Ethnomathematics: Exploration of Geometry from Karang Bayan Ancient Mosque in Elementary School Mathematics Learning

Authors

  • Gina Mawaddatul Aini Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Intan Dwi Hastuti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Yuni Mariyati Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.824

Keywords:

Etnomatematika, geometri, Masjid Kuno Karang Bayan, Etnomatematics, geometry, Karang Bayan ancient mosque

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeksplorasi filosofis mengenai bangunan serta mengungkap etnomatematika konsep geometri pada Masjid Kuno Karang Bayan, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian etnografi yang akan menjelaskan salah satu bangunaan bersejarah islam di Lombok dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara secara mendalam. Subjek penelitian yaitu dua narasumber yang merupakan penghulu desa dan juru kunci/pemelihara masjid yang paham terhadap aspek sejarah filosofi serta stuktur pada bangunan masjid kuno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat makna filosofi dan unsur-unsur matematika berupa bangun datar dan bangun ruang pada bagian-bagian masjid. Konsep geometri yang ditemukan pada arsitektur Masjid Kuno Karang Bayan antara lain: konsep bangun ruang prisma pada atap masjid, konsep balok ditemukan pada bagian lampen jejait masjid dan bagian tunjeng atap masjid, konsep persegi panjang ditemukan pada pintu masjid.

This study was carried out to uncover the geometric concepts used in an old mosque in Karang Bayan, West Nusa Tenggara, and to explore philosophical ideas about architecture. This qualitative study discussed one of the old Islamic structures in Lombok using an ethnographic research design. Data collecting strategies were observation and in-depth interviews. The research topic involved two resources: the village chiefs and mosque keepers/maintainers who were knowledgeable about the philosophical and architectural history of the mosque. Findings demonstrated the presence of philophosis and mathematical features in the mosque's structural components as flat shapes and building spaces. The Geometry Concepts found in the architecture of the ancient Mosque of Karang Bayan included: 1) Prismal Concepts on the Roof of the Mosque; 2) the concept of the beam was found by the mosque lampen and the mosque roof section; 3) The rectangular concept was found at the mosque door.

References

Bahagia, B., Wibowo, R., Muniroh, L., Al-Wahid, A., Rizkal, R., & Noor, Z. M. (2022). Ethnomathematic Value in Traditional Building in Kampung Budaya Bogor Jawa Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1659–1669.

Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12.

Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111–118.

Diniyati, I. A., Ekadiarsi, A. N., Herdianti, I. A. H., Amelia, T., & Wahidin, W. (2022). Etnomatematika: Konsep matematika pada kue lebaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 247-256.

Fioanini A. D. (2019). Modul Belajar Mandiri Calon Guru Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Matematika. Pembelajaran 3. Geometri. Modul Pendidikan Profesi Guru Modul 2 Pendalaman Materi Matematika.

Hartono, H., & Putra, M. I. R. (2022). Desain LKM elektronik bermuatan etnomatematika pada pakaian adat Dayak Iban dan bahasa Inggris. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 293-304.

Hastuti, I. D., Mariyati, Y., Sutarto, & Supiyati, S. (2022). Etnomathematics: System of Mangse and Determination of Ngandang Rowot on Rowot Sasak Calendar. Res Militaris, 12(2), 2613–2623.

Ilma Indra Putri, R., Somakim, &, Srijaya Negara, J., & Sumatera, S. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. 9(3), 359–370.

Ilyyana, K., & Rochmad, R. (2018). Analysis of problem-solving ability in quadrilateral topic on model eliciting activities learning containing Ethnomathematics. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 130-137.

Iqrima, I., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50.

Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri pada Rumah Joglo Pati. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 89–108.

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99-117.

Kurnia, B., Dewi, N. R., & Dwidayati, N. (2019, October). Ethnomathematics CMP learning-teaching model for improving capabilities in problem solving. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1321, No. 3, p. 032009). IOP Publishing.

