Interelasi model Problem Based learning dan Interaksi Teman Sebaya melalui Sikap Matematis terhadap Prestasi Matematika

Authors

  • Zaotul Wardi Universitas Hamzanwadi
  • Rody Satriawan Universitas Hamzanwadi
  • Shahibul Ahyan Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Halqi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1514

Keywords:

Interaksi Teman Sebaya, Model PBL, Prestasi Matematika Siswa, Sikap Matematis, Mathematics Achievement, Mathematical Attitudes, PBL models, Peer Interaction

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk mendeskripsikan pengaruh langsung maupun tidak langsung dari model PBL dan interaksi terhadap prestasi melalui sikap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini telah dilaksanakan di MTs Darusshalihin NW Kalijaga. Sampel diambil secara acak, terpilih kelas VIII sebanyak 46 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: model PBL tidak berpengaruh langsung terhadap sikap (P = 0,130 > 0,05), interaksi tidak berpengaruh  langsung terhadap sikap (P = 0,062 > 0,05), model PBL tidak berpengaruh secara langsung terhadap prestasi (P = 0,736 > 0,05), interaksi  tidak berpengaruh  langsung terhadap prestasi (P =  0,736 > 0,05), dan sikap tidak berpengaruh secara langsung terhadap prestasi  (P = 0,297 > 0,05). Selain itu, interaksi teman sebaya berpengaruh secara tidak langsung melalui sikap matematis siswa  sebesar 0,028 terhadap prestasi matematika siswa, dan model PBL berpengaruh secara tidak langsung melalui sikap matematis  sebesar 0,026 terhadap prestasi matematika siswa.

This study aims to describe the direct and indirect influence of the PBL model and interactions on achievement through attitudes. This study is quantitative. The population is all of the students of the junior high school, and the sample is class VIII which consists of 46 students. The instruments used in data collection were questionnaires and tests. Data were analyzed using path analysis.  The results showed: that the PBL model had no direct effect on mathematical attitudes (P = 0.130 > 0.05), peer interaction had no direct effect on students' mathematical attitudes (P = 0.062 > 0.05), the PBL model had no direct effect on students' mathematics achievement (P = 0.736 > 0.05), peer interaction has no direct effect on students' mathematics achievement (P = 0.736 > 0.05), and students' mathematical attitudes have no direct effect on students' mathematics learning achievement (P = 0.297 > 0.05). Apart from that, peer interaction has an indirect influence on students' mathematical attitudes of 0.028 on students' mathematics achievement. The PBL model has an indirect effect through mathematical attitudes of 0.026 on students' mathematics achievement.

References

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, CA: Brooks. Cole Publishing Company.

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391

Aziz, M. A., Tarmedi, E., & Untung, S. H. (2016). Hubungan Antara Kelompok Teman Sebaya Dengan Prestasi Belajar Siswa Smkn. Journal of Mechanical Engineering Education, 2(2), 233. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i2.1484

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas aitem. Buletin Psikologi, 3(1), 19–26.

Budiman, H. (2016). Pengaruh Pembelajaran Geometri Terhadap Sikap Matematik Dan Kecemasan Matematika Siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 20–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v3i1.123

De Graaf, E., & Kolmos, A. (2003). Characteristics of problem-based learning. International Journal of Engineering Education, 19(5), 657–662.

Dewi, E. R., Izzati, L. R., & Anggrella, D. P. (2021). Efektivitas Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika terhadap Sikap Matematis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.30998/sap.v6i2.10283

Dr. Duryadi, M. S. (2021). Buku Ajar, Metode Penelitian Ilmiah. Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik (Vol. 7, Issue 1).

Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Faulina, Fina ; Fitria, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Dengan Pendekatan Icare Terhadap Hasil Belajar Teknologi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–8.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunur, B., Ramda, A. H., & Makur, A. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Masalah Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Sikap Matematis Siswa [the Influence of the Problem-Based Learning Model Assisted By Open-Ended Problems Towards Mathematical Critica. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.1912

Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 141–148. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.948

Hariyati, E., Mardiyana, & Usodo, B. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Mulpile Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 721–731.

Hazami, R. R. (2017). Pengaruh Konsep Diri Akademik dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Prestasi Akademik Matematika Siswa SMA XYZ Sidoarjo. Universitas Airlangga.

Hendrikawati, O. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Kreativitas Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16, 235–266.

