Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Lesson Study

Authors

  • Nova Kartikasari Universitas Hamzanwadi
  • Saiful Rahman Universitas Hamzanwadi
  • Shahibul Ahyan Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1344

Keywords:

Aktivitas belajar, hasil belajar, lesson study, project-based learning, Learning activity, learning outcomes

Abstract

Penting bagi guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran agar mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa yang diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model project-based learning melalui kegiatan lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan kategori keaktifan siswa yakni pada siklus I berkategori aktif dan pada siklus II menjadi sangat aktif. Selain itu terjadi pula peningkatan hasil belajar yang ditinjau dari ketuntasan klasikal yakni pada siklus I  67% dan siklus II 79% dengan rata-rata hasil belajar pada siklus I 74 dan rata-rata hasil belajar pada siklus II 78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project-based learning melalui kegiatan lesson study  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

It is important for teachers to innovate in learning in order to be able to increase student learning activities which are expected to be able to improve learning outcomes. This study aims to increase student learning activities and outcomes by applying a project-based learning model through lesson study activities. This research is a collaborative classroom action research. Data collection techniques by observing and tests. Based on the results of the study, it was obtained an increase in the activity category of students, namely in the first cycle they were active and in the second cycle they became very active. In addition, there was also an increase in learning outcomes in terms of classical completeness, namely in cycle I 67% and cycle II 79% with an average learning outcome in cycle I 74 and an average learning outcome in cycle II 78. Thus, it can be concluded that the application the project-based learning model through lesson study activities can improve student learning activities and outcomes.

References

Abidzar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press.

Artayasa, I. P., Muhlis, Merta, I. W., & Hadiprayito, G. (2022). Penyuluhan Pelaksanaan Lesson Study di SMA Negeri 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 217-222.

Azizah, N.A. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project-based learning Siswa kelas V SD. Jartika, 2(1), 194-204.

Effendi, M. M., Ummah, S. K., & Cahyono, H. (2023). Teacher Perspective and Performance in Curriculum Prototype Implementation through the Development of Innovative Project-Based Learning Modules. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 47-58.

Fitria, F., Nofriyandi, N., Suripah, S., & Sthephani, A. (2023). Perangkat pembelajaran matematika berbasis problem-based learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 93-102.

Handayani, L. (2022). project-based learning dengan strategi PTK (Praktik Tugas Kelompok) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan,9(2), 288- 293.

Hewi, L. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 4(1), 30-41.

Ifrianti, S. (2018). Membangun Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Dasar Mengajar Mengajar Bagi Mahasiswa Melalui Lesson Study. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 42-55.

Jumarniati. (2018.) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Program Linear Melalui Lesson Study. MaPan (Jurnal Matematika dan Pembelajaran), 6(2), 187-198.

Junaid, R. & Baharuddin, M.R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik guru melalui PKM Lesson Study. To Maega Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 122-129.

Lestari, D. (2022). Penerapan Model Project-based learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi PTK pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 56-66.

Mainah. (2018). Penerapan Metode Outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA Materi Ciri-Ciri Mahluk Hidup Kelas III SDN SDN Semalang Kecamatan Kopang Tahun Pelajaran 2016/2018. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(1), 70-86.

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam materi statistika kelas VIII sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467-476.

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan project based learning berbasis kearifan lokal berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1-12.

Nuzalifa, Y. U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Berbasis Lesson Study sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains, 4(1), 48-58.

Parhusip, B.R & Wijanarka, B. S. 2018. Penerapan Project Based Learning Dengan Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pemesinan. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin,3(1), 26-32.

Pradiarti, R. A., & Subanji, S. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379-390.

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 2(2). 111-117.

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan kemampuan literasi statistis melalui model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273-284.

Sulaiman. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan project-based learning di SMA Negeri Negeri 1 Binjai. Journal Mathematics Education Sigma, 2(1), 13-18.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605-612. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21554

Sumaryanta, Priatna, N., & Sugiman. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics Education, 6(1), 543-557.

Surya, A. P., Relmaisira, S.C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project-based learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Susiaty, U. D., Firdaus, M., & Andriati, N. (2021). Pengembangan alat peraga papan positif negatif berbasis metode montessori pada siswa dengan ADHD. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 73-84.

Widiadi, A. N. & Utami, I. W. P. (2016). Praksis Lesson Study for Learning Community dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS,1(2), 77-88.

Widodo, L.W. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs. Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 49(17), 32-35.

Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K., (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 448 – 453.

Zulkarnain, I & Rahmawati, A. (2014). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 14-18.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Kartikasari, N., Rahman, S., & Ahyan, S. (2023). Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Lesson Study. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 289–298. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1344

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.