Toulmin's Model in Analyzing Students' Combinatoric Argumentation
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.76Keywords:
Matematika, Argumentasi Kombinatorik, Model Toulmin, Pembuktian Matematika, Combinatorial Argumentation, Toulmin Model, Mathematical ProofsAbstract
Abstrak
Argumentasi kombinatorik merupakan kemampuan penting dalam pembuktian matematika yang menurut model Toulmin, argumentasi tersebut terdiri dari claim, evidence, warrant, dan backing. Tujuan dari penelitian yaitu untuk menganalisis struktur argumentasi kombinatorik mahasiswa menggunakan model Toulmin. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini melibatkan 93 mahasiswa semester dua tahun ajaran 2022/2023 di Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes tertulis. Para mahasiswa diminta untuk memberikan argumentasi kombinatorik pada pembuktian matematika yang berkaitan dengan teorema binomial. Argumentasi kombinatorik tersebut kemudian dianalisis menggunakan model Toulmin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96% kemampuan argumentasi kombinatorik mahasiswa berada pada level 2 dengan kategori argumentasi kombinatorik disusun dengan kurang baik, serta sebagian besar mahasiswa mengalami kesulitan dalam memberikan claim, evidence, warrant, dan backing dalam argumentasi kombinatorik. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar program pembelajaran difokuskan pada penguatan keterampilan berpikir kritis dan argumentatif, melalui metode diskusi terbimbing, problem-based learning, serta pemberian latihan soal yang mendorong eksplorasi dan pembenaran logis atas setiap jawaban yang diberikan mahasiswa
Abstract
Combinatorial argumentation is an important ability in mathematical proof, and according to Toulmin's model, the argumentation consists of claim, evidence, warrant, and backing. The purpose of the research is to analyze the combinatorial argumentation structure of undergraduate students using the Toulmin model. The type of research used in this research is descriptive qualitative. This study involved 93 second-semester undergraduate students in the 2022/2023 academic year at the Department of Mathematics Education, Sriwijaya University. Data collection in this study was through written tests. The undergraduate students were instructed to provide combinatorial argumentation on mathematical proofs related to the binomial theorem. The combinatorial argumentation was then analyzed using the Toulmin model. The results showed that 96% of undergraduate students' combinatorial argumentation skills were at level 2 with the category of badly organized combinatorial argumentation, and most undergraduate students had difficulties in providing claim, evidence, warrant, and backing in combinatorial argumentation. Based on these results, it is suggested that the learning program should focus on the improvement of critical and argumentative thinking skills through guided discussions, problem-based learning, and exercises that encourage exploration and logical justification of each answer given by undergraduate students.
References
Afandi, Tenriawaru, A. B., & Anita. (2021). Konstruksi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (ADI) disertai Socioscientific Issues (SSI). Jurnal Biologi Edukasi, 13, 6–16.
Amalia, N. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal ON MIPA Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 14(2), 793. https://doi.org/10.35327/gara.v14i2.167
Cahya, I., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Sesiomadika, 602–609.
Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 365–372. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.365-372
Fadillah, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Siswa. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM), 3(1), 15–21. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.752
Faizah, S., Rahmawati, N. D., & Murniasih, T. R. (2021). Investigasi Struktur Argumen Mahasiswa dalam Pembuktian Aljabar Berdasarkan Skema Toulmin. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1466. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3781
Ishaq, I. M., Khaeruddin, K., & Usman, U. (2022). Analisis Kemampuan Berargumentasi Dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik Sma Negeri 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(3), 211. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.29781
Mellenia, R. P. A., & Admoko, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Pembelajaran Diskusi Berbasis Pola Argumentasi Toulmin untuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi dan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 313–327. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5248
Mujib, A. (2016). Pengembangan Kemampuan Pembuktian dalam Matematika Diskrit Menggunakan Pengajaran Berbasis DNR. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM), September, 176–190.
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51–57.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. www.nctm.org
Noviyanti, N. I., Mukti, W. R., Yuliskurniawati, I. D., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2019). Students’ scientific argumentation skills based on differences in academic ability. Journal of Physics: Conference Series, 1241(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1241/1/012034
Prabowo, S. H. (2023). Analisis pembuktian formula deret hingga bilangan asli pangkat r menggunakan induksi dan deduksi matematika (kajian literasi kontribusi matematikawan muslim abad pertengahan). Matematika Sains, 1(1), 34–43.
Rapanca, D., Wibowo, T., & Sapti, M. (2020). Struktur Berpikir Kombinatorik Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), 96–103. https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6496
Resmi, D. C., Rusdi, M., & Huda, N. (2021). Desain LKPD pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berbasis Generative Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematika Siswa SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1854–1868.
Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., & Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi optik: Problem-based learning berbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22548
Rizqika, P., Hobri, & Pratama Murtikusuma, R. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Dan Jumping Task Pada Pokok Bahasan Kaidah Pencacahan Untuk Siswa Sma. Kadikma, 10(1), 13–24.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sadieda, L. U. (2019). Kemampuan argumentasi mahasiswa melalui model berpikir induktif dengan metode probing-prompting learning. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 23–32. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.24038
Sari, W. K., & Nada, E. I. (2021, June). Analisis kemampuan argumentasi ilmiah mahasiswa pendidikan kimia pada pembelajaran daring. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 1-10).
Suartha, I. N., Setiawn, I. G. A. N., & Sudiatmika, A. A. R. (2020). Pola Argumen Toulmin Pada Proses Pembelajaran Ipa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(April), 1–11.
Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Identifikasi Kesalahan Konseptual Dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 494–504. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.143
Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems Using Newman’s Procedure Based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135–144. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.2486
Thompson, D. R., Senk, S. L., & Johnson, G. J. (2012). Opportunities to Learn Reasoning and Proof in High School Mathematics Textbooks. Journal for Research in Mathematics Education, 43(3), 253–295. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.43.3.0253
Toulmin, S. E. (2003). The Uses of Argument: Updated Edition. In Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511840005
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 542–550. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.507
Uripno, G., & Rosyidi, A. H. (2019). Students’ Combinatorial Thinking Processes in Solving Mathematics Problem. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(2), 80. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n2.p80-92
Widhi, M. T. W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.79-91
Yohanes, R. S. (2022). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Mengkonstruksi Pembuktian Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 185–194.
Yuanata, B. E., Artanti, K. P., Saregar, A., & Deta, U. A. (2022). Profil Keterampilan Ilmiah Peserta Didik pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) dalam Memahami Konsep Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 01(01), 1–6. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p1-6
Zulainy, F., Rusdi, R., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 812–828. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.440
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.