Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika

Authors

  • Mulia Suryani STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Lucky Heriyanti Jufri STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Tika Artia Putri STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.597

Keywords:

Kemampuan Awal Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning, Early Mathematical Ability, Mathematical Problem-Solving Ability

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menyebabkan siswa kurang mampu menyelesaikan soal yang bersifat non rutin dan siswa masih kurang mengembangkan ide dan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Problem Based Learning berdasarkan Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model Problem Based Learning menjadi lebih baik. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 12 Padang yang terdiri dari 32 orang. Siswa yang awalnya berkemampuan rendah meningkat menjadi siswa berkemampuan sedang dengan peningkatan sebesar 75 %. Siswa yang awalnya tergolong berkemampuan sedang meningkat menjadi siswa berkemampuan tinggi sebesar 26 %. Siswa sudah mampu 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana penyelesaian, 3) melaksanakan penyelesaian, dan 4) mengecek kembali jawaban.

The lack of students' mathematical problem-solving skills causes students to be less able to solve problems that are non-routine and students are still lacking in developing their ideas and abilities. This study aims to determine students 'mathematical problem-solving abilities through the Problem Based Learning model based on students' Early Mathematical Ability (KAM). The research method used is qualitative. The results of this study indicate that students' mathematical problem-solving abilities through the Problem Based Learning model are better. The sample in this study were students of class VIII-7 Middle School 12 Padang consisting of 32 people. Students who were initially low-skilled increased to moderate-capable students with an increase of 75%. Students who were initially classified as capable were increasing to high-ability students by 26%. Students can 1) understand the problem, 2) draw up a settlement plan, 3) carry out the solution, and 4) re-check the answers.

References

Afriansyah, E. A. (2014). What Students’ Thinking about Contextual Problems is. International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education. Innovation and Technology for Mathematic, 279-288. Department of Mathematics Education Faculty of Mathematics and Natural Science Yogyakarta State University.

Afriansyah, E. A. (2016). The Use of Realistic Approach to Enhance Students' Mathematical Problem Solving Skills. International Conference on Elementary and Teacher Education ICETE.

Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., Sundayana, R. (2019). The analysis of mathematics with ATLAS.ti. Journal of Physics: Conference Series, 1402(7), 077097.

Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif Di Sma Negeri 1 Indralaya Utara. 3(1), 25–34.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435-446. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534

Burton, L. (1980). The teaching of mathematics to young children using a problem solving approach. Educational Studies in Mathematics, 11(1), 43–58. https://doi.org/10.1007/BF00369159.

Depdiknas. (2001). Penyusunan Butir Soal dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Depdiknas.

Elita, G., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266.

Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.1073/pnas.0703993104

Hidayatullah, A. (2012). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Promlem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jakarta.

Johar, R. (2011). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. 1(1), 30–41.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Muliyardi. 2002. Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: Universitas Negeri Padang

Moleong, L . (2010). Metodologi Penlitan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18.

Sopian, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Resource Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 97-107.

Sumarmo, U. (1994). Suatu Alternatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMP. Bandung

Sumartini, T. S. (1981). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Folia Morphologica, 29(4), 336–338. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.239.g244

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran (1st ed.; Rose Kusumaning Ratri, ed.). Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Upu, H. (2003). Problem Posing dan Problem Solving. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Downloads

Published

2020-01-30

How to Cite

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.597

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.