Scratch vs Excel: Enhancing Math Problem-Solving and Student Confidence

Authors

  • Undang Indrajaya IPI Garut
  • Siti Sadiah
  • Rostina Sundayana
  • Nitta Puspitasari

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2556

Keywords:

Excel, Pemecahan Masalah, Self-Confidence, Scratch, Problem-solving

Abstract

Artikel “Scratch vs Excel: Enhanching Math Problem-Solving and Student Confidence” bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Confidence siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menggunakan aplikasi Scratch dan Microsoft Excel. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan subjek penelitian kelas XII MIPA pada salah satu SMA di Kabupaten Garut yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Metode pengumpulan data meliputi tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data mencakup statistik deskriptif, Gain ternormalisasi dan uji independen dua sampel untuk menguji perbedaan peningkatan (N-Gain) antara dua kelompok.  Penelitian ini dapat menjawab kebutuhan akan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kondisi siswa, dengan fokus pada dua aspek yaitu kognitif (kemampuan memecahkan masalah) dan afektif (self confidence). Pada penelitian ini ditemukan adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence antara siswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif aplikasi Scratch dan Microsoft Excel. Di mana Scratch terbukti memberikan peningkatan yang lebih baik dalam kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence, dibandingkan Excel. Ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis animasi/visual dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa.

The article “Scratch vs Excel: Enhanching Math Problem-Solving and Student Confidence” is a study to compare the differences in the improvement of the ability of mathematical problem-solving and student self-confidence in learning mathematics by using Scratch and Microsoft Excel applications. This study used a quasi-experimental design with the research subjects of class XII MIPA at one of the high schools in Garut Regency which was selected based on purposive sampling. Data collection methods include tests, questionnaires, and observations. Data analysis techniques include descriptive statistics, normalized Gain and two-sample independent test to test the difference in improvement (N-Gain) between two groups.  This study can answer the need for a learning approach that is more effective and relevant to the conditions of students, focusing on two aspects, namely cognitive (problem-solving ability) and affective (self confidence). In this study, it was found that there were differences in the improvement of the ability of mathematical problem-solving and self-confidence between students who used interactive learning media Scratch application and Microsoft Excel. Scratch was shown to provide better improvement in mathematical problem-solving ability and self confidence, compared to Excel. This suggests that animation/visual-based interactive media can increase students’ motivation and understanding.

Author Biographies

Siti Sadiah

Siti Sadiyah, S.Pd.

Lahir di Garut, pada tanggal 15 Januari 2002, Studi S1 Pendidikan Matematika STKIP Garut, lulus tahun 2004,

Rostina Sundayana

Dr. Rostina Sundayana, M.Pd.

Lahir di Garut, pada tanggal 28 Desember 1966. Dosen PNS Dpk. Institut Pendidikan Indonesia Garut. Studi S1, S2, S3 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Studi S2 PKLH Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.

Nitta Puspitasari

Dr. Nitta Puspitasari, M.Pd.

Lahir di Garut, pada tanggal 6 Agustus 1981. Staf Pengajar di Institut Pendidikan Indonesia Garut pada Program Studi Pendidikan Matematika. Studi S1 Pendidikan Matematika, STKIP Garut, lulus tahun 2004; Studi S2 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Lulus Tahun 2010. Studi S3 Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, lulus tahun 2021

References

Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP N 1 Jogoroto Berdasarkan Langkah-Langkah Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 123–134.

Fauziah, R., Maya, R., Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5).

Fitayanti, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2022). Pengaruh Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Maret, 5(2), 335-344. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.335-344

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52-60.

Lesi, A. N., & Nuraeni, R. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa antara Model TPS dan PBL.

Martiningsih. (t.t.). Efektifitas Pemanfaatan Ms Excel dalam Pembelajaran Matematika di Smp Muhammadiyah 1 Surabaya.

Permendiknas, R. I. (2006). No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Purwaningsih, S., & Warmi, A. (2021). Analisis Kepercayaan Diri (Self Confidence) Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP. (Vol. 8, Issue 2). FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTS di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1), 16-25.

Qodariah, H., & Rabbani, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ayam MSP Materi Satuan Panjang Berbantuan Aplikasi Scratch dengan Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SD Kelas III | 1. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11103

Rafianti, I. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligiences untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Konsep, Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa MTs. (Tesis). Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ridia, S., & Afriansyah E. A. (2019).Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3).

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA – Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.

TIMSS. 2018. International Mathematics Report: Findings from IEA’s Trends in International Mathematics and Science Study the Fourth and Eight Grades. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Winarti, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pecahan di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(6), 1–9.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Indrajaya, U., Siti Sadiah, Rostina Sundayana, & Nitta Puspitasari. (2025). Scratch vs Excel: Enhancing Math Problem-Solving and Student Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 91–104. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2556

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.