Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Dharis Salamah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Tulungagung
  • Maryono Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1120

Keywords:

Team Quiz, Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Quizizz Application, Learning Motivation, Learning Outcomes

Abstract

Rendahnya motivasi belajar matematika siswa menyebabkan hasil belajar matematika tidak maksimal. Diperlukan metode pembelajaran yang dinilai efektif untuk memberikan pengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa, misalnya pembelajaran team quiz berbantuan aplikasi quizizz. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran team quiz berbantuan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian quasi experiment ini berdesain Pretest-Posttest control group. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII salah satu MTs Negeri di Tulungagung, dengan sampel masing-masing 30 siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan uji-t dan uji manova. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh metode pembelajaran team quiz berbantuan aplikasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Metode pembelajaran team quiz berbantuan aplikasi quizizz dapat menjadi alternatif pilihan efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

The low motivation to learn mathematics causes students' learning outcomes to be not optimal. A learning method is needed that is considered effective to have a positive influence on students' motivation and learning outcomes in mathematics, for example, team quiz learning with Quizizz application assistance. This study aims to determine the effect of team quiz learning with Quizizz application assistance on learning motivation and student learning outcomes. This quasi-experimental study has a pretest-posttest control group design. The research population was all students of class VII at one of the state MTs in Tulungagung, with a sample of 30 students from class VII F as the experimental class and class VII G as the control class. Methods of data collection are done by tests and questionnaires. Data were analyzed by t-test and manova test. The results of the study show the influence of team quiz learning with Quizizz application assistance on students' motivation and learning outcomes in mathematics. The team quiz learning with Quizizz application assistance can be an effective choice to increase student motivation and learning outcomes in mathematics.

References

Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Online Submission, 7(2), 90-109.

Anggraeni, A. A., Veryliana, P., & Fatkhu, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218-225.

Anggraeni, N. S., & Sundayana, R. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Team Quiz Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 469-480.

Anjani, K. D., Fatchan, A., & Amirudin, A. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen Dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9), 1787-1790.

Arihati, D. B. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Team Quiz dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Matematika. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 9(2).

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Law, K. M., Geng, S., & Li, T. (2019). Student enrollment, motivation and learning performance in a blended learning environment: The mediating effects of social, teaching, and cognitive presence. Computers & Education, 136, 1-12.

Lestari, L. (2017). Pengaruh Strategi Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sd 20 Pontianak Selatan. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(4), 1-11.

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239-248.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145-150.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP: Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.

Purnama, I. L., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence Dan Team Quiz. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27-43.

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Rohman, B., Aziz, J. A., & Imran, J. A. (2020). Distance Instructional Strategies and Learning Motivation towards Learning Outcome of the Study Al-Qur'an in Situation a COVID-19 Pandemic. Universal Journal of Educational Research, 8(12), 6609-6619.

Safitri, A. S., Mulyati, S., & Chandra, T. J. (2017). Kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VII pada Materi Bilangan. Prosiding SI MaNIs: Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 1(1), 270-277.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-172.

Siregar, M., & Junita, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan NA. IX-IX Tahun Pelajaran 2013/2014. Civitas: Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Civic,1(1), 23-28.

Sugianto, R., Darmayanti, R., & Vidyastuti, A. N. (2022). Stage of Cognitive Mathematics Students Development Based on Piaget's Theory Reviewing from Personality Type. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 17-26.

Suprijono, A. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35–47.

Yusup, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning “Team Quiz” Terhadap Motivasi Belajar Dan Karakter Disiplin Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Fikrah: Journal of Islamic Education, 3(1), 55-71.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Salamah, D., & Maryono. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461–470. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1120

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 

You may also start an advanced similarity search for this article.