Penggunaan Jurnal Reflektif pada Pembelajaran Matematika untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Aning Wida Yanti UIN Sunan Ampel
  • Nabella Ayu Novitasari SD Islam Sabilillah

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.665

Keywords:

Jurnal Reflektif, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika, Reflective Journal, Mathematical Communication, Mathematics Learning

Abstract

Banyak siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika, namun guru tidak mempunyai banyak informasi, sehingga guru tidak dapat memberikan solusi yang terbaik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan respon siswa, hasil belajar siswa, serta mndeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan jurnal reflektif. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan subjek siswa kelas VII-E di SMPN 6 Sidoarjo. Instrumen yang digunakan meliputi angket respon siswa, tes hasil belajar, dan wawancara. Analisis data kemampuan komunikasi (tulis, lisan) diperoleh dari skor yang diperoleh masing-masing subjek berdasarkan rubrik komunikasi matematis tulis dan lisan, kemudian ditentukan level kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil dan pembahasan didapat bahwa ketuntasan hasil belajar siswa 75% (rerata 78,6), respon siswa baik (3,36), kemampuan komunikasi matematis siswa rendah, sedang dan tinggi masing-masing pada tingkat 3, 4 dan 5.  Penggunaan jurnal reflektif dalam pembelajaran matematika dapat melatih kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar siswa.

Many students have difficulty learning mathematics, but the teacher does not have much information, so the teacher cannot provide the best solution. The purpose of this study was to describe student responses, student learning outcomes, and to describe students' mathematical communication skills in mathematics learning using reflective journals. The research method used is descriptive with a qualitative and quantitative approach with the subject of class VII-E students at SMPN 6 Sidoarjo. The instruments used include student response questionnaires, learning outcomes tests, and interviews. Data analysis on communication skills (written, oral) was obtained from the scores obtained by each subject based on written and oral mathematical communication rubrics, then determined the level of students' mathematical communication skills. Based on the results and discussion, it was found that the completeness of student learning outcomes was 75% (mean 78.6), student responses were good (3.36), students' mathematical communication skills were low, medium, and high at levels 3, 4 and 5 respectively. reflective in mathematics learning can train mathematical communication skills and student learning outcomes.

References

Acharya, B. R. (2017). Factors affecting difficulties in learning mathematics by mathematics learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8-15.

Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 203–213.

Astriani, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 77–85.

Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31-47.

Bashan, B., & Holsblat, R. (2017). Reflective journals as a research tool: The case of student teachers’ development of teamwork. Cogent Education, 4(1), 1374234.

Bruno, A., & Dell’Aversana, G. (2017). Reflective practice for psychology students: The use of reflective journal feedback in higher education. Psychology Learning & Teaching, 16(2), 248-260.

Chi, M., & VanLehn, K. (2010). Metacognitive Strategy Instruction in Intelligent Tutoring Systems: How, when, and why. Educational Technology and Society, 13(1), 25–39.

Dedy, H. (2015). Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna. Jakarta: USAID DBEJ.

Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2), 145-155.

Faizin, K. (2018). Pemanfaatan Jurnal Refleksi sebagai Strategi Metakognitif dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 33–47.

Heggart, K. R., & Yoo, J. (2018). Getting the most from google classroom: A pedagogical framework for tertiary educators. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 9.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-18.

Husna, Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Koooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang, 1(2), 81-92.

Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif . Jakarta: Erlangga.

Kartono, & Imron, A. (2011). Penerapan Teknik Penilaian Learning Journal pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Segiempat. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2(1), 57–71.

Kumalaretna, W. N. D., & Mulyono, M. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 195-205.

Liawati, R., & Wijayanti, P. (2020). Profil Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Self Efficacy. MATHEdunesa, 9(2), 382–391.

Marfiah, D. Y., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 1-15.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, L., Pantiwati, Y., & Rofieq, A. (2016). Penggunaan Jurnal Belajar dalam Pembelajaran Class Wide Peer Tutoring terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 273–273.

Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197–203.

Nuraeni, R. (2018). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Group Investigation dengan Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 219-228.

Pitriani, E., Rohana, R., & Ningsih, Y. L. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reflektif di SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 142-155.

Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan metode drill untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada topik persamaan garis lurus [The implementation of the drill method to increase mathematical communication skills of grade 8 students in linear equations topics at SMP Lentera Way Pangubuan]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135-149.

Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203-210.

Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2).

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-32.

Rittle-Johnson, B., Zippert, E. L., & Boice, K. L. (2019). The roles of patterning and spatial skills in early mathematics development. Early Childhood Research Quarterly, 46, 166-178.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263-274.

Robiana, A., & Handoko, H. (2020). Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521-532.

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan Modul matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22.

Simamora, R. E., & Saragih, S. (2019). Improving Students' Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61-72.

Suprananto, & Kusaeri. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesme. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Yanti, A. W., & Novitasari, N. A. (2021). Penggunaan Jurnal Reflektif pada Pembelajaran Matematika untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 321–332. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.665

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 39 40 41 42 43 44 45 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.