Kusaeri, A., & Pardi, M. H. H. (2019). Matematika dan Budaya Sasak: Kajian Etnomatematika di Lombok Timur. Jurnal Elemen, 5(2), 125.

Lakapu, M., Uskono, I. V., Jagom, Y. O., Beda, W., Dosinaeng, N., Leton, S. I., & Djong, K. D. (2021). K r e a n o. 12(1), 75–84.

Laurens, T., Ngilawayan, D., & Pattiasina, J. (n.d.). Jurnal Pendidikan Progresif Ethnomathematics Study of Islands Indigenous Peoples in Maluku. 9(1), 113–122.

Lumbatoruan, J. H. (2019). Buku Materi Pembelajaran Geometri 1.

Maryati, G., & Prahmana, C. (2019). Ethnomathematics: Exploration of the muntuk community. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 47-49.

Meilina, A., Mariana, N., & Rahmawati, I. (2023). Implementasi lkpd pmri dalam materi membilang sampai 20 untuk siswa fase a sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 45-54.

Mubarok, Z. (2019). Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang 3d Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Augmented Reality. Ubiquitous: Computers and Its Applications Journal, 2, 29–38.

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198.

Mukeriyanto, M., Mastur, Z., & Mulyono, M. (2020). The Problem-Solving Ability of Students in the Cooperative Learning Simulation of Kancing Gemerincing Technique with Ethnomathematics Nuances Reviewed by the Cognitive Mode. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 179-184.

Nuqthy, F., Nityana, A. H., & Navia, N. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal berbasis etnomatematika tipe multiple solutions tasks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 495-506.

Nurhidayah, P. S., & Budiyono. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Wringin Lawang terhadap Konsep Geometri Peserta Didik Kelas IV SDN Sadartengah Mojokerto. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 10 nomor 0(3), 483–497.

Pitaloka, D. D. A., & Susanti, M. (2022). Kajian Etnomatematika : Eksplorasi Etnomatematika pada Rumah Adat Joglo Tumiyono di Klaten Jawa Tengah. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 254–261.

Prabawati, M. N., & Muslim, S. R. (2022). Etnomatematika:Filosofi dan Konsep Matematis Kalender Sunda. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 369–378.

Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Ethnomathematics: Soko Tunggal Mosque For Geometry 2D Learning Etnomatematika : Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D. 4(1), 10–22.

Rahmawati, L., Zaenuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Cinta Budaya Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 5(1), 25–32.

Rofiq, A., Damayanti, R., Janan, T., Sitaresmi, P. D. W., & Nuryami, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Agung Kota Probolinggo. AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–11.

Situmorang, A. S. & T. (2020). Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Tingkat SD. Prosiding Webinar Ethnomatematics Magister Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Hkbp Nommensen, 2020, 51–57.

Solikhah, I., & Budiharso, T. (2020). Exploring cultural inclusion in the curriculum and practices for teaching bahasa indonesia to speakers of other languages. Journal of Social Studies Education Research, 11(3), 177-197.

Sulaiman, H., & Nasir, F. (2020). Ethnomathematics: Mathematical aspects of Panjalin traditional house and its relation to learning in schools. 11(2), 247–260.

Sunzuma, G., & Maharaj, A. (2020). Exploring Zimbabwean mathematics teachers' integration of ethnomathematics approaches into the teaching and learning of geometry. Australian Journal of Teacher Education (Online), 45(7), 77-93.

Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in sasaknese architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47–57.

Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083

Sutarto, S., Hastuti, I. D., & Supiyati, S. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Transformasi Geometri Tenun Suku Sasak Sukarara. Jurnal Elemen, 7(2), 324–335.

Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11–20.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Aini, G. M., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2023). Ethnomathematics: Exploration of Geometry from Karang Bayan Ancient Mosque in Elementary School Mathematics Learning . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 517–530. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.824

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.