Statistics Learning Media Innovation B-Tube (Combination Blog and YouTube)

Authors

  • Irvan Irvan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Alfauzan Ramadhanny Simangunsong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Marah Doly Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1748

Keywords:

Inovasi Media Pembelajaran, Kombinasi Blog dan You Tube, Media Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Digital, Pengembangan Media Pembelajaran, Learning Media Innovation, Combination of Blog and YouTube, Mathematics Learning Media, Digital Learning, Development of Learning Media

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran digital dengan mengombinasikan web-blog dan YouTube. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) Level 1 oleh Sugiyono. Subjek dari penelitian ini 30 siswa kelas VIII SMP IT Mutiara tahun ajaran 2023/2024. Jenis data penelitian ini kuantitatif dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media, materi, dan bahasa, angket respon pengguna guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk Kombinasi Blog dan YouTube (B-Tube) valid digunakan, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan analisa hasil uji produk menunjukan skor ahli media 4.78 (sangat valid), ahli materi 4.50 (valid), ahli 4.67 (sangat valid). Respon pengguna guru dan siswa menunjukkan persentase kepraktisan sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Uji efektifitas  menggunakan N-Gain menunjukkan hasil N-Gain Skor sebesar 0.73 atau N-Gain (%) sebesar 73 dengan kriteria tinggi berdasarkan kriteria N-Gain menurut Melzer. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa media B-Tube dalam pembelajaran statistika valid digunakan, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.

Abstract

The purpose of this research is to develop digital learning media by integrating web blogs and YouTube. The study follows the Research and Development (R&D) Level 1 method by Sugiyono. The subjects are 30 eighth-grade students at SMP IT Mutiara during the 2023/2024 academic year. The research data is quantitative and analyzed using descriptive and statistical methods. The instruments used include validation sheets for media, material, and language experts, as well as questionnaires for teacher and student user responses, and learning outcome tests. The results indicate that the combination of Blog and YouTube (B-Tube) is valid, practical, and effective in enhancing mathematics learning outcomes. Based on the product test analysis, the media experts rated it 4.78 (very valid), the material experts 4.50 (valid), and the language experts 4.67 (very valid). The response from teachers and students indicated a 100% practicality rate, categorizing it as very practical. The effectiveness test, using N-Gain, showed an N-Gain score of 0.73 or N-Gain (%) of 73, which falls under the high criteria based on Melzer's N-Gain criterion. This study shows the results that B-Tube media in statistics learning is valid, practical and effective in improving mathematics learning outcomes.

References

Al-Rasyidin, & Nasution, W. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Perdana Publishing.

Alshammary, F. M., & Alhalafawy, W. S. (2023). Digital Platforms and the Improvement of Learning Outcomes: Evidence Extracted from Meta-Analysis. Sustainability, 15(2), 1305. https://doi.org/10.3390/su15021305

Arighi, H., Purwanto, I., & Ardiansyah, A. N. (2019). Implementasi Penggunaan Blog Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Social Science Education Journal, 6(2), 121–125.

Carenzio, A., Ferrari, S., & Rasi, P. (2021). Older people’s media repertoires, digital competences and media literacies: A case study from italy. Education Sciences, 11(10), 1–15. https://doi.org/10.3390/educsci11100584

Geraee, N., Kaveh, M. H., Shojaeizadeh, D., & Tabatabaee, H. R. (2015). Impact of media literacy education on knowledge and behavioral intention of adolescents in dealing with media messages according to Stages of Change. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 3(1), 9–14.

Goa, L. (2017). Perubahan Sosial Dalam Kehidupan Bermasyarakat. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 2(2), 53–67. https://doi.org/10.53544/sapa.v2i2.40

Herutomo, A. (2010). Conquering Web 2.0. PT Elex Media Komputindo.

