Peningkatan pemahaman matematis peserta didik kelas v sekolah dasar melalui pendekatan culturally responsive teaching berbantuan assemblr edu
DOI:
https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2890Keywords:
Culturally Responsive Teaching, Assemblr Edu, Kemampuan Pemahaman Matematis, Mathematical Comprehension AbilityAbstract
This study was motivated by the low mathematical understanding ability of students at SDN Giriharja. The purpose of this study was to determine the difference in improving the mathematical understanding ability of students who use the Culturally Responsive Teaching (CRT) approach assisted by Assemblr Edu with students who use conventional learning in grade V elementary school. The research method used is quasi experiment with nonequivalent control group design. The research sample amounted to 50 students who were divided into two groups, namely the experimental group of 25 students and the control group of 25 students. Based on the results of the study, it can be obtained that there is a difference in improving the mathematical understanding ability of students who use the Culturally Responsive Teaching (CRT) approach assisted by Assemblr Edu with students who use conventional learning in grade V elementary school. So it can be concluded that there is a difference in increasing the mathematical understanding of grade V elementary school students through the Culturally Responsive Teaching (CRT) approach assisted by Assemblr Edu with the best improvement in the experimental class.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik di SDN Giriharja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Sampel penelitian berjumlah 50 orang peserta didik yang terbagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 25 orang peserta didik dan kelompok kontrol 25 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V sekolah dasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan pemahaman matematis peserta didik kelas V sekolah dasar melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan Assemblr Edu dengan peningkatan peningkatan terabaik terdapat pada kelas eksperimen.
References
Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27.
Alfina, S., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan pemahaman matematis siswa MTS pada materi aljabar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 405–416.
Andini, R. N., Yusritawati, I., Yanti, R., & Saraswati, L. (2023). Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pentingnya Matematika Dalam Kehidupan Sehari-hari Di Dua Kelas SMAN 1 Cigugur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2193–2200.
Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51.
Fadilah, D., Rohini, R., & Sumiati, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Samawa Berbentuk Multimedia Interaktif. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 97–101.
Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248–257.
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Hakim, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100.
Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. ALIFBATA: Journal of Basic Education, 3(2), 7–14.
Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 45.
Muchson, A., & Widyartono, D. (2025). Pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan cultirally responsive teaching untuk meningkatkan elemen berbicara siswa. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 75–84.
Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. 7(2), 137–156.
Nissa, I. C., Febrilia, B. R. A., & Pangga, D. (2023). Uji keterbacaan buku ajar matematika dasar untuk mahasiswa program studi pendidikan fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1394
Putri, L. P., Lestari, H., Rukiyah, S., & Rohmadhawati, D. A. (2024). Pembelajaran Berbasis Budaya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vii. 2 Pada Materi Teks Surat Di Smp Negeri 10 Palembang. Journal Sains Student Research, 2(2), 63–69.
Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar matematika sekolah dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98.
Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui auditory intellectualy repetition dan student teams achievement division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 515-526. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.586
Sari, F. Y., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2025). Learning Trajectory of Rate Material Using the Context of Plowing Rice Fields. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 141-154. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2509
Simatupang, P. N. (2024). Meningkatkan Kesadaran Budaya Dalam Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X 1 SMA Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. ALACRITY: Journal of Education, 128–140.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d (27th ed.). Alfabeta, CV.
Zuriatin, Z., Nurhasanah, N., & Nurlaila, N. (2021). Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan IPS, 11(1), 48–56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bunga Yasmin Oktapianti, Siti Maryam Rohimah, Sunata Sunata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.