Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Bidang Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i2.311Keywords:
pendekatan contextual teaching and learning, CTL, prestasi belajarAbstract
Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika, salah satu caranya adalah dengan menggunakan pendekatan CTL, karena dalam pendekatan CTL disamping pembelajarannya dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, anak juga dituntut aktif dalam memecahkan masalah. Dalam penelitian ini desain penelitiannya yang digunakan adalah deskriftif korelasional dari hasil penelitian diperoleh hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan prestasi belajar siswa dibidang matematika sebesar 0,612. Ini menunjukan tingkat korelasinya sangat kuat dimana fhitung(7,198) > ftabel (4,75) sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan prestasi belajar siswa dibidang matematika.
References
Arikunto, S. (1991). Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta
Howey, Kenneth, et all. (2001). Contextual Teaching And Learning : preparing Teacher to Enchance Student Succes in the Workplace and Beyond. Washington: American Association of College for Teacher Education.
Depdiknas, (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Ridwan, (2007). Metode dan Teknik Penyusunan Tesis, Bandung : Alfabeta.
Ruseffendi,E.T, (1991). Pengantar Kepala Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Tarsito Bandung.
Senjaya, Wina. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta : Kanisius
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.