Penggunaan gracial pyramid untuk belajar turunan fungsi aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2672Keywords:
teaching aid, gracial pyramid, algebraic function derivatives, alat peraga, turunan fungsi aljabarAbstract
Abstract
This research aims to address the learning difficulties of 10th-grade students at SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta on the topic of algebraic function derivatives using the gracial pyramid teaching aid. Backgrounded by the general perception of students that mathematics is a difficult and boring subject, as well as the identification of algebraic function derivatives as a difficult-to-understand material, this research uses a descriptive qualitative method to observe the implementation of the gracial pyramid in learning. Data were collected through the analysis of student work, research documentation, interviews, and written tests. The research results show that the use of the gracial pyramid increases student enthusiasm, facilitates the understanding of basic derivative concepts, and helps students in solving problems. Students were also able to communicate the steps to solve problems using this teaching aid, and the results of the written tests showed an improvement in material understanding. It is concluded that the gracial pyramid has a positive impact on the learning of algebraic function derivatives, making students more active and enhancing their conceptual understanding.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta pada materi turunan fungsi aljabar dengan menggunakan alat peraga gracial pyramid. Dilatarbelakangi oleh pandangan umum siswa bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan, serta identifikasi turunan fungsi aljabar sebagai materi yang sulit dipahami, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengamati implementasi gracial pyramid dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui analisis hasil kerja siswa, dokumentasi penelitian, wawancara, dan tes tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gracial pyramid meningkatkan antusiasme siswa, mempermudah pemahaman konsep dasar turunan, dan membantu siswa dalam menyelesaikan soal. Siswa juga mampu mengkomunikasikan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan menggunakan alat peraga ini, dan hasil tes tulis menunjukkan peningkatan pemahaman materi. Disimpulkan bahwa gracial pyramid memberikan dampak positif pada pembelajaran turunan fungsi aljabar, membuat siswa lebih aktif, dan meningkatkan pemahaman konsep..
References
Abba, N. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajarn Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction). Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Anwar, K. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Turunan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Student Activitie’s Handout. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 133-142.
Azizah, J., & Sarumaha, Y.A. (2022) Penggunaan Media Pembelajaran dalam Membantu Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Persamaan Linier Satu Variabel. Lebesgue: Jurnal Pendidikan Matematika, Matematika, Statistika, 3(2): 397 – 405.
Dewi, C. L., & Hakim, D. L. (2023). Representasi Semiotik Matematis Siswa SMA dalam Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Educatio. 9 (1): 32 – 44.
Dimyati. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Fransiska, R., Anwar, A., & Syahjuzar, S. (2022). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Turunan Fungsi Aljabar di SMA Plus Al-‘Athiyah Tahfidz Al-Qur’an Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(1).
Hany, dkk. (2021). The Influence of Leaning Media, Learning Motivation, and Mathematics Communication on Mathematics Learning Outcomes. Journal Mathematics and Mathematics Education, 11(2): 50 – 57.
Ilma, R. (2011). Implementasi alat peraga operasi bilangan bulat bagi guru Sekolah Dasar (SD) seKecamatan Ilir Barat I Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Novitasari, F., Harun, L., Utami, R. E., & Ausilawati, P. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Turunan Fungsi Aljabar: Jurnal Eksponen, 13(2): 77 – 89.
Salsabila, W. T., Latifah, N., & Risdiyanto, F. V. (2022). Pengembangan alat peraga roda turunan terhadap pemahaman dan minat belajar peserta didik pada materi turunan. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 325-332).
Sarumaha, Y. A. (2016). Perubahan Pembelajaran yang Berpusat pada Guru ke Berpusat pada Siswa. Intersections. 1(1): 1 – 10.
Sarumaha, Y. A., & Kurniasih, A. (2022). Pemanfaatan Alat Peraga untuk Melatih Pemahaman Peserta Didik terhadap Operasi Aljabar. Plus Minus Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 369–380.
Setiawan. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: P4TK Matematika
Solikah, F.D. (2009). Kesalahan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi dan Turunannya Kelas XI IPA 1 Semester II SMA Muhammadiyah I Nganjuk. http://digilib.unitomo.ac.id (diakses pada tanggal 16 Juli 2023).
Widyantini. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar melalui Alat Peraga. Online. (https://widyasari-press.com/meningkatkan-aktivitas-dan-hasil-belajar-melalui-alat-peraga) diakses tanggal 9 Juni 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yenny Anggreini Sarumaha, Rindia Dianing Astuti, Shafa Salsabila, Fitria Dewita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.