Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Bernuansa Islami pada Materi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1509Keywords:
media pembelajaran, matematika aljabar, monopoli bernuansa Islami, learning media, algebraic mathematics, monopoly with Islamic nuancesAbstract
Survei menunjukkan kemampuan siswa memahami konsep matematika tentang aljabar masih kurang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan media pembelajaran Monopoli Matematika terintegrasi Islami yang digunakan pada pembelajaran materi Aljabar kelas VII. Pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE, yang terdiri atas 5 tahap, yaitu: (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Luaran dari penelitian ini adalah media pembelajaran Matematika berupa Permainan Monopoli Matematika yang terintegrasi Islami yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Surveys show that students' ability to understand mathematical concepts regarding algebra is still lacking. This research is development research to produce Islamic integrated Monopoly Mathematics learning media used in learning Algebra material for class VII. The development used refers to the ADDIE development model, which consists of 5 stages, namely: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. Data was collected using questionnaires and interview guides. The output of this research is Mathematics learning media in the form of an Islamic integrated Mathematics Monopoly Game that is valid, practical, and effective in improving student learning outcomes.
References
Acharya, B. R. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11
Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 449-460.
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Amalia, S. (2022). Media Google classroom berbantuan Whatsapp terhadap hasil belajar matematika siswa MTs. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 211-220.
Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2244
Arnandi, F., Siregar, N., & Fitriawan, D. (2022). Media pembelajaran matematika menggunakan smart apps creator pada materi bilangan bulat di sekolah dasar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 345-356.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Berlin Heidelberg.
Deviana, D. R., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Media Monopoli Matematika pada Materi Peluang untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 114–131. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.2.114-131
Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.
Fitri, R., Syarifuddin, H., & Pengajar Jurusan, S. (2014). Penerapan Strategi the Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1), 18–22.
Indriyanti, L., Gani, A. A., & Muhardini, S. (2020). Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SDN 38 Mataram. Civicus, 8(2), 108-118.
Lestari, A. I., Senjaya, A. J., & Ismunandar, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Appy Pie Untuk Melatih Pemahaman Konsep Turunan Fungsi Aljabar. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1437
Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289-298.
Nurhazet, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 173.
Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221-234.
Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah Membuat Belajar Lebih Menarik?. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39–50. https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64
Pratama, U. N., & Haryanto, H. (2017). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android tentang Domain Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 167–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.12827
Prayogo, B. A., Trimurtini, & Sukarjo. (2017). Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Joyful Learning Journal, 6(4), 228–233. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i4.18864
Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMat, 2(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i2.1977
Sagala, S. (2012). Supervisi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sarjana, T. R., Herlina, S., & Sthephani, A. (2023). Media Pembelajaran Kontekstual Berbasis Prezi pada Materi Fungsi Eksponen. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209-220.
Suhendra, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Matematika Bernuansa Islam Berbantuan Brain Gym. UIN Raden Intan Lampung.
Tang, S., Hanneghan, M., & Rhalibi, A. El. (2009). Introduction to Games-Based Learning. In T. M. Connolly, M. H. Stansfield & L. Boyle (Eds.), Games-Based Learning Advancements for Multi-Sensory Human Computer Interfaces: Techniques and Effective Practices (pp. 1-17). Hershey: Idea-Group Publishing.
Widiyanti, N. M. D., & Wiarta, I. W. (2021). pengembangan media pembelajaran monopoly games smart pada pembelajaran matematika kelas IV SD No.1 Mengwi tahun ajaran 2020/2021. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 21–25. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32806
Zaneta, V. I. (2022). Media Game Online Ular Tangga Perkalian Bilangan Asli Dengan Pendekatan RME Kelas III SD. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 177-186.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.