Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus 1

Authors

  • Tedy Machmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Rinaldi A. Pusi Universitas Negeri Gorontalo
  • Khardiyawan A.Y. Pauweni Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.726

Keywords:

Disposisi Matematis, Kalkulus 1, Mahasiswa, Mathematical Disposition, Calculus 1, Students

Abstract

Disposisi matematis adalah salah satu aspek afektif yang perlu diperhatikan dalam proses perkuliahan, sebab disposisi matematis juga dapat menunjang keberhasilan belajar dalam mengikuti perkuliahan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan disposisi matematis mahasiswa Pendidikan Matematika pada mata kuliah Kalkulus 1 di Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian melibatkan mahasiswa pendidikan matematika yang berjumlah 47 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, yang didampingi dengan observasi partisipatif. Disposisi matematis dilihat dari 6 indikator yaitu: (1) Percaya diri; (2) Kegigihan dan Ketekunan; (3) Fleksibel; (4) Minat dan Keingintahuan; (5) Refleksi; (6) Apresiasi. Data dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata disposisi matematis mahasiswa sebesar 69,57% yakni dengan kategori sedang. Persentase jumlah mahasiswa program studi pendidikan matematika dengan tingkat disposisi matematis yang tinggi, sedang dan rendah berturut-turut adalah 14,89%, 68,09% dan 17,02%.

Mathematical disposition is an affective aspect that needs to be developed and improved during lectures because mathematical disposition can support learning success in attending lectures. This study aims to describe the mathematical disposition of Mathematics Education students in the Calculus 1 course at the State University of Gorontalo. The subjects of this study were students of mathematics education, amounting to 47 students. The instrument used is a questionnaire, which is accompanied by participatory observation. To measure the mathematical disposition of mathematics education students in the calculus 1 course, it can be seen from 6 indicators, which are: (1) Confidence; (2) Persistence and Perseverance; (3) Flexible; (4) Interests and Curiosities; (5) Reflection; (6) Appreciation. Data were analyzed quantitatively in the form of percentages. The results showed that in general the average mathematical disposition of students was 69.57%, namely in the medium category. The percentages of students in the mathematics education study program who have high, medium, and low levels of mathematical disposition are 14.89%, 68.09%, and 17.02%, respectively.

References

Ab, J. S., Margono, G., & Rahayu, W. (2019, February). The logical thinking ability: Mathematical disposition and self-regulated learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1155, No. 1, p. 012092). IOP Publishing.

Aziz, T. A., & Akgül, M. B. (2020). Proses Kognitif dan Metakognitif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 71-86.

Berliana, D. P., & Sholihah, U. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Self-Efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 243-254.

Checa, D., & Bustillo, A. (2020). A review of immersive virtual reality serious games to enhance learning and training. Multimedia Tools and Applications, 79(9), 5501-5527.

Christensen, R., & Knezek, G. (2020). Indicators of middle school students' mathematics enjoyment and confidence. School Science and Mathematics, 120(8), 491-503.

Cooper, K. M., Gin, L. E., Akeeh, B., Clark, C. E., Hunter, J. S., Roderick, T. B., ... & Brownell, S. E. (2019). Factors that predict life sciences student persistence in undergraduate research experiences. PLoS One, 14(8), e0220186.

Diningrum, P. R., Ahar, E., & Faradilah, A. (2018). Hubungan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 27 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

Dolapcioglu, S., & Doğanay, A. (2022). Development of critical thinking in mathematics classes via authentic learning: an action research. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(6), 1363-1386.

Falani, I., & Nurhidayati, R. (2021). Studi Tentang Peranan Online Game pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 7-13.

Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self-Confidence) Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Problem Based Learning. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39-51.

Fatimah, E. S., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan koneksi matematis berdasarkan disposisi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 69-82.

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87-100.

Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353-364.

Fuady, A. (2016). Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 104-112

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hu, D., Chen, K., Leak, A. E., Young, N. T., Santangelo, B., Zwickl, B. M., & Martin, K. N. (2019). Characterizing mathematical problem solving in physics-related workplaces using epistemic games. Physical Review Physics Education Research, 15(2), 020131.