Irvan, Basit, L., Maulana, H., Nasution, M. R., & Wahyudi, R. (2021). Google Workspace for Education untuk Pebelajaran Berbasis ICT di Sekolah Muhammadiyah Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6. https://doi.org/10.30596/jp.v6i2.8549

Kindarto, A. (2008). Belajar Sendiri You Tube (Menjadi Mahir Tanpa Guru). PT Elex Media Komputindo.

Latifah, E., & Kuswanto, H. (2018). Pengembangan Blog sebagai Media Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 93–104.

Lee, J. H. (2021). The effects of media literacy-based activities on writing skills in the EFL classroom. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(11), 288–305. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.11.16

Marbán, J. M., Radwan, E., Radwan, A., & Radwan, W. (2021). Primary and secondary students’ usage of digital platforms for mathematics learning during the COVID-19 outbreak: The case of the Gaza strip. Mathematics, 9(2), 1–21. https://doi.org/10.3390/math9020110

Maslahah, Irvan, & Nasition, M. D. (2023). Penggunaan Platform Alef Education Dalam Pembelajaran Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 4(2). https://doi.org/10.30596/jmes.v4i2.16358

Mustofa, B. (2015). Psikologi Pendidikan. Parama Ilmu.

Nagel, T. W. S. (2022). Measuring fake news acumen using a news media literacy instrument. Journal of Media Literacy Education, 14(1), 29–42. https://doi.org/10.23860/JMLE-2022-14-1-3

Novita, E., Nafeesa, N., Simangunsong, A. R., Sabrina, A., & Zhafira, D. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Berkarakter Cerdas di Era Revolusi Insdustri 4.0. Jurnal Islamika Granada, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51849/ig.v1i1.7

Nurulfadhilah. (2021). Media Pembelajaran SD. CV Jejak Anggota IKAPI.

Permatasari, D., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Youtube Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan GLASSER, 6(1), 10–19. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1164

Putri, Y. S., & Arsanti, M. (2022). YouTube Sebangai Inovasi Media Pembelajaran. Senada (Seminar Nasional Daring), 533–537.

Rangkuti, N. A., Lubis, F., Handayani, T., & Sigalingging, D. L. (2019). Blog Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Proseding Seminar Nasional PBSI II Tahun 2019, 155–160.

Riyana. (2012). Media Pembelajaran. Kemenag RI.

Salminawati. (2015). Filsafat Pendidikan Islam. Cipustaka Media Perintis.

Saputra.S, J., Adiprasetio.J, & Kusmayadi.I, M. (2015). Pentingnya Literasi Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 1–3.

Simangunsong, A. R. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi: Skenario Mengajar Masa Kini dan Nanti. K- Media.

Simangunsong, A. R., & Irvan. (2023). Analyzing of Web-Blog Media in Learning Mathematics on Post Pandemic Covid-19. Jurnal Tarbiyah2, XXX(1).

Simangunsong, A. R., Rakhmawati, F., & Nuh, M. (2022). Pengembangan Strategi Blended Learning Berbasis Contextual Teaching and Learning. Axiom: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(2), 137–151.

Solomon, G., & Scrum, I. (2011). Web 2.0 Panduan Bagi Para Pendidik. PT Index.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 22(2), 143–158. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.365

Udayani, N. N. W. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran dengan Quizizz di SMA Negeri 1 Abiansemal. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 54–62.

Ulandari, R., Rahman K, A., & Busrah, Z. (2021). Youtube Sebegai Media Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Ishlah, 19(1), 17–30.

Winahyu, R. A. E., S, L. A., & Djono, D. (2018). The Media Literacy in the 21st Century: The Role of Teacher in Historical Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 363. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.324

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Zhong, M. (2020). an Implication Study of Social Media Literacy At School. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(1), 1. https://doi.org/10.32509/wacana.v19i1.908

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Irvan, I., Simangunsong, A. R., & Nasution, M. D. (2024). Statistics Learning Media Innovation B-Tube (Combination Blog and YouTube). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(4), 895–908. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i4.1748

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.