Chatgpt: apakah memengaruhi pemahaman konsep siswa?
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i1.2680Keywords:
chatGPT, conceptual understanding, mathematics, pemahaman konsep, matematikaAbstract
Abstract
This study aims to analyze the conceptual understanding of mathematics among students at SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, focusing on the use of ChatGPT in solving mathematical problems. Two topics studied were Systems of Linear Equations in Three Variables (SPLTV) and Compound Interest. The research method used was qualitative descriptive analysis, collecting data through students' answers to given problems. The results showed that students who used ChatGPT tended to demonstrate more structured and clear problem-solving steps, as well as a better ability to apply the correct formulas. On the other hand, students who did not use ChatGPT, despite achieving correct final answers, often showed shortcomings in the clarity of their problem-solving steps and formula application. These findings highlight the importance of conceptual understanding and formula application in mathematics learning and demonstrate that technology, when used wisely, can be an effective tool in the learning process. This research is expected to contribute to the development of more effective and technology-responsive mathematics learning strategies.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematika siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan fokus pada penggunaan ChatGPT dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Dua materi yang diteliti adalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan Bunga Majemuk. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui jawaban siswa terhadap soal-soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan ChatGPT cenderung menunjukkan langkah penyelesaian yang lebih terstruktur dan jelas, serta kemampuan yang lebih baik dalam menggunakan rumus yang tepat. Di sisi lain, siswa yang tidak menggunakan ChatGPT meskipun mampu mencapai hasil akhir yang benar, sering kali menunjukkan kekurangan dalam kejelasan langkah penyelesaian dan penerapan rumus. Temuan ini menekankan pentingnya pemahaman konseptual dan penerapan rumus dalam pembelajaran matematika, serta menunjukkan bahwa teknologi, jika digunakan dengan bijak, dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam proses belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif dan responsif terhadap perkembangan teknologi.
References
Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis perspektif guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4173-4181.
Bachtiar, Y., Ardiansyah, M., & Nulhakim, A. L. (2024). ChatGPT sebagai Alat Pendidikan:“Analisis Pola Penggunaan dan Efektivitas”. Jurnal Insan Peduli Pendidikan (JIPENDIK), 2(2), 74-78.
Brown, T. B., Kaplan, J., Ryder, N., Henighan, T., Chen, M., Herbert-voss, A., Ziegler, D. M., Krueger, G., Askell, A., Hesse, C., & Mccandlish, S. (n.d.). Language Models are Few-Shot Learners.
Chat-gpt, B. (2023). Aktivitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Berpikir Komputasi. 5(2), 283–298.
Hakim, F., Arifin, S., Studi, P., Matematika, P., & Barat, U. S. (2024). Deskripsi Proses Pemecahan Masalah Matematika Melalui Chat GPT ( Studi Kasus Soal Pembuktian ). 7, 38–45. https://doi.org/10.36339/j-hest.v7i1.82
Homepage, J., Rahimah, M., & Riau, U. (2023). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. 4, 1–12.
Ijuddin, R. (2024). Pemahaman konseptual siswa dalam materi spldv. 13, 1213–1219. https://doi.org/10.26418/jppk.v13i6.81841
Jehadus, E., Tamur, M., & Belos, M. A. (2024). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 601-612. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2404
Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021, February). How are Students’ Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem?. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1776, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.
Latifah, S. N., & Djamilah, W. I. F. (2024). Penggunaan Chat GPT dalam penerjemahan bahasa Arab. AL-DIROSAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(02).
Lesmana, A., & Afriansyah, E. A. (2024). Analisis minat dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan kahoot. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(1), 37-52. https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1775
Mahalaya, S. T., & Putri, S. F. (2024, August). AI Learning: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Evaluasi Proyek Investasi. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE) (Vol. 4, No. 1).
Pradiarti, R. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379-390.
Ramadian, F., & Rahman, R. (2025). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chat GPT dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Edunomics Journal, 6(1), 107-119.
Saputra, H. (2024). Perkembangan Berpikir Matematis Pada Anak Usia Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 53-64.
Sutisna, E., & Pujiastuti, H. (2023). Systematic Literature Review: Adversity Quotient pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Polya. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 192-209.
Syanzani, A. A., Azrina, N., & Fitriani, V. (2024). Analisis Keefektifan ChatGPT dalam Membantu Proses Belajar pada Mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika, 10(2), 32-39.
Tamba, K. P., & Bermuli, J. E. (2023). Pre-Service Biology Teachers’ Mathematics Anxiety. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 327-338. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.787
Toheri, Kismeina, A., & Persada, A. R. (2022). Keterampilan guru matematika Se-Kabupaten Kuningan dalam pemanfaatan platform pembelajaran online masa pandemic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 269-280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.719
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yenny Anggreini Sarumaha, Witriani Oka Dwi Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.