Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika Menurut Soedjadi pada Materi Determinan dan Invers Matriks

Authors

  • Restu Ayu Gustianingrum Universitas Riau
  • Kartini Gustianingrum Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.657

Keywords:

analisis, determinan dan invers matriks, kesalahan siswa, analysis, determinan and inverse matrices, student error

Abstract

Sebagian besar siswa terkadang membuat kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal matematika baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal pada materi determinan dan invers matriks. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara secara daring. Subjek penelitian yaitu 30 siswa XI MIA 1 MAN 3 Kota Pekanbaru tahun pelajaran 2020/2021. Analisis kesalahan siswa dilihat berdasarkan objek matematika menurut Soedjadi yaitu fakta, konsep, prinsip, dan operasi. Hasil analisis kesalahan menunjukkan bahwa kesalahan paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konsep dengan persentase sebesar 17,3%. Penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa adalah siswa belum memahami konsep matriks, siswa lupa dengan konsep matriks dan kurang teliti dalam melakukan operasi perhitungan. Dalam pembelajaran, hendaknya guru tidak mengajarkan siswa untuk menghafalkan rumus namun lebih mengutamakan pemahaman konsep siswa.

Most students sometimes make mistakes in solving math problems, either deliberately or unintentionally. This study aims to analyze the errors made by students in working on the questions on the determinant and inverse matrix material. This type of research is qualitative research. The data collection techniques used were online test and interview techniques. The research subjects were 30 students of XI MIA 1 MAN 3 Pekanbaru City in the 2020/2021 school year. Analysis of student errors is seen based on mathematical objects according to Soedjadi, namely facts, concepts, principles, and operations. The results of the error analysis showed that the most mistakes made by students were misconceptions with a percentage of 17.3%. The cause of the errors made by students is that students do not understand the concept of the matrix, students forget the concept of the matrix, and are not careful in performing calculation operations. In learning, the teacher should not teach students to memorize formulas but prioritize students' understanding of concepts.

References

Ainin, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 137-147.

Aly, B. F. N., Sujadi, A. A., & Taufiq, I. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. Union Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 135-144.

Cahyani, C. A., & Sutriyono. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26-30.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012025). IOP Publishing.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1),67-75.

Fausan, Sugita, G., & Sukayasa. (2019). Profil Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matriks Berdasarkan Jenis Kelamin di SMA Negeri 7 Palu. Aksioma, 8(2), 110-124.

Depdikbud. (2014). Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMP. Jakarta: BNSP

Gerhani, J., Bey, A., & La Ndia. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Materi lingkaran Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 7(2), 99-112.

Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan PJJ di masa Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 6(1), 98-106.

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 55-64.

Indraswari, N. F., & Fitriyah, L. M. (2019). Penalaran Aljabar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Relasi Rekursif Ditinjau dari Gaya Kognitif. SIGMA, 4(2), 38-44.

Krismantono, R. R., & Purnami, A. S., (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Enomatnesia.

Kunwar, R. (2020). Math mania: meaning, problems and ways of effective teaching and learning mathematics at basic level education in Nepal. International Journal of Science and Research (IJSR). (9), 8, 1136-1141.

Licorish, S. A., Owen, H. E., Daniel, B., & George, J. L. (2018). Students’ perception of Kahoot!’s influence on teaching and learning. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 13(1), 1-23.

Lucas, R. I., Promentilla, M. A., Ubando, A., Tan, R. G., Aviso, K., & Yu, K. D. (2017). An AHP-based evaluation method for teacher training workshop on information and communication technology. Evaluation and program planning, 63, 93-100.

Lusiana, R. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Himpunan ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika,10(1), 24–29.

Muda, H. H., Alhaddad, I., & Saidi, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(2).

Nuraini, N. L. S., Suhartono., & Yuniawatika. (2016). Kesalahan Siswa pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 168-175.

Nuritasari, F., Hasanah, S. I., & Sholehoddin, A. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Matriks di Kelas XI MA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(2), 108-117.

Nurkamilah, P., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Bilangan Berpangkat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 49-60.

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1).

Ramziah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X2 SMAN 1 Gedung Meneng Menggunakan Bahan Ajar Matriks Berbasis Pendekatan Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 138-147.

Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade SMP konten aljabar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 233-243.

Shafira, R., Suanto, E., & Kartini, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berorientasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 401-410.

Suciati, I., & Wahyuni, D. S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V SDN Pengawu. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 129-144.

Sun, Z., Xie, K., & Anderman, L. H. (2018). The role of self-regulated learning in students' success in flipped undergraduate math courses. The Internet and Higher Education, 36, 41-53.

Tamba, K. P. (2020). Analisis Kesalahan Pada Materi Kuantifikasi Menggunakan Matriks Enam Sel. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 102-115.

Tasya, R. N. N., Rahayu, E. S., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kesalahan Operasi Hitung Siswa SMK pada Materi Matriks dengan Pedekatan Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1851–1853.

Wahyuningsih, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Matriks di SMA YABT Manokwari. Jurnal Perspektif Pendidikan, 14(2), 67-77.

Wulanndari, Q. D. C. A. (2016). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Matriks pada Siswa Kelas X MAN Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi pada Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Gustianingrum, R. A., & Gustianingrum, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika Menurut Soedjadi pada Materi Determinan dan Invers Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 235–244. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.657

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 41 42 43 44 45 46 

You may also start an advanced similarity search for this article.