Analisis Problematika Guru Sekolah Dasar dalam Kegiatan Pembelajaran Tematik pada Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1512Keywords:
Era New Normal, Problematika guru, Kegiatan Pembelajaran, Pembelajaran Tematik, New Normal Era, Teacher Problems, Learning Activities, Thematic LearningAbstract
Pembelajaran di era new normal membuat guru beserta elemen sekolah harus mampu untuk menjalankan peralihan perubahan sistem pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan. Era new normal adalah era baru dimana masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa namun tetap menerapkan protokol Kesehatan yang telah ditetapkan sebelumnya. Para pendidik dituntut untuk dapat berinovasi dan beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan pembelajaran tematik pada era new normal di salah satu SD di kabupaten Ciamis. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara wawancara dengan pedoman pertanyaan yang sudah tervalidasi oleh ahli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika yang dialami guru kelas 4, 5, dan 6 memiliki gambaran kesulitan yang hampir sama yaitu: 1) kesulitan dalam menentukan tema dan mendesain rencana proses pembelajaran; 2) kurangnya minat belajar siswa pada pembelajaran tematik khususnya pelajaran berhitung; 3) guru kurang menguasai penggunaan media dalam pembelajaran yang mengakibatkan metode dalam pembelajaran cenderung monoton dan kurang inovatif; 4) kurangnya penguasaan siswa pada konsep dasar khususnya pada materi perkalian dan pembagian. Solusi yang ditawarkan terkait kesulitan yang dihadapi yaitu: 1) guru aktif mengikuti kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru), 2) Guru harus membangkitkan motivasi belajar siswa, 3) menggunakan media belajar yang tepat.
Learning in the new normal era makes teachers and school elements must be able to carry out the transition of changes in the learning system to achieve educational goals. The new normal era is a new era where people can return to their usual activities but still apply the previously established Health protocols. Educators are required to be able to innovate and adapt. This study aims to describe the problems faced by teachers in thematic learning activities in the new normal era in one of the elementary schools in Ciamis district. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques were carried out by observation, structured interviews, and documentation. Data analysis used in this research is data collection conducted by interview with question guidelines that have been validated by experts. The results of this study indicate that there are several problems experienced by 4th, 5th, and 6th grade teachers that have almost the same difficulties, namely: 1) difficulties in determining themes and designing learning process plans; 2) lack of student interest in thematic learning, especially counting lessons; 3) teachers lack mastery of the use of media in learning which results in learning methods that tend to be monotonous and less innovative; 4) lack of student mastery of basic concepts, especially in multiplication and division materials. The solutions offered related to the difficulties faced are: 1) teachers actively participate in KKG (Teacher Working Group) activities, 2) Teachers must generate student learning motivation, 3) use the right learning media.
References
Bozkurt, A., & Sharma, R. C. (2020). Education in normal, new normal, and next normal: Observations from the past, insights from the present and projections for the future. Asian Journal of Distance Education, 15(2), i-x.
Dewi, R. P., & Afriansyah, E. A. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 39-52.
Fadilah, D. N., & Afriansyah, E. A. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Online. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 395-408.
Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852.
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.
Ningsih, H. S., & Koryati, D. (2018). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Saintifik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri Kota Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 3(2), 130–138.
Nurlatifah, N., Ahman, E., Machmud, A., & Sobandi, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Versus Tatap Muka. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1).
Pacheco, J. A. (2021). The “new normal” in education. Prospects, 51(1), 3-14.
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada topik penyajian data di pondok pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207-222.
Putra, C. A. A., Handayani, T. ., & Budiono, B. (2022). Analisis Ketercapaian Penerapan Kebijakan RPP Satu Lembar Dalam Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 10 Malang. Jurnal Civic Hukum, 7(1).
Rahma, N., & Ritonga, M. K. (2022). Analisis Kesulitan Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Siswa MTS Hafizul Ikhsan Pada Era New Normal. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(2), 123–133.
Rifki, H. (2022). Problematika Pembelajaran Tematik Di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/8421/%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/8421/1/HERU RIFKI.pdf
Rona. (2020). Evaluasi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 3(2).
Sato, S. N., Condes Moreno, E., Rubio-Zarapuz, A., Dalamitros, A. A., Yañez-Sepulveda, R., Tornero-Aguilera, J. F., & Clemente-Suárez, V. J. (2023). Navigating the new normal: Adapting online and distance learning in the post-pandemic era. Education Sciences, 14(1), 19.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287-298.
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49–60.
Tarumasely, Y. (2022). Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran. Academia Publication, 1.
Valentino, V. H., Setiawan, H. S., Habibie, M. T., Ningsih, R., Katrina, D., & Putra, A. S. (2021). Online And Offline Learning ComparisonIn The New Normal Era. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(2), 449-455.
Wahyuni, R. (2018). Hubungan Antara Kompetensi Profesi Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Guru SMK PGRI 4 Kota Blitar. (Doctoral Dissertation, IAIN Kediri).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.