Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis

Authors

  • Muhammad 'Azmi Nuha UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • M. Anis Fuad Zaen UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2689

Keywords:

e-modul, Kemampuan Pemahaman Matematis, Media Etnomatematika, Etnomatic Media, Mathematical Comprehension Ability

Abstract

This research is motivated by the low mathematical comprehension ability of grade 10 students. This is shown by the average score of the preliminary test of 30 out of 100. Therefore, it is necessary to develop learning media that are able to improve students' mathematical comprehension skills. Therefore, the purpose of this study is to develop an ethnomathematics-based interactive e-module learning media that is valid and effective to improve the mathematical comprehension ability of grade 10 students on trigonometry material. The research method used in this study is Research and Development. The results of this study were declared valid and feasible to use, with an average percentage of validators one and two, which was 88%. Interactive e-module learning media has also been proven to be effective in improving mathematical comprehension skills, with the results of the independent sample T test on the results of the post-test obtaining a significance value of 0.000. Because 0.000 is smaller than the limit of significance level of 0.05, it can be concluded that the ethnomathematics-based interactive e-module learning media is effective in improving the mathematical comprehension ability of trigonometric material of grade 10 students at SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa kelas 10. Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata tes pendahuluan sebesar 30 dari 100. Penggunaan media pembelajaran konvensional membuat siswa merasa bosan dan kurang fokus selama proses pembelajaran, sehingga memengaruhi pemahaman matematis mereka. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Di era kemajuan teknologi saat ini, pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif menjadi lebih mudah untuk diwujudkan. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis etnomatematika yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas 10 pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development. Hasil dari penelitian ini media pembelajaran e-modul interaktif dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dengan persentase rata-rata validator satu dan dua yaitu sebesar 88%. Media pembelajaran e-modul interaktif juga terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika dengan hasil dari uji independent sample T terhadap hasil post-test diperoleh nilai signifikansi 0,000. Karena 0,000 lebih kecil dari batas taraf signifikansi sebesar 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul interaktif berbasis etnomatematika efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis materi trigonometri siswa kelas 10 di SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto.

References

Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.

Elsa, R. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Menggunakan Flipbook Maker Pada Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Batusangkar. 31–36.

Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Ibrahim, N., & Ishartiwi, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Smp. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1792

Inkriwang, R. R., Singal, R., & Roeroe, J. V. (2020). Kewajiban negara dalam penyediaan fasilitas pendidikan kepada masyarakat menurut undang-undang. Quarterly Journal of Health Psychology, 8(32), 73–92.

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1).

Ramadhani, I. A., & Yudiono, H. (2020). Pengembangan E-Modul Pembelajaran CAD Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar 3D. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 136–144. https://doi.org/10.21831/dinamika.v5i2.34788

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui auditory intellectualy repetition dan student teams achievement division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526.

Saputra, H. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193.

Sugiyono, P. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sugiyono (ed.)).

Wahyuni, I. (2019). Buku Ajar Etnomatematika. Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq. Jember, 28.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nuha, M. 'Azmi, & Zaen, M. A. F. (2025). Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(2), 505–518. https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2689

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 

You may also start an advanced similarity search for this article.