Hung, W., Jonassen, D. H., & Liu, R. (2008). Problem-based learning. Handbook of Research on Educational Communications and Technology, 3(1), 485–506.

Ikmawati. (2020). Pengaruh Disiplin dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMK Negeri dan Swasta. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–42.

Johnson, D. (2017). The Role of Teachers in Motivating Students to Learn. Journal of Graduate Studies in Education, 9(1), 46–49. https://doi.org/10.30954/2231-4105.01.2021.6

Jumiyanti, Yusamansyah, & Widiastuti, R. (2017). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Smp. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Kadarisma, G., Rosyana, T., & Nurjaman, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. Jurnal Absis, 2(1), 121–128.

Karim, A. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 188–195. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.154

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2674

Lusiana, R., Suprapto, E., & Sukristini, I. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 55–63.

Ma, H. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Casmir, R. O. (2018). Investigating Students’ Attitude towards Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 207–231. https://doi.org/10.29333/iejme/3997

Mulyadi, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 183-191.

Murtafiah, W., Setyansah, R. K., & Nurcahyani, D. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Circle Problem Berdasarkan Self-Confidence Siswa SMP. Jurnal Elemen, 7(1), 130–145. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2785

Nasrullah, A., & Marsigit, M. (2016). Keefektifan problem posing dan problem solving ditinjau dari ketercapaian kompetensi, metode, dan sikap matematis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 123. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.11180

Nurafrianti, S. S., Amalia, A. R., & Nurasiah, I. (2020). Analisis Peran Guru Sebagai Motivator Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas Tinggi Dalam Pembelajaran Daring. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 279–286.

Nurhasanah, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Penalaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika (Eksperimen Pada Siswa SMP Negeri di Kota Tangerang). Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 50–61.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Pagiling, S. L., & Taufik, A. R. (2022). Unveiling belief and pedagogical content knowledge of prospective secondary mathematics teachers. Jurnal Elemen, 8(2), 411–426. https://doi.org/10.29408/jel.v8i2.5096

Putri, A., Mahmud, N., & Aprisal. (2022). Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tinambung. PEDAMATH Journal on Pedagogical Mathematics, 5(1), 1–13.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.

Retnawati, H. (2017). Reliabilitas Instrumen Penelitian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 12(1), 129541.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara problem centered learning dan problem based learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18.

Ruchaedi, D., Suryadi, D., & Herman, T. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2792

Sappaile, B. I., & Makassar, U. N. (2020). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. July 2010.

Satriawan, R., Fauzi, L. M., Supiyati, S., Halqi, M., & Ibrahim, M. (2023). Interrelation of learning model and peer interaction through motivation on achievement. Jurnal Elemen, 9(2), 464–474. https://doi.org/10.29408/jel.v9i2.15527

Sholikhakh, R. A., Pujiarto, H., & Suwandono, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 33. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.561

Sugeng, Fanti, Y. D. A., & Azainil. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 71–80. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.237

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 15, Issue 2). Alfabeta., 2013–2015.

Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumartini, T. S., Afriansyah, E. A., Asyari, L., Fera, F., Dedi, D., & Hamid, H. (2023). Training on Preparing Classroom Action Research Reports for Middle School and High School Teachers. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 4(01), 7-12.

Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik melalui Cooperative Learning Tipe Pair Checks VS Problem Based Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 1-6.

Suzana, A. (2017). Komparasi keefektifan pendekatan CTL setting NHT dan TGT pada materi bangun datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12727

Uysal, S., & Banoglu, K. (2018). Hogging the middle lane: How student performance heterogeneity leads Turkish schools to fail in PISA? Cypriot Journal of Educational Sciences, 13(2), 201–213. https://doi.org/10.18844/cjes.v13i2.3196

Valente, C. (2019). Primary education expansion and quality of schooling. Economics of Education Review, 73, 101913. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.101913

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Widarto, M. P., & Pd, M. (2013). Penelitian Ex Post Facto. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Widodo, S. A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap keaktifan belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Wijayanti, H., & Suhendri, H. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 240–248.

Yuliany, N., Ulfiani Rahman, & Amriani. (2022). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Al Asma : Journal of Islamic Education, 4(1), 31–40. https://doi.org/10.24252/asma.v4i1.28444

Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Wardi, Z., Satriawan, R., Ahyan, S., & Halqi, M. (2023). Interelasi model Problem Based learning dan Interaksi Teman Sebaya melalui Sikap Matematis terhadap Prestasi Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 521–538. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1514

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.