Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Teknisi Lab Dengan Multi Kriteria Menggunakan Metode Ahp (Analytic Hierarchy Process)

Authors

  • Andri Suryadi STKIP Garut
  • Dian Nurdiana STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.324

Keywords:

sistem pendukung keputusan, hardskills, softskills, AHP, analytic hierarchy process

Abstract

Dalam proses perekrutan calon pegawai ada beberapa kategori kemampuan diambil untuk mendapatkan calon pegawai yang terbaik. Kategori kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan hardskills dan softskills. Namun, dengan adanya kategori tersebut menjadi sulit bagi tim seleksi untuk mendapatkan keputusan yang terbaik terutama dalam relasi antar kategori yaitu kolaborasi hardskills dan softskills. Oleh karena itu dibutuhkan suatu metode untuk dapat menyelesaikan pengambilan keputusan dengan banyak kategori. AHP (analytic hierarchy process) merupakan metode yang dapat menyelesaikan masalah pengambilan keputusan berdasarkan banyak kategori. Kemampuan hardskills dan softskills dapat dikolaborasikan menggunakan AHP (analytic hierarchy process) sehingga keterkaitan antara kategori menjadikan proses perekrutan menjadi optimal.

References

Husna, Jazimatul arba’i. (2012) Penerapan Soft Skill Bagi Pustakawan Dalam Meningkatkanmutu Perpustakaan

Kartika, Azariah.(2012). Hubungan Antara Hardskills Dan Softskills. Gunadharma

Simri, wayan wicaksana (2012).

Softskills.Gunadharma

Turban, 2005, Decision Support Systems and Intelligent Systems ( Sistem pendukungkeputusan dan system cerdas ) Jilid 1, Andi Offset, Yogyakarta.

Saaty, T.L., 2004. Decision making- the analytic hierarichal process and the analytic network process. Journal of Systems Science and Systems Engineering. Vol 13(1) : 35.

Pare, Selfina; Kati, Oktavianus, 2012. Sistem pendukung keputusan pemilihan program studi pada perguruan tinggi. USAMUS Merauke.

Fatih, D.R., dkk 2011, DSS untuk rekomendasi pemilihan jurusan pada perguruan tinggi bagi siswa SMU. Jurnal Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Setiawan, A.,dkk, 2011, perancangan dan pembuatan aplikasi decision support system pada departemen HRD dan pembelian dengan menggunakan metode analytical hierarchy process (AHP), jurnal Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika – Universitas Kristen Petra

Maharrani, R.H., dkk, 2010, Penerapan metode analytical hierarchy Process dalam penerimaan karyawan pada PT. PASIR BESI

INDONESIA.Jurnal Teknologi Informasi, Volume 6 Nomor 1,

April 2010, ISSN 1414-9999

Astuti, Yuli. Ahp Untuk Pemodelan Spk. Stikik Amikom Yogyakarta

Downloads

Published

2015-01-30

How to Cite

Suryadi, A., & Nurdiana, D. (2015). Sistem Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Teknisi Lab Dengan Multi Kriteria Menggunakan Metode Ahp (Analytic Hierarchy Process). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.324

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.