Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem-based learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

Authors

  • Susilawati Susilawati STAI Al-Bahjah
  • Shafira Meiria Rahmasari STAI Al-Bahjah
  • Berliani Dwitifani Hermanto STAI Al-Bahjah

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2917

Keywords:

PBL, Problem Solving, Worksheet, LKPD, Pemecahan Masalah

Abstract

This study aims to develop student worksheets based on Problem-Based Learning (PBL) to facilitate students' mathematical problem-solving abilities that meet the criteria of validity and practicality. LKPD development is carried out through a 4D model consisting of the stages of define, design, develop, and disseminate. The research instruments include material expert validation sheets, media expert validation sheets, and practicality questionnaires. The validation results show an average score of material experts of 85.9% and media experts of 81.9%, with an overall average of 83.9%, which is included in the very valid category. Meanwhile, the results of the practicality test obtained from 15 grade X students at a high school in Cirebon Regency reached 81%, which is included in the practical category. Thus, student worksheets based on Problem-Based Learning (PBL) to facilitate students' mathematical problem-solving abilities that was developed is declared very valid and practical for use in learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) guna memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memenuhi kriteria validitas dan kepraktisan. Pengembangan LKPD dilakukan melalui model 4D yang terdiri atas tahapan define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, serta angket praktikalitas. Hasil validasi menunjukkan rata-rata skor ahli materi sebesar 85,9% dan ahli media sebesar 81,9%, dengan rata-rata keseluruhan 83,9%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Sementara itu, hasil uji praktikalitas yang diperoleh dari 15 siswa kelas X di salah satu SMA di Kabupaten Cirebon mencapai 81%, yang tergolong dalam kategori praktis. Dengan demikian, LKPD berbasis PBL untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

References

Anggrawina, A. A. W., & Fitrihidajati, H. (2025). Validitas dan Kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Interaktif Berorientasi Project Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 14(2), 483–491. https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p483-491

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 481–490. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Annisa, R., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan E-Lkpd Materi Aritmetika Sosial Berbasis Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6955

Asmaliyah, F., Keriyani, N. M. I., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840–850. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3136

Astuti, E. D., Susanto, R., Cahyono, D., Sudirman, S., & Astuti, M. T. (2023). The Effect of Problem Based Learning Work Sheet Usage on Student Learning Outcomes. Mudir : Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 404–408. https://doi.org/10.55352/mudir.v5i2.594

Bay, R. L., Kurniati, N., Lu’luilmaknun, U., & Azmi, S. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii SMPN 23 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13997

Dani, P., & Mz, Z. A. (2021). Efektivitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Creative Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.14025

Erlangga, S. Y., Jumadi, Nadhiroh, N., & Wingsih, P. H. (2021). The Effective of Using Worksheet with the Problem-Based Learning (PBL) Through Google Classrooms to Improve Critical Thinking Skills During the Covid-19 Pandemic. 427–433. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.061

Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association : JMLA, 108(2), 338–340. https://doi.org/10.5195/jmla.2020.940

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237

Hartati, T. H., Luzyawati, L., & Hamidah, I. (2024). The Influence of E-Lkpd Problem Based Learning on Problem Solving Capability Students on Polluting Materials Environment. Report of Biological Education, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.37150/rebion.v5i1.2318

Heleni, S., Saragih, S., & Suanto, E. (2025). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Dalam Konteks Budaya Melayu Materi SPLDV. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v14i1.9038

Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.648

Hulu, E. S., & Siswanti, W. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada MaterI SPLDV Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Toma. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1351

Indriani, U. D., & Ananda, R. (2024). Development of problem-based learning-based student worksheet to improve mathematical problem solving ability in rows and rows material. Desimal: Jurnal Matematika, 7(1), 95–102. https://doi.org/10.24042/djm.v7i1.22105

Ismathulhuda, A., Hardeli, H., Alizar, A., & Yerimadesi, Y. (2022). Validity and Practicality of Project-Based e-Student Worksheet on Thermochemical Materials to Improve Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1691

Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149-160. https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1385

Izzah, A., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Untuk Memecahkan Masalah Matematika Materi Kecepatan Dan Debit Di Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.382

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Ma’wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631–640. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.114

Melsita, H., Handican, R., & Deswita, R. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis RME Berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2515

Mulyati, I., Astuti, I., & Ernawaty, E. (2022). Development of Canva Application Assisted Learning Media in Class XII Advanced Study Materials with 4-D Models. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), Article 3. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i3.30483

Murwanto, A., Qohar, A., & Sa’dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD daring pendekatan guided discovery berbasis HOTS materi persamaan dan fungsi kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.730

Muslimin, M., & Purwaningsih, E. (2023). Meta-Analisis: Pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah dalam Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.49407

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2925

Novriani, N., Kesumawati, N., & Kuswidyanarko, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas V SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), Article 1.

Olivia, N., Fitria, Y., Ahmad, S., Rakimahwati, R., & Sayfullooh, I. A. (2024). Developing Interactive Learning Media Based on Realistic Mathematics Education for Merdeka Curriculum in Elementary Schools. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1976

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara problem centered learning dan problem based learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18.

Rohmawati, I., Sudargo, S., & Menarianti, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara” Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907

Simanjuntak, M. P., Hutahaean, J., Marpaung, N., & Ramadhani, D. (2021). Effectiveness of Problem-Based Learning Combined with Computer Simulation on Students’ Problem-Solving and Creative Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(3).

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.391

Talia, Y. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam problem-based learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 382–391. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2671

Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225.

Usman, K., Ibrahim, N. M., Takaendengan, B. R., & Pauweni, K. A. Y. (2025). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v14i1.9180

Wahyuni, R., Efuansyah, E., & Sukasno, S. (2020). Developing Student Worksheet Based On Missouri Mathematics Project Model By Using Think-Talk-Write Strategy Of Class VIII. Infinity Journal, 9(1), 81–92. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p81-92

Wardi, Z., Satriawan, R., Ahyan, S., & Halqi, M. (2023). Interelasi model Problem Based learning dan Interaksi Teman Sebaya melalui Sikap Matematis terhadap Prestasi Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 521-538. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i3.1514

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 275–189.

Yulianto, A., Sisworo, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran matematika berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403-414.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Susilawati, S., Rahmasari, S. M., & Hermanto, B. D. (2025). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis problem-based learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 4(2), 469–482. https://doi.org/10.31980/pme.v4i2.2917

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.