Pengembangan Rubrik Berpikir Kreatif Siswa Menengah Atas dalam Menyelesaikan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.472Keywords:
rubric, berpikir kreatif, pemecahan masalahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik produk pengembangan rubrik keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi program linier dan mengetahui Kelayakan rubrik ketrampilan berfikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika, melalui penilaian guru matematika SMA sebagai pengguna dan pertimbangan validasi (ahli). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan yang digunakan yaitu 4D, model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap sesuai dengan namanya, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Karena keterbatasan waktu maka penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap develop (pengembangan). Berdasarkan penilaian dari validator dan guru, instrumen yang dikembangkan sudah layak dan dapat diterapkan untuk siswa kelas XI IPA.
References
Nitko, A. J., 2001. Educational Assessment of Students Third Edition. New Jersey: Merrill Prentice Hall.
Ormrod, J. E., 2009. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, edisi-6, Terjemahan Dra. Wahyu Indianti, M.Si, Erlangga, Jakarta.
Runco, M. A., 2007. Creativity Theories and Themes: Research, Development, and Practice. America: Elsevier.
Santrock, J.W., 2008, Psikologi Pendidikan, edisi-2, Terjemahan T.Wibowo, Prenada Media Group, Jakarta.
Silver, Edward A., 1997, Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem Posing.
Solso, R. L., dkk. 2005. Cognitive Psychology Sevent Edition. New York: Pearson.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.