Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran

Authors

  • Senja Noviani Dewi IKIP Siliwangi
  • Eva Dwi Minarti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.500

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Lingkaran, Mathematical Problem Solving Abilities, Circle

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara self-confidence siswa dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa  SMP Negeri di Kota Bandung. Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 35 orang yang ditetapkan secara purposif pada salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen tes dan nontes, adapun instrumen tes sebanyak 6 soal untuk menganalisa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sedangkan instrumen nontes sebanyak 25 skala pernyataan yang digunakan untuk menganalisa self confidence siswa dalam pembelajaran matematik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah secara signifikan Self-confidence siswa pada pembelajaran matematika berpengaruh secara positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.

In general, the purpose of this research is to find out whether there is a relationship between students’ self-confidence and students’ mathematic problem-solving skills. The method of this research is a survey method with a correlation technique. The population of this research is students of a state junior high school in Bandung. While the sample of this research is 35 students which is decided by purposif sampling in a state junior high school in Bandung. The instruments in this research are test and non-test instruments, in which test instrument consists of six questions to analyze students’ mathematic problem-solving skills, while the non-test instrument consists of twenty-five scale statements which are used to analyze students’ self-confidence in mathematic learning. The conclusion of the result of this research is significantly, confidence in mathematic learning influences students’ mathematic problem-solving.

References

Ardiantari, N. L. P. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Tema Cita- Citaku Siswa Kelas IV B SD Negeri 8 Pemecutan. Jurnal Undiksa Vol.3.no.1, 8.

Coughlan S. (2015). Asia Peringkat Tertinggi Sekolah Global Indonesia Nomor 69. Koresponden Pendidikan BBC. Diakses tanggal 24 Februari 2018 dari www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/05/150513_majalah_asia_sekolah_terbaik.

Fitriani, N. (2015). Hubungan antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, vol.2, No.2.

Hendriana, H. dan Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E.,Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Minarti, E. D. dan Senjayawati, E. (2015). Studi Komperatif Penerapan Pendekatan Kontekstual dan Pendekatan Kontekstual Bersetting Pembelajaran Cooperatif Script Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMK di Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi vol.2.no.2.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Suhardita, K. (2010). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Skripsi UPI tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Prosiding Seminar Nasional Matematika UPI Bandung.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 5, Nomor 2.

Tresnawati., Hidayat, W., Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education vol.2.no.2.

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematik, dan Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika. Bandung: Disertasi PPS IKIP Bandung: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Dewi, S. N., & Minarti, E. D. (2018). Hubungan antara Self-Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 189–198. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.500

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.