Uji keterbacaan buku ajar matematika dasar untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1394Keywords:
Readability Test, Learning Book, Basic Mathematics, Uji Keterbacaan, Buku Ajar, Matematika DasarAbstract
One of the requirements that must be done in developing a textbook is a readability test. Readability is all the elements in the textbook that affect the success of the reader in understanding the material he reads at an optimal reading speed. The readability test aims to determine whether the use of sentences/language, presentation of material, layout, and interaction between texts in textbooks can be used by students to understand the materials in it. It is important to do a readability test to minimize errors that can cause misunderstandings between the author's intent and the reader's understanding. The readability test in this study was carried out through a survey method by distributing questionnaires to 15 students of the physics education study program who were taking basic mathematics courses. The results showed that the level of readability of basic mathematics textbooks for physics was at high criteria in the aspect of convenience (67.5%), attractiveness (65.5%), and understanding (67.5%). Although the readability test showed a high score, there are several things that still need to be improved, namely the appearance of the textbook (book cover and illustrations) and the writing style that must be made more varied and able to attract the interest of the reader.
Salah satu persyaratan yang harus dilakukan dalam pengembangan suatu buku ajar adalah uji keterbacaan. Keterbacaan adalah seluruh unsur yang ada dalam buku ajar yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembaca dalam memahami materi yang dibacanya pada kecepatan membaca yang optimal. Uji keterbacaan bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan kalimat/bahasa, penyajian materi, tata letak dan interaksi antarteks dalam buku ajar dapat digunakan mahasiswa untuk memahami materi-materi yang ada di dalamnya. Uji keterbacaan penting dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan yang dapat menyebabkan kesalahpahaman antara maksud penulis dengan pemahaman pembaca. Uji keterbacaan dalam penelitian ini dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner kepada 15 mahasiswa program studi pendidikan fisika yang sedang menempuh mata kuliah matematika dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan buku ajar matematika dasar untuk fisika berada pada kriteria tinggi pada aspek kemudahan (67,5%), aspek kemenarikan (65,5%) dan aspek keterpahaman (67,5%). Walaupun uji keterbacaan menunjukkan nilai yang tinggi, namun ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan lagi kualitasnya yaitu tampilan buku ajar (cover dan ilustrasi) dan gaya tulisan yang harus dibuat lebih variatif dan mampu menarik minat pembaca.
References
Akbari, Tauny, Sonjaya, Y., & Anwar, S. (2017). Analisis Keterbacaan Mahasiswa Terhadap Buku Teks Terjemahan Materi Asam Basa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan) 2(1):88–102. doi: 10.30870/educhemia.v2i1.1299.
Al Addawiyah, A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.
Ashri, Nurul, & Hasanah, L. (2016). Uji Keterpahaman Dan Kelayakan Bahan Ajar IPA Terpadu. EDUSAINS, 8(2):144–48.
Asri, L., D. Oktalidiasari, & Darmawijoyo. (2020). Students’ Perception of Reading and Understanding Mathematics Textbook. in Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1480.
Fan, Lianghuo, Yan Zhu, & Miao, Z. (2013). Textbook Research in Mathematics Education: Development Status and Directions. ZDM - International Journal on Mathematics Education 45(5):633–46. doi: 10.1007/s11858-013-0539-x.
Fitriyah, A. T., & Syafi'i, M. (2022). Etnomatematika pada bale lumbung sasak. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.
Haryadi, R. (2016). Korelasi Antara Matematika Dasar Dengan Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(1):124–27.
Iza, Nikmatul, & Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan Berbasis Hasil Penelitian Regernerasi Sirip Kaudal Ikan Gatul (Poecilia Sp.). Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1):1–10. doi: 10.17977/um052v10i1p1-10.
Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47-56.
Kusuma, D. (2018). Analisis Keterbacaan Buku Teks Fisika SMK Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1):14–21.
Muharomi, L. T., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Leibniz: Jurnal Matematika, 2(2), 45-64.
Murni, Murni, Mirdayanti, R., & Burhanuddin. (2018). Literature Study on The Influence of Mathematics Basic Skills to Work Out Physics Problems. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(2):46–52. doi: 10.31764/ijeca.v1i2.2146.
Mutiarani, A., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan gender di desa sukamenak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 1-14.
Nova, I. S., & Putra, A. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Cerita Rakyat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 67-76.
Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38.
Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. in Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1097.
Pujijayanti, E. (2018). Readability Analysis of Indonesian Text Book 7th Grade. Student Journal, 7(4):407–16.
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf Dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1):137–52. doi: 10.31331/medivesveteran.v3i1.702.
Putra, Z. H., Hermita, N., & Alim, J. A. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika, Didaktika, dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 345-356.
Rahmasari, S. (2019). Penguasaan Konsep Aljabar Dan Aritmatika Untuk Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Dasar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1):65–74. doi: 10.33654/math.v5i1.521.
Saidah, S., & Mardiani, D. (2021). Kesulitan Siswa SMP Terhadap Soal Komunikasi Matematis pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 531-540.
Sanidah, S., & Sumartini, T. S. (2022). Kesulitan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita spldv dengan menggunakan langkah polya di desa cihikeu. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 15-26.
Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57-68.
Yunita, Alfi, Hamdunah, & Sovia, A. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Dasar Untuk Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1):23–36. doi: 10.31331/medivesveteran.v4i1.954.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ita Chairun Nissa, Baiq Rika Ayu Febrilia, Dwi Pangga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.