Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika

Authors

  • Silvia Fitriani Universitas Batanghari Jambi
  • Ayu Yarmayani Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.472

Keywords:

rubric, berpikir kreatif, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik produk pengembangan rubrik keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi program linier dan mengetahui Kelayakan rubrik ketrampilan berfikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika, melalui penilaian guru matematika SMA sebagai pengguna dan pertimbangan validasi (ahli). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan yaitu 4D, model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap sesuai dengan namanya, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Karena keterbatasan waktu maka penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap develop (pengembangan). Berdasarkan penilaian dari validator dan guru, instrumen yang dikembangkan sudah layak dan dapat diterapkan  untuk siswa kelas XI IPA.

References

Nitko, A. J., 2001. Educational Assessment of Students Third Edition. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Ormrod, J. E., 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, edisi-6, Terjemahan Dra. Wahyu Indianti, M.Si, Erlangga, Jakarta.

Runco, M. A., 2007. Creativity Theories and Themes: Research, Development, and Practice. America: Elsevier.

Santrock, J.W., 2008, Psikologi Pendidikan, edisi-2, Terjemahan T.Wibowo, Prenada Media Group, Jakarta.

Silver, Edward A., 1997, Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing.

Solso, R. L., dkk. 2005. Cognitive Psychology Sevent Edition. New York: Pearson.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Fitriani, S., & Yarmayani, A. (2018). Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 33–38. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.472

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.