Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Bidang Matematika

Authors

  • Bambang Sadiyono STKIP Garut
  • Sri STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i2.311

Keywords:

pendekatan contextual teaching and learning, CTL, prestasi belajar

Abstract

Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika, salah satu caranya adalah dengan menggunakan pendekatan CTL, karena dalam pendekatan CTL disamping pembelajarannya dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, anak juga dituntut aktif dalam memecahkan masalah. Dalam penelitian ini desain penelitiannya yang digunakan adalah deskriftif korelasional dari hasil penelitian diperoleh hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan prestasi belajar siswa dibidang matematika sebesar 0,612. Ini menunjukan tingkat korelasinya sangat kuat dimana fhitung(7,198) > ftabel (4,75) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan prestasi belajar siswa dibidang matematika.

References

Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Howey, Kenneth, et all. (2001). Contextual Teaching And Learning : preparing Teacher to Enchance Student Succes in the Workplace and Beyond. Washington: American Association of College for Teacher Education.

Depdiknas, (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Ridwan, (2007). Metode dan Teknik Penyusunan Tesis, Bandung : Alfabeta.

Ruseffendi,E.T, (1991). Pengantar Kepala Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Tarsito Bandung.

Senjaya, Wina. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta : Kanisius

Downloads

Published

2014-05-30

How to Cite

Sadiyono, B., & Sri. (2014). Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Bidang Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 67–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i2.311

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.