Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa

Authors

  • Ari Riswanto STKIP PGRI Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.419

Keywords:

Model Cooperative Learning, metode TAI (Team Assisted Individualiazation), Motivasi Belajar Mahasiswa, Matematika Ekonomi

Abstract

Dalam dunia pendidikan keberhasilan yang maksimal dapat dilakukan dengan membuat berbagai prediksi dan perbaikan terhadap berbagai kekurangan yang ditemui, hal ini akan berimplikasi pada hasil belajar yang didapat oleh peserta didik. penilaian hasil belajar akan menjadi hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, sehingga merupakan satu hal yang wajib dilakukan dan menjadi tolok ukur proses pendidikan, hal ini akan tercermin salah satunya adalah dari motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini berfokus pada sejauhmana model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualiazation) berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan metode eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan 32 mahasiswa sebagai kelompok eksperimen dan    32 mahasiswa lain sebagai kelompok kontrol. Analisis yang dilakukan mulai dari analisis uji validitas, reliabilitas, taraf keusukaran, uji beda dan analisis uji hipotesis. Sedangkan kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran tipe TAI, dengan tingkat motivasi belajar mahasiswa yang lebih baik pada materi matematika ekonomi. Adapun saran yang dapat di berikan  pada peneliti selanjutnya adalah jika akan menggunakan Model Cooperative Learning metode TAI (Team Assisted Individualiazation) dalam melakukan penelitiannya harus memperhatikan aspek lain seperti aspek psikomotor sehingga hasil penelitian lebih baik dan sempurna.

References

F. Jalal. Reformasi Pendidikan dalam konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita, 2001.

UNDP. “Godwill Ambassador,” 2016. [Online]. Available: http://www.undp.org.

T. Hiraoka, G. Neubig, S. Sakti, T. Toda, and S. Nakamura, “Learning cooperative persuasive dialogue policies using framing,” Speech Commun., vol. 84, pp. 83–96, 2016.

Daryanto, Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media, 2012.

A. Markou, J. D. Salamone, T. J. Bussey, A. C. Mar, D. Brunner, G. Gilmour, and P. Balsam, “schizophrenia,” pp. 1–17, 2013.

G. Simona, “Optimization of Training Strategies – A Study on Learners’ Motivation and Satisfaction,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 180, no. November 2014, pp. 808–813, 2015.

Sumiati & Asra, Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana prima, 2009.

L. Hakiim, Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima, 2009.

M. Barak, A. Watted, and H. Haick, “Motivation to learn in massive open online courses: Examining aspects of language and social engagement,” Comput. Educ., vol. 94, pp. 49–60, 2016.

R. E. Slavin, Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. B: Nusa Media, 2005.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya, 2009.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta., 2006.

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Riswanto, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 293–304. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.419

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.