Analysis of Mathematical Concept Understanding and Responsibility in Learning with Padlet

Authors

  • Yayu Laila Sulastri Universitas Islam Nusantara
  • Deti Ahmatika Universitas Islam Nusantara
  • Siska Kartika Syahrani Universitas Islam Nusantara
  • Annisa Nurmaulani Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v14i1.2988

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis, Tanggung Jawab, Padlet, Mathematical Conceptual Understanding, Responsibility

Abstract

Pemahaman konsep matematis dan tanggung jawab merupakan aspek penting dalam pembelajaran Kalkulus, namun mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep. Penggunaan Padlet sebagai media kolaboratif ditawarkan untuk mendorong partisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis dan tanggung jawab pada pembelajaran dengan Padlet. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan strategi studi kasus. Data diperoleh dari mahasiswa mata kuliah Kalkulus Integral di Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Nusantara melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik pengolahan data: pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan mahasiswa belum memenuhi seluruh indikator kemampuan pemahaman konsep matematis; M1 dan M5 hanya memenuhi satu indikator, sementara M2 tidak memenuhi satupun. Sebaliknya, tanggung jawab meningkat, ditunjukkan oleh konsistensi M5 serta peningkatan M1 dan M2. Padlet menumbuhkan tanggung jawab, tetapi perlu dioptimalkan dengan menambahkan fitur diskusi aktif yang lebih terstruktur untuk mendukung ketercapaian kemampuan pemahaman konsep matematis.

Mathematical concept understanding and responsibility are crucial in Calculus learning, yet students often struggle with these concepts. The use of Padlet as a collaborative media is offered to encourage active participation. This study aims to analyze the ability to understand mathematical concepts and responsibility in learning with Padlet. The research method used is qualitative with a case study strategy. Data were obtained from students of the Integral Calculus course in the Mathematics Education Study Program, Universitas Islam Nusantara, through interviews, observations, documentation, and questionnaires—data processing techniques: collection, reduction, presentation, and conclusion. The results indicate that students have not met all the mathematical concept understanding ability indicators. Specifically, M1 and M5 meet only one indicator, while M2 does not meet any. In contrast, responsibility increases, indicated by the consistency of M5 and the increase in M1 and M2. Padlet fosters responsibility, but it needs to be optimized by adding more structured active discussion features to support the achievement of understanding mathematical concepts.

References

Aleupah, M. K., Gella, N. J. M., & Bien, Y. I. (2023). Ability to Understand Mathematical Concepts of Students through Mind Mapping Method. International Journal of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(4), 1186–1192. https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i4.353

Alsyahrani, M. I., Adam, A., & Jais, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Padlet dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X IPA SMAN 10 Jeneponto. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(04), 231–239.

Armanda, T. A., Madgalena, M., & Nurchayati, Z. (2020). Kecemasan Komunikasi Mahasiswa saat Bimbingan Skripsi. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 26(1), 98–105. https://doi.org/10.33503/paradigma.v26i1.739

Erlianingsih, W., & Rakhmat Riyadi, A. (2019). Hubungan Tanggung Jawab Dalam Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Jpgsd, Iii, 400–410.

Giriansyah, F. E., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2023). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Berdasarkan Teori Skemp Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 751–765. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1515

Hoiriyah, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 123–136. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2773

Inco, B., & Rofiq, M. H. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 35–44. https://doi.org/10.31538

Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif.

Kuncoro, K. S., Istiqomah, Hakim, L. L., & Widodo, S. A. (2021). Analisis Karakter Tanggung Jawab Ditinjau Dari Kemampuan Awal Pemecahan Masalah Matematika Pada Pembelajaran Pbl. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 3(2), 61–75.

Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2024). Analysis of the Ability to Understand Mathematical Concepts Based on Student Learning Styles in Calculus Courses. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 323–332. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v13i2.14130

Pratama, N. A., & Nuryadi. (2022). “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 3 Kembang.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 320–325.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Rohman, M. A., Mulyono, & Raharjo, R. P. (2025). The Effectiveness of Padlet Media in Improving the Competence of Writing Biography Texts for Students in Class X-2 at SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. International Journal of Community Engagement Payungi, 5(2), 222–236.

Saepuloh, A. R., Luritawaty, I. P., & Afriansyah, E. A. (2024). Assessing Mathematical Understanding in Fourth-Grade Students: A Focus on Multiplication and Division Skills. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 409-422. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2210

Syafitri, R. (2017). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions and Getting Answers Pada Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623

Syaifuddin, M., & Rahmasari, E. (2023). Students’ Response, Learning Interest, and Conceptual Understanding Ability of Two-dimensional Figures in Junior High School: A Study on the Use of Quizizz App. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 571–586. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.828

Ulfa, N., & Hamdi, D. M. (2025). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar dan Geometri Ditinjau dari Learning Obstacle Epistemologis dan Ontogeni. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(02), 740–758.

Wahyuni, S., & Fadly, W. (2025). The Use of Padlet Application as a Reflection Tool for Science Teachers’ Teaching Practice: A Mixed Methods Study. 13(2), 204–220.

Wulandari, A., & Radia, E. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979

Yani, V. P., Haryono, Y., & Lovia, L. (2022). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kemandirian Belajar Siswa pada Kelas VIII SMP. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 439–448. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1118

Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51

Zainuddin, N. M. M., Azmi, N. F. M., Yusoff, R. C. M., Shariff, S. A., & Hassan, W. A. W. (2020). Enhancing Classroom Engagement Through Padlet as a Learning Tool: A Case Study. International Journal of Innovative Computing, 10(1), 49–57. https://doi.org/10.11113/ijic.v10n1.250

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Yayu Laila Sulastri, Ahmatika, D., Syahrani, S. K., & Nurmaulani, A. (2025). Analysis of Mathematical Concept Understanding and Responsibility in Learning with Padlet. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 233–246. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v14i1.2988

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.