Jamiah, Y. (2018). Disposisi Matematis Dan Pembelajaran Humanis Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2), 12-27.

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128-138.

Killham, J. E., Estanga, L., Ekpe, L., & Mejia, B. (2022). The strength of a tigress: an examination of Latina first-generation college students’ tenacity during the rapid shift to remote learning. Journal of Research on Technology in Education, 54(sup1), S253-S272.

Lukman, H. S. (2021). Analisis masalah belajar mahasiswa pada materi integral ditinjau dari perspektif disposisi matematis. Jurnal Analisa, 7(2), 185-194.

Manik, H., Sihite, A. C., Manao, M. M., Sitepu, S., & Naibaho, T. (2022). Teori Filsafat Humanistik dalam Pembelajaran Matematika. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 348-355.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem based learning dalam pembelajaran matematika: upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2).

Nasution, A. S., Ramadhani, & Pulungan, R. (2020). Disposisi Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Transformasi. Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2019. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.

Nendra, I. W. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Mengoptimalikan Model Pembelajaran Problem Solving Siswa Kelas VIII A SMP Widya Sakti Denpasar. Jurnal Nalar: Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 9-18.

Nurfitriyanti, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Disposisi Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa. Jurnal SAP, 2(1), 84-93.

Nursyam, A. (2019). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal An Nisa’, 12(2), 679-688.

Oktariani, O. (2018). Peranan self-efficacy dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 45-54.

Permatasari, R. P. D., & Afriansyah, E. A. (2022). Kendala orang tua dalam mendampingi siswa ditinjau dari hasil belajar matematika secara online. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 27-36.

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.

Rahlan, I., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Representasi dan Disposisi Matematis Siswa Melalui CTL dan SAVI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 493-504.

Rahmawati, N. A. (2013). Profil Fleksibilitas Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Persamaan Linier Satu Variabel Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal MATHdunesa, 2(30), 1-12.

Ramdani, Y., Mohamed, W. H. S. W., & Syam, N. K. (2021). E-learning and academic performance during covid-19: The case of teaching integral calculus. International Journal of Education and Practice, 9(2), 424-439.

Riswani, R. (2018). Kejenuhan di Kalangan Guru Bimbingan dan Konseling di SMAN Provinsi Riau. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(2), 92-104.

Sepulveda-Escobar, P., & Morrison, A. (2020). Online teaching placement during the COVID-19 pandemic in Chile: challenges and opportunities. European Journal of Teacher Education, 43(4), 587-607.

Septiani, D. R., & Purwanto, S. E. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 141-148.

Shinta, J. B. P., & Kusmiyanti, K. (2021). Pengaruh Locus Of Control Pada Motivasi Belajar Taruna Madya Poltekip Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. PeTeKa, 4(2), 167-181.

Sugiyanti & Prasetyowati, (2017). Profil Disposisi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 146-157.

Sun, H., Zhang, Y., Baleanu, D., Chen, W., & Chen, Y. (2018). A new collection of real-world applications of fractional calculus in science and engineering. Communications in Nonlinear Science and Numerical Simulation, 64, 213-231.

Surat, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Apresiasi Matematika dan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2017/2018. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 8-17.

Sormin, M. A., Mukhtar, & Syahputra. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw di SMP Muhammadiyah Kota Padangsidimpuan. Jurnal PARADIKMA, 1(2), 165-180.

Suprihatin, T., & Rohmatun. (2020). Ketekunan Akademik Pada Siswa SMA X Semarang Di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Berskala Psikologi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Trisnowali, A. (2015). Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal of EST, 1(3), 47-57.

Utami, N. W. (2011). Optimalisasi Sumber Belajar Dalam Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UPY.

Zetriulista. (2016). Profil Kemampuan Disposisi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Level Akademik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FKIP Unsgawati.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Machmud, T., Pusi, R. A., & Pauweni, K. A. (2022). Deskripsi Disposisi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus 1. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 349–358. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.726

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.