Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA

Authors

  • Arief A Rahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh
  • Cut E Nasryah STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.615

Keywords:

Efektivitas, Hasil Belajar, Missouri Mathematics Project, analisis deskriptif, siswa SMA, Effectiveness, Learning Outcomes, descriptive analysis, high school students

Abstract

Pembelajaran yang tidak kondusif membuat siswa menjadi sasaran pembelajaran yang pasif, dan hanya menerima konsep dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan model MMP dalam meningkatkan hasil belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) pada siswa kelas X SMAN 1 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMAN 1 Kuala Kabupaten Nagan Raya. subjek penelitian ini adalah X Mia1 SMAN 1 Kuala dengan jumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran MMP efektif pada materi SPLDV dan dapat dilihat dari hasil tes dengan nilai rata-rata uji coba I dan II masing-masing 60,2 dan 74,1. Hasil tersebut menunjukkan secara keseluruhan siswa tuntas belajar karena nilai rata-rata sebesar 74,1 dan memenuhi KKM yang diterapkan yaitu 70.

Non-conducive learning makes students passive learning targets, and only accepts concepts from the teacher. This study aims to describe the effectiveness of the application of the MMP model in improving learning outcomes in the material system of two-variable linear equations (SPLDV) in class X students of SMAN 1 Kuala, Nagan Raya Regency. When the research was conducted in the odd semester of the academic year 2017/2018 at SMAN 1 Kuala Nagan Raya Regency. The subject of this research is X Mia1 SMAN 1 Kuala with a total of 20 students. The instrument used in the study consisted of tests. Data analysis techniques using descriptive analysis. The results showed that the application of the MMP learning model was effective in the SPLDV material and could be seen from the results of the tests with an average score of trials I and II respectively 60.2 and 74.1. These results indicate overall students have finished learning because the average value of 74.1 and meet the applied KKM is 70.

References

Afriansyah, E. A. (2016). The Use of Realistic Approach to Enhance Students' Mathematical Problem Solving Skills. International Conference on Elementary and Teacher Education ICETE.

Anugrahana, A. (2012). Pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik terhadap aktivitas siswa dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. DIDAKTIKA, 3(2).

Budianto. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Bilangan Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 413-424.

Budiarti, V., & Lestariningsih, L. (2018). Profil Penyelesaian Soal Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 273-284.

Erin, & Maharani, E. (2018). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 337-344.

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107-118.

Haloho, S. H. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Doctoral dissertation, Universitas Negeri semarang).

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Kurniasari, V. H. D., & Susanto, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana Dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X Sma Negeri Balung Semester Ganjil Tahun. Pancaran Pendidikan, 4(2), 153-162.

Latifah, D., & Madio, S. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 159-168.

Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425-432.

Lisnani, & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345-356.

Lubis, S. H. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas X Tav SMK Negeri 1 Batang Angkola. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 61-66.

Mubarok, D. M., & Nanang. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Antar Siswa yang Mendapatkan Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) dan Jigsaw. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-12.

Murtiyasa, B. (2016). Isu-Isu Kunci dan Tren Penelitian Pendidikan Matematika. PROSIDING Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nanang. (2012). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Melalui Pendekatan Metakognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-8.

Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di Kelas 5 Sd Negeri Inpres115495 Sisumut Kota Pinang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Nawi, M. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas (SWASTA) Al Ulum Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nopendra, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematikamenggunakan Metode Missouri Mathematic Project Pada Siswa Smp Bina Satria Medan Tp 2016/2017 (Doctoral dissertation).

Nurjannah, N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menerapkan Model Missouri Mathematics Project Di SMP Negeri 9 Parepare (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Nurmayanti, N., Miliyawati, B., & Rahmah, M. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model MMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), pp. 60-67.

Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122-130.

Purwanti, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP). Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253-266.

Rahman, A. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Implementasi Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbantuan Alat Peraga Pada Siswa Kelas VIII SMP N 5 Meureubo. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Rahman, A. A., & Fauziana, F. (2018). Analisis Faktor Eksternal Penyebab Kesulitan Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Scientific Approach. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Ridia, N. S. & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.

Rukayah, R. (2012). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Semester II materi” Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Pecahan” melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MI Bangunsari Kecamatan Pageruyung Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381-388.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Sundayana, R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Praktikum Analisis Data Statistik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 35-42.

Suryati, S., Matsum, J. H., & Asriati, N. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UNTAN, 5(2).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1 (26), 263-278.

Winarti, W., & Haq, C. N. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Brain Based Learning dengan Numbered Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 65-76.

Yantri, I. D. (2017). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Model Missouri Mathematics Project Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Di Pekanbaru (Doctoral dissertation, UIN Sultan Syarif Kasim Riau).

Downloads

Published

2020-05-30

How to Cite

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335–346. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.615

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.