Analysis of Students’ Mathematical Problem-Solving Ability on Fraction Material
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v14i1.2681Keywords:
Analysis, Mathematical Problem Solving Ability, Fraction, Analisis, Kemampuan pemecahan masalah matematika, PecahanAbstract
Kemampuan dalam memecahkan masalah matematika merupakan aspek krusial yang perlu dikembangkan oleh siswa agar mampu mengaplikasikan konsep-konsep matematika dalam situasi kehidupan nyata, bukan hanya sebatas memahami teori. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan siswa kelas V di SDN 1 Dawuan, Kabupaten Cirebon, dalam memecahkan permasalahan matematika pada topik pecahan, dengan fokus pada aspek pemahaman masalah, perencanaan solusi, dan evaluasi hasil penyelesaian. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan enam siswa yang dikategorikan ke dalam tiga level kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian berjumlah sembilan soal terkait pemecahan masalah dalam materi pecahan. Analisis data dalam penelitian ini mencakup tahapan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari enam peserta didik, sebanyak dua siswa (33%) tergolong dalam kategori kemampuan pemecahan masalah tinggi, empat siswa (67%) berada pada kategori sedang, dan tidak satu pun siswa yang termasuk dalam kategori rendah (0%). Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan kemampuan yang baik, banyak yang masih mendominasi kategori sedang. Beberapa siswa tidak menuliskan informasi dan pertanyaan secara lengkap serta kesulitan dalam memilih operasi yang tepat. Selain itu, baik siswa kategori tinggi maupun sedang sering tidak memeriksa kembali jawaban mereka. Temuan ini menekankan pentingnya melatih siswa untuk menyelesaikan masalah dengan teliti dan memeriksa penyelesaian akhir.
The ability to solve mathematical problems is a crucial aspect that students need to develop so they can apply mathematical concepts in real-life situations, not just understand the theory. This study aims to assess the ability of fifth-grade students at SDN 1 Dawuan, Cirebon Regency, in solving mathematical problems on the topic of fractions, with a focus on the aspects of problem understanding, solution planning, and evaluation of the results of the solution. A qualitative descriptive approach was used in this study, with six students categorized into three levels of high, medium, and low ability. The instrument used was a descriptive test consisting of nine questions related to problem solving in the material of fractions. Data analysis in this study included the stages of data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. The research findings showed that of the six students, as many as two students (33%) were classified as having high problem-solving ability, four students (67%) were in the medium category, and none of the students were included in the low category (0%). Although most students showed good abilities, many still dominated the medium category. Some students did not write complete information and questions, and had difficulty choosing the correct operation. In addition, both high and medium category students often did not recheck their answers. These findings emphasize the importance of training students to solve problems carefully and check their final solutions.
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, S. L. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies, 1(1), 173–186.
Ariyana, I. K. S., & Suastika, I. N. (2022). Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 203. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2016
Astuti, Oktaviana, D., & Firdaus, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMP. Media Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.
August, F. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. JIPMath, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080
Berenji, S. (2021). Enhancing Metacognitive Scaffolding and Comprehension Ability through Problem-Based Learning in an EFL Context. Education Research International, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/6766793
Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 21–30.
Duha, A. (2024). Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Faguru: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 373–384. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1502
Ermawati, D., Febbilla, R. F., Setiawati, H. I., Wulandari, R. W., & Anggira, R. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Soal Hots Siswa Kelas III SDN 1 Kedungdowo. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 2407–8840. https://doi.org/10.31597/ja.v10i1.952
Galuh, S., Kurniawan, S. B., & Budiharto, T. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Tentang Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(6), 3–8. https://doi.org/10.20961/ddi.v10i6.70964
Helmi, H., & Arsid, I. (2021). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Strategi React dan Strategi Konvensional. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 33–50. https://doi.org/10.47650/elips.v2i1.191
Hidayatullah, F. M., Sari, A. F., & Lutfianto, M. (2024). Strategi Siswa SD dalam Merepresentasikan Pecahan dengan Mengarsir Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 471-486. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2346
Lathifah, H. F., Bintoro, H. S., & Ulya, H. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i3.8105
Nasution, M. D., Irvan, & Ramadhan, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4).
Prihantini, P., Rostika, D., & Hidayah, N. (2021). Solve the Problem of Learning Fractions in Mathematics Trough Scaffolding. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012027
Putri, A. F. H., Sulistyowati, D. R., Fittari, M., Julianto, & Wiryanto. (2024). Analisis Metakognisi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika Bangun Ruang dalam Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(1), 26–39. https://doi.org/10.17977/um009v33i12024p26-39
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan asalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Maju, 8(2), 60–66.
Riyanto, O. R., Widyastuti, Yustitia, V., Oktaviyanthi, R., Sari, N. H. M., Izzati, N., Sukmaangara, B., Indartiningsih, D., Wibowo, A., Maharbid, D. A., & Wahid, S. (2024). Kemampuan Matematis (1st ed.). CV. Zenius Publisher.
Saputra, H., Utami, L. F., & Purwanti, R. D. (2023). Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 146–157. https://doi.org/10.31851/indiktika.v5i2.11155
Sari, I. P., Suryadi, D., Herman, T., Dahlan, J. A., & Supriyadi, E. (2024). Learning Obstacles on Fractions: a Scoping Review. Infinity Journal, 13(2), 377–392. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p377-392
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). CV. Alfabeta.
Talia, Y., Afriansyah, E. A., & Sumartini, T. S. (2024). Assessing Problem-Solving Proficiency in Mathematics: Insights from Seventh-Grade Students. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 215-228. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2206
Utami, A. A. L. A., & Hakim, D. L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bilangan Bulat dan Pecahan. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 471–484. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6381
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.