Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Muhamad Farhan Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Arif Rahman Hakim Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • M. Tohimin Apriyanto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1116

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika, Emotional Quotient, Students Learning Motivation, Math Learning

Abstract

Lemahnya penerapan kecerdasan emosional dalam pembelajaran matematika menyebabkan matematika dianggap sulit oleh siswa. Hal ini menjadi sebab munculnya krisis motivasi dalam belajar matematika. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara empiris kontribusi kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa salah satu SMP Islam Terpadu di Jakarta Selatan, dengan sampel 69 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket kecerdasan emosional dan angket motivasi belajar siswa, masing-masing 30 pernyataan dengan acuan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasional teknik regresi sederhana berbantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional memberikan kontribusi yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika yaitu sebesar 14,3%, sedangkan 85,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kecerdasan emosional perlu diperhatikan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

The weak application of emotional quotient in learning mathematics causes mathematics to be considered difficult by students. This is the cause of the emergence of a crisis of motivation in learning mathematics. This research was conducted to empirically determine the contribution of emotional quotient to students' learning motivation. The research method used is the survey method. The research population is all students of one of the Integrated Islamic Middle Schools in South Jakarta, with a sample of 69 students. The instruments used were emotional quotient questionnaires and student learning motivation questionnaires, each containing 30 statements concerning the Likert scale. Data analysis using correlational analysis with a simple regression technique assisted by SPSS 16.0. The results showed that emotional quotient made a significant contribution to students' motivation in learning mathematics, namely 14.3%, while 85.7% was influenced by other variables not examined. Emotional intelligence needs to be considered in learning mathematics to increase student learning motivation.

References

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The influence of transformational leadership and work motivation on teachers’ performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7), 19-29.

Chandra, A. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Konseling, 10(1), 1-10.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2).

Dahlan, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Peserta Didik Terhadap Motivasi Belajar Pada MAN 2 Kota Parepare. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(2), 221-237.

Dhanakotti, E., & Rajendran, P. (2020). Emotional Intelligence as a Moderator in Reducing Academic Stress Among School Students. Psycho-Social Perspectives on Mental Health and Well-Being, 177-203.

Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 395-408.

Faizi, M. F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 224-234.

Farhan, M., & Alfin, E. (2019). The effect of emotional intelligence and self-efficacy towards students’ achievement. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 37-46.

Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh Pendampingan Orang Tua Pada Pembelajaran Daring Terhadap Kecerdasan Emosional. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 197-206.

Flores, M. A., Barros, A., Simão, A. M. V., Pereira, D., Flores, P., Fernandes, E., ... & Ferreira, P. C. (2022). Portuguese higher education students’ adaptation to online teaching and learning in times of the COVID-19 pandemic: personal and contextual factors. Higher Education, 83(6), 1389-1408.

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence: Mengapa EL lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(2), 98-111.

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1352-1358.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. RDJE: Research and Development Journal of Education, 7(1), 193-204.

Lumpkin, A., & Achen, R. M. (2018). Explicating the synergies of self‐determination theory, ethical leadership, servant leadership, and emotional intelligence. Journal of Leadership Studies, 12(1), 6-20.

Manizar, E. H. M. (2016). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 1-16.

Meyer, M. W., & Norman, D. (2020). Changing design education for the 21st century. She Ji: The Journal of Design, Economics, and Innovation, 6(1), 13-49.

Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal Of Est, 2(3), 171-184.

Nurlaeliah, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin. EDUKASI: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(1), 37-54.

Pratama, B. A., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapat model problem-based learning dan discovery learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 83-92.

Rahman, S., Djonu, H. A., & Kholiq, A. (2022). Hubungan antara Kemandirian Emosi Dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MTs Muhammadiyah wuring. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 2(1), 1-4.

Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Pertidaksamaan Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187-200.

Risdayanti, R., & Duryati, D. (2022), Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Yang Bersekolah Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(3), 502-510.

Salami, S. O., & Ogundokun, M. O. (2009). Emotional intelligence and academic self-efficacy as predictors of academic performance among senior secondary school students in Oyo state, Nigeria. Perspectives in education, 25(3), 175-185.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(2); 55-75.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1), 11-18.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384-399.

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57-68.

Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251-262.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417–428. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1116

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.