika. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 1(1), 07–13. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v1i1.956

Adzani, N., Setyasih, I., & Ningrum, M. V. R. (2023). Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA Negeri di Kota Balikpapan. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 4(1), 45–52. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v4i1.1687

Aini, N., & Suryowati, E. (2022). Mengeksplor penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61-72. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.687

Aliman, M., Sumarmi, & Marni, S. (2024). Developing Spatial Thinking through the Earthcomm Learning Model: Exploring the Role of Earth Science in the Community. Journal of Social Studies Education Research, 15(1), 251–281.

Anissa, D., Utami, C., & Wahyuni, R. (2022). Hubungan Kemampuan Spasial Matematis dengan Minat Belajar Siswa pada Materi Geometri. Variabel, 5(2), 125. https://doi.org/10.26737/var.v5i2.1933

Astuti, W., Taufiq, M., & Muhammad, T. (2021). Implementasi Wilcoxon Signed Rank Test Untuk Mengukur Efektifitas Pemberian Video Tutorial Dan PPT Untuk Mengukur Nilai Teori. Jurnal Produktif, 5(1), 405–411.

Bombang, V., Trija F., & Yuniar I.P. Pranyata. (2022). Pengembangan Lkpd Elektronik Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas Viii Smpn 17 Malang. Rainstek: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 4(1), 27–41. https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.6890

Erita, S., Utami, E. S. D., & Ningsih, F. (2022). Realistic Mathematic Education-Based Student Worksheet to Improve Students’ Mathematical Reasoning on Circle Material. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 5(2), 210–223. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i2.11249

Fauzan, A., Hariyanto, Rispawati, & Tripayana, N. A. (2021). Pendidikan Dan Latihan Menghitung Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, daya Beda Soal Bagi Guru PPKn SMAN Se-Kota Mataram. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 35–41.

Ghifari, M. T., Nurjanah, & Rahmah, H. (2024). Systematic Literature Review: Mathematics Teaching Materials Assisted with Live Worksheet. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 337–346.

Hamidah, R. W., Supandi, & Wahyuningsih, Y. S. (2024). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Live Worksheet Kelas XI SMA. JP2M: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 10(1), 1–7.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. [Online].

Harahap, U. Z. (2020). Profil Kemapuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geomteri di SMP. Skripsi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Hevtarani, N., Apriani, F., & Pitriana, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Kecerdasan Linguistik Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Pangkalanbaru. JBES: Jurnal Basic Education Skills, 2(2), 139–145. https://doi.org/10.35438/jbes

Intan, I. N., & Rosyid, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Worked Example. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 26–36. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.127

Laswadi. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Aplikasi Mobile Learning untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Journal on Education, 04(04), 1979–1988.

Leni, N., Musdi, E., Arnawa, I. M., & Yerizon, Y. (2021). Profil Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMPN 1 Padangpanjang Pada Masalah Geometri. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 111. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.10000

Lubis, S., Andayani, S., & Habibullah, H. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Pada Kemampuan Spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 822. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.3017

Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 449-460. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.676

Mahfuddin, M., & Caswita, C. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Berbasis High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Spasial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1696. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3874

Melzer. (2002). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Raja Grafindo Persada.

Muhtadi, D., Wulandari, W., & Sukirwan. (2023). Kesulitan peserta didik pada materi luas permukaan dan volume limas. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 361-372. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1729

Mulyani F, & Haliza N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. JPDK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109.

Ningsih, F., Ririn, & Laswadi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 pada Materi Lingkaran. Jurnal Edu Research: Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.

Ningsih, Y. L., Destiniar, Fitriasari, P., Octaria, D., & Kesumawati, N. (2023). Assessing Students’ Higher Order Thinking Skills in Geometry: A Rasch Analysis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 411-424.

Obilor, E., & Isaac. (2023). Convenience and Purposive Sampling Techniques: Are they the Same? In Sociology.

Pitriyani, Sundayana, R., & Iyam M. (2024). Efektivitas Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Spasial Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 347–356.

Resesi A. A., Firdaus, T., Widayanti, W., & Rosa Sinensis, A. (2022). Laboratorium Virtual (PhET Simulation): Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa Pada Materi Gelombang Mekanik. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(2), 73–77. https://doi.org/10.30599/uteach.v2i2.44

Rizki K, R., & Dwi J. (2022). Profile of MTs Students’ Spatial Reasoning in Solving Contextual Problems Based on Mathematical Ability. IJHESS: International Journal of Humanities Education and Social Sciences, 1(6), 921–928. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.178

Siti, N. F. (2023). Differentiated Instruction Instrumen Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Sma. In Repositori Universitas Negeri Malang.

Soraya, W., Utami, C., & Nirawati, R. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Ditinjau dari Teori Bruner pada Materi Dimensi Tiga Kelas X Mas Yasti Singkawang. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(1), 19–23. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.2296

Suharsimi, A. (2010). Evaluasi program pendidikan: pedoman teoretis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Bumi Aksara.

Teapon, N., & Kusumah, Y. S. (2023). Analisis Kemampuan Spatial Siswa Sekolah Menengah Pertama Berdasarkan Teori Hubert Maier. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 236–245. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2796

Vrasetya, A., & Nasution, E. Y. P. (2024). Students' Mathematical Connection Ability in Solving Higher Order Thinking Skills Problems Based on Jambi Culture. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 269-286. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2087

Wahyuni, A., & Hidayati, D. W. (2020). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kreatif Berbasis ICT Terhadap Kemampuan Spasial Mahasiswa. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 6–9. https://doi.org/10.46808/informa.v6i1.165

Wardani, A. K., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2024). How Students’ Obstacle in Solving Ratio and Proportion Problem? Focusing on Mathematical Literacy Process. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2).

Wulandari, R., Suwarto, & Novaliyosi. (2021). Upaya meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang pada pembelajaran daring dengan model discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 197-206.

Yulia, P., & Putri, F. A. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Bangun Ruang. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 697–705. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1472

Zakirman, & Aufiana, N. R. (2023). Efektivitas LiveWorksheet Untuk Meningkatkan Kompetensi Matematika Siswa Selama Masa Pandemi Di SD Al Jannah. Edukasi, 21(3), 556-567.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Fenti Amanda Putri, F. A. P., Selvia Erita, S. E., & Febri Ningsih, F. N. (2025). Application of Live Worksheet to Optimize Spatial Thinking Ability. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2540

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.