Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid

Authors

  • Mohammad D Sundawan Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Wawan Irmawan Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Herri Sulaiman Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.565

Keywords:

kemampuan relasional abstrak, geometri non-euclid, soal non-rutin

Abstract

Bagi calon guru matematika, kemampuan berpikir relasional abstrak sangat mutlak diperlukan untuk menunjang kompetensinya sebagai calon guru yang profesional di masa mendatang, sehingga untuk mengetahuinya dapat dilakukan uji dengan memberikan soal-soal non-rutin geometri non Euclid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeteksi kemampuan berpikir relasional abstrak calon guru matematika dalam menyelesaikan soal-soal non-rutin. Metode kualitatif digunakan pada penelitian ini. Subjeknya ialah tiga orang mahasiswa tingkat akhir di Keguruan Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) yang dipilih berdasarkan hasil dari nilai kemampuan akademik tinggi. Teknik untuk menganalisis suatu data dilakukan dengan cara mereduksi data terlebih dahulu, kemudian data disajikan, selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan, dan tahap akhir yaitu dapat diverifikasi hasil penelitian tersebut. Penelitian ini dapat mengetahui bahwa subjek telah memenuhi kemampuan berpikir relasional abstrak dengan fungsi kognitifnya. Sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir relasional abstrak bagi calon guru matematika program studi pendidikan matematika Universitas Swadaya Gunung Jati sudah beberapa yang memiliki dan terdeteksi sesuai dengan fungsi kognitif yang ada.

References

Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105-116.

Firmasari, S., & Herri, S. (2019). Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Induksi Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 1-9.

Fitriyani, H., & Khasanah, U. (2017). Student’s Rigorous Mathematical Thinking Based on Cognitive Style. J. Phys.: Conf. Ser. 943012055

Kinard, J. T., & Kozulin, A. (2008). Rigorous Mathematical Thinking Conceptual Formation in the Mathematics Classroom. (New York: Cambridge University Press).

Maharani, A., Sulaiman, H., Aminah, N., Rosita, C. D. (2019). Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. Journal of Physics: Conferences Series, Vol 1188, 012066-012073.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44.

Raharjo, J. F., & Sulaiman, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Diskrit Dan Pembentukan Karakter Konstruktivis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Aplikasi Education Edmodo Bermodelkan Progresif Pace (Project, Activity, Cooperative and Exercise). Jurnal Teorema, 2(1), 1-12.

Ramdhani, S. (2017). Kemampuan Penalaran Analogis Santri dalam Geometri: Penelitian Kualitatif di Sebuah Pondok Pesantren. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 385-396.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298.

Yunita, D. R., Maharani, A., & Sulaiman, H. (2019). Identifying of Rigorous Mathematical Thinking on Olympic Students in Solving Non-routine Problems on Geometry Topics. Atlantis Press: Advance in Social Sciences, Education and Humanities Research, Vol 253, 495-499.

Yusri, A. Y. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Kelas VIII SMP di Sibatua Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 407-418.

Zubaidah, A. Y. (2012). Identifikasi Kemampuan Berpikir Matematis Rigor Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Kemampuan Matematika Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Pecahan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Sundawan, M. D., Irmawan, W., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 319–330. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.565

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.