Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.870Keywords:
Analisis Deskriptif, Kemampuan Representasi Matematis, Penyajian Data, Descriptive Analysis, Mathematical Representation Ability, Presentation of DataAbstract
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian untuk menganalisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi penyajian data. Penelitian dilakukan di Kampung Citalahab Kaler, Desa Bungbulang-Garut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif, yang melibatkan 3 siswa sebagai sampel, menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen tes kemampuan representasi matematis siswa sebanyak 5 soal berbentuk uraian. Hasil penelitian yaitu (1) Kemampuan representasi matematis pada indikator representasi gambar (pictorial representation) adalah hampir semua siswa dari ke tiga sampel sudah mampu menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan representasi visual. (2) Kemampuan representasi matematis pada indikator representasi simbol (symbolic representation) adalah hampir semua siswa dari ketiga sampel belum mampu dalam menyelesaikan masalah menggunakan representasi simbol. (3) Kemampuan representasi matematis pada indikator representasi verbal (verbal representation) adalah sebagian siswa sudah mampu menggunakan representasi verbal namun beberapa diantaranya masih belum bisa menyampaikan ide matematisnya dengan bahasa sendiri.
Several studies have shown that students' mathematical representation skills are still low. The research objective was to analyze the mathematical representation ability of junior high school students on data presentation material. The research was conducted in Citalahab Kaler Village, Bungbulang-Garut Village. This research uses a qualitative approach. The method used is the descriptive analysis method, which involved 3 students as a sample, using a simple random sampling technique. The test instrument for the students' mathematical representation ability consisted of 5 questions in the form of descriptions. The results of the study are (1) The ability of mathematical representations on the pictorial representation indicator is that almost all students from the three samples have been able to solve a problem using a visual representation. (2) The ability of mathematical representation in the symbolic representation indicator is that almost all students from the three samples have not been able to solve problems using symbolic representations. (3) The ability of mathematical representation on the verbal representation indicator is that some students can use verbal representations, but some of them are still unable to convey their mathematical ideas in their language.
References
Afriansyah, E. A. (2013). Penjumlahan Bilangan Desimal Melalui Permainan Roda Desimal. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Afriansyah, E. A. (2016). Enhancing Mathematical Problem Posing via Realistic Approach. International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS.
Annajmi, A., & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95-106.
Edo, S. I. (2016). Jenis kekeliruan akibat menghafal prosedur rutin dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 223-232.
Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: Diva Press.
Feriyanto, F. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Ditinjau dari Perbedaan Gender. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP4MP Universitas Islam Majapahit, 90-97.
Hanifah. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Acyivities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 191-198. Tersedia : http/journal.unnes.a.id/nju/index.php/kr eano.
Hudiono, B. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Disertasi pada PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis pada PPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Pasehah, A. M., Awanda, & Firmansyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1d). Tersedia: http://journal.unsika.ac.id/index.php/se siomadika.
Pratiwi, R. D. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret Aritmetika Kelas XI SMA Negeri 1 Wirosari Grobogan. Skripsi pada Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo: Tidak diterbitkan.
Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307-318.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.
Syaifatunnisa, Noer, & Gunawibowo. (2015). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 3(4).
Winarsih, M., & Mampouw, H. L. (2019). Profil Pemahaman Himpunan oleh Siswa Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Matematika Ditinjau dari Teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 249-260.
Yenni, Y., & Sukmawati, R. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 251-262.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.