Geometry and Islamic Values: Validity of Teaching Materials Based on Modified Project-Based Learning Model

Authors

  • Putri Yulia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Eline Yanty Putri Nasution Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1980

Keywords:

Bahan Ajar, Geometri, Nilai-nilai Islam, Project Based Learning, Teaching Materials, Geometry, Islamic Values

Abstract

Bahan ajar geometri yang ada saat ini kurang efektif dalam mendukung siswa dalam menemukan konten melalui tugas berbasis proyek ilmiah, juga tidak memasukkan nilai-nilai Islam ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi validitas bahan ajar geometri berbasis model Project-Based Learning (PjBL) yang dimodifikasi dan diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Instrumen validasi yang digunakan adalah angket yang menilai integrasi media, konten, dan nilai-nilai Islam. Analisis validitas dilakukan dengan menghitung rata-rata skor yang diberikan oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi dan media yang divalidasi oleh ahli pendidikan matematika memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kategori sangat valid. Selain itu, integrasi nilai-nilai keislaman memperoleh skor rata-rata 4,3 sehingga masuk dalam kategori valid. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar geometri berbasis model PjBL yang dimodifikasi dan mengandung nilai-nilai Islam, valid dan layak digunakan.

The current geometry teaching materials do not effectively support students in discovering content through scientific project-based assignments, nor do they incorporate Islamic values into the learning process. This study aims to evaluate the validity of geometry teaching materials based on a modified Project-Based Learning (PjBL) model integrated with Islamic values. The research follows a Research and Development (R&D) approach using the 4-D model, consisting of four stages: define, design, develop, and disseminate. The validation instrument employed is a questionnaire, which assesses media, content, and Islamic value integration. The validity analysis was performed by calculating the average scores provided by the validators. The results indicate that the materials and media, as validated by mathematics education experts, achieved an average score of 4.5, categorizing them as highly valid. Additionally, the Islamic value integration received an average score of 4.3, placing it in the valid category. Based on these findings, it can be concluded that the geometry teaching materials, which are based on a modified PjBL model and incorporate Islamic values, are valid and suitable for use.

References

Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.

Aini, N., & Suryowati, E. (2022). Mengeksplor Penalaran Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 61-72.

Dalimunthe, R. R. (2022). Pengembangan e-modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dan nilai keislaman pada materi transformasi geometri untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas IX SMP (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Damayanti, N., & Kartini. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi barisan dan deret geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118.

Erdogan, T., et al. (2009). The Effect of the Van Hiele Model Based Instruction on the Creative Thinking Levels of 6th Grade Primary School Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 9(1), 181-194.

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019, October). Integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 346-352).

Ikashaum, F., Dewi, K. S., & Wahyuni, L. (2019). Analisis kebutuhan bahan ajar geometri berbantuan aplikasi komputer. Jurnal Komputasi, 7(2).

Irawati, H., & Saifuddin, M. F. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar mata kuliah pengantar profesi guru biologi di pendidikan biologi universitas ahmad dahlan yogyakarta. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 7(2), 96-99.

Ja’faruddin, & Naufal, M. A. (2023). Ethnomathematics: Two-Dimensional Figure Geometry Concept in the Balla Lompoa Traditional House in South Sulawesi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 667-674.

Kartikasari, N., Rahman, S., & Ahyan, S. (2023). Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kegiatan Lesson Study. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 289-298.

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2016). Project-based learning (pp. 317-34). na.

Kurniati, A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis kontekstual terintegrasi ilmu keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43-58.

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180-187.

Mariana, S., Yulia, P., & Rusliah, N. (2021). Validitas Lembar Kerja Matematika Siswa Berbasis Contextual Teaching and Learning Dengan Pendidikan Lingkungan. AdMathEdu, 11(2), 165-180.

Marianti, M. S. (2023). Mathematical problem-solving ability of junior high school students on flat-sided geometric shapes. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 309-320.

Nasution, E. Y. P., Yulia, P., Anggraini, R. S., Putri, R., & Sari, M. (2021, February). Correlation between mathematical creative thinking ability and mathematical creative thinking disposition in geometry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012001). IOP Publishing.

Nirmayani, L. H., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) sesuai pembelajaran abad 21 bermuatan tri kaya parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 378-385.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan project-based learning berbasis kearifan lokal berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12.

Rezekiah, P. T., Safitri, I., & Harahap, R. D. (2022). Analisis nilai-nilai karakter mahasiswa program studi pendidikan matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1251-1267.

Riduwan, M. B. A. (2009). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: CV Alfabeta)

Santoso, G., Yulia, P., & Rusliah, N. (2020). (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri dan Pengukuran. Pythagoras, 9(2), 165-172.

Siswono, T. Y. E. (2016). Proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.

Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314-325.

Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. In Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1).

Yulia, P., Febriza, E., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP: Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207-221.

Zurzaq, Z., Alim, A. Z. M., & Umami, H. F. N. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Geometri Terintegrasi Keislaman. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 2, 493-498.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Yulia, P., & Nasution, E. Y. P. (2024). Geometry and Islamic Values: Validity of Teaching Materials Based on Modified Project-Based Learning Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 113–124. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1980